BAZNAS Layani 1.000 Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 Oktober 2017 - 11:06 WIB

BAZNAS Layani 1.000 Pengungsi Rohingya di Bangladesh
BAZNAS Layani 1.000 Pengungsi Rohingya di Bangladesh

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pos Kesehatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melayani 1.000 pengungsi Rohingya di Distrik Cox's Bazar, Bangladesh. Posko yang dikomandoi Kepala BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Ahmad Fikri ini, sudah berada di kawasan yang berbatasan dengan Myanmar itu, sejak pekan lalu.

“Program medical assistance dilaksanakan oleh BAZNAS untuk para pengungsi Rohingya yang berada di Cox's Bazar. Kegiatan pelayanan kesehatan ini dipusatkan di wilayah Kuthu Palong. Ini merupakan bagian dari komitmen BAZNAS dalam mendukung program Indonesian Humanitarian Alliance atau IHA,” kata Ahmad Fikri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (19/10/2017). 

Fikri yang didaulat sebagai Pimpinan Tim Kemanusiaan BAZNAS selama di perbatasan Bangladesh-Myanmar ini menjelaskan, BAZNAS didukung para relawan medis lokal yang berjumlah 8 dokter dan 6 perawat. Dalam penugasan, mereka dibagi dua shift, masing-masing bekerja selama satu hari penuh. 

“Para pengungsi yang datang kebanyakan mengalami kasus-kasus seperti gizi buruk (stunting), diare, radang paru, demam, luka bakar, luka tembak, infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA dan busung lapar,” ujar Fikri yang baru-baru ini juga memimpin tim BAZNAS melayani pengungsi erupsi Gunung Agung, Bali.

Dia memaparkan, hingga hari ini, jumlah pasien yang sudah tertangani sebanyak 1.008 orang yang didominasi balita, anak-anak dan orang tua. “Kondisi kesehatan yang buruk, diperparah oleh keadaan lingkungan yang sangat tidak memadai dan tidak layak. Selain itu, juga situasi atau cuaca yang sehari-hari hujan terus-menerus. Dan saat tak ada hujan, suhu sangat panas karena daerah ini merupakan wilayah tepian pantai atau pesisir,” ucapnya.

Menurut Fikri, pos-pos kesehatan yang ada masih sangat minim. “Untuk itu dibutuhkan konsep penanganan kesehatan terpadu dengan fasilitas medis yang lebih layak serta cocok dengan situasi dan kondisi para pengungsi yang tersebar di banyak lokasi," katanya.  

Dia menambahkan, setelah berkoordinasi dengan Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM), BAZNAS mendukung konsep mobile clinic dengan fasilitas kesehatan (faskes) yang lengkap dan dapat berpindah lokasi. 

”Atau model garage clinic dan cabin clinic yang menggunakan ruangan yang berasal dari peti kemas. Ini lebih pas dan sesuai, karena dapat ditempatkan di lokasi tertentu dan saat tak dibutuhkan lagi, bisa di pindahkan ke tempat lain," ucapnya.

Fikri menyebutkan, Tim Kemanusiaan BAZNAS juga telah memasok sembako ke sejumlah kamp pengungsi. “Bantuan natura dalam kemasan ‘food for Myanmar’ sudah 80 persen tersalurkan, yakni berupa paket yang masing-masing terdiri atas sepuluh kilogram beras, satu kilogram bawang, garam, kacang dal, minyak sayur dan sebagainya. Lokasi distribusi difokuskan di tiga titik yakni di Kamp Nayapara, Teknaf dan Balukali,” ujarnya.

Sementara itu, tambah Fikri, Tim Kemanusiaan BAZNAS juga mendirikan beberapa unit hunian darurat untuk keluarga (family shelter) sebagai sarana penampungan sementara pengungsi Rohingya. Family shelter dibangun di Kamp Balukali, Ukhiya, sebuah kota perbatasan di Distrik Cox's Bazar, Bangladesh. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…