250 Pebisnis Bahas Perkembangan Infrastruktur Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 19 Oktober 2017 - 22:16 WIB

Deloitte Indonesia Infrastructure CEO Forum 2017
Deloitte Indonesia Infrastructure CEO Forum 2017

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sebanyak 250 praktisi dan pebisnis maupun investor dari Indonesia dan beberapa negara seperti Jepang, China, Singapore, Malaysia, Australia, Skandinavia, dan Canada membahas solusi percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia atau Deloitte Indonesia Infrastructure CEO Forum 2017.

Deloitte infrastructure CEO Forum 2017 merupakan kontribusi Deloitte Indonesia untuk menguraikan kebutuhan dalam memperbaiki penyediaan infrastruktur, kata Claudia Law, Country Leader Deloitte Indonesia dalam acara Deloitte Indonesia Infrastructure CEO Forum 2017 yang berlangsung, di Ritz Carlton, Kamis (19/10).

Ia mengatakan, tantangan infrastruktur Indonesia dalam perjalanannya untuk menjadi bagian dalam sepuluh besar ekonomi global pada tahun 2025 sangat besar. Diperlukan percepatan dan perluasan infrastruktur perkotaan seperti sistem angkutan missal, air, konektivitas pelabuhan, jalan, energy, serta infrastruktur sosial seperti rumah sakit.

Sementara itu, Country Head Deloitte Infrastructure & Capital Project, Bernardus R Djonoputro mengatakan, kebutuhan investasi untuk infrastruktur sangat besar. Dia menambahkan, kebutuhan investasi ini menentukan capaian pertumbuhan ekonomi ke depan.

"Sekitar Rp 2.000 triliun yang dibutuhkan untuk membangun sampai 2019, akan sangat menentukan capaian pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen. Keikutsertaan investor swasta menjadi kunci dan sudah tidak dapat ditunda," kata dia.

Sebab itu, dia mengatakan, keterlibatan swasta tersebut perlu didorong. Acara dialog infrastruktur ini menjadi acara utama di Indonesia, dimana diharapkan menjadi platform bagi dialog interaktif dimana sektor swasta dan pemerintah membahas cara mengembangkan proyek infrstruktur, menciptakan ekosistem infrastruktur dan membahas berbagai perspektif baru infrastruktur, termasuk inovasi public private partnership.

Acara yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur Emma Sri Martini, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Masassya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN Dukung Penguatan Usaha Kecil Menengah (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 19 November 2017 - 16:00 WIB

Masuk Daftar MSCI, Saham BBTN Bakal Banyak Peminat

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menilai masuknya saham perseroan ke dalam Morgan Stanley Capital International (MSCI) Global Standard Index merupakan kepercayaan yang harus dijaga dengan meningkatkan…

PT Pertamina Lubricants (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:59 WIB

Pertamina Lubricants Meraih Platinum SNI Award 2017

Perseroan Terbatas Pertamina Lubricants berhasil meraih Platinum SNI Award 2017 untuk kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka dari Badan Standardisasi Nasional.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

Minggu, 19 November 2017 - 15:51 WIB

Produksi Migas MEDCO Naik

Produksi minyak dan gas bumi PT Medco E&P Indonesia dan Medco E&P Natuna Ltd naik pada semester pertama 2017 dibanding periode sama tahun sebelumnya yang antara lain disebabkan adanya pengambilalihan…

Listrik Ilustrasi

Minggu, 19 November 2017 - 15:47 WIB

YLKI: Konsumsi Listrik Indonesia Masih Rendah

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan konsumsi listrik Indonesia masih rendah sehingga penghapusan tarif listrik kelas daya terendah tidak tepat…

Teguh Santosa Ketua Umum SMSI (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:33 WIB

PWI Fasilitasi UKW untuk Wartawan Perusahaan Media Siber Anggota SMSI

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberi kesempatan kepada wartawan yang bekerja di perusahaan media siber anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan…