Industri Pariwisata Terbuka di Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 Oktober 2017 - 12:03 WIB

Danau Singkarak Sumbar (Foto Ist)
Danau Singkarak Sumbar (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Painan- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat membuka seluas-luasnya kesempatan berinvestasi di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mendeh karena saat ini baru satu investor yang masuk ke wilayah tersebut.

"Satu investor tersebut berasal dari Italia yang mengelola sebagian Pulau Cubadak," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Pesisir Selatan Suardi, di Painan, Kamis (19/2017)

Ia menerangkan di kawasan itu terdapat beberapa pulau eksotis, ada Bukit Ameh dan beberapa pulau strategis lainnya yang bisa dijadikan sebagai lokasi berinvestasi.

Sebelumnya terdapat beberapa investor yang menyatakan tertarik berinvestasi di Mandeh, namun hingga saat ini belum ada kelanjutannya.

Bahkan ada investor yang telah mengecek lokasi, namun juga tidak ada kelanjutannya.

"Kami saat ini terus mempromosikan potensi yang ada di Mandeh dengan harapan ada investor yang benar-benar serius mengelola sektor pariwisata di lokasi itu," katanya lagi.

Beberapa pulau di kawasan Mandeh yang bisa dikelola di antaranya Pulau Bintagor dengan luas 37 hektare, Pulau Pagang 32 hektare, Pulau Ular satu hektare, dan Pulau Marak 256 hektare.

Selanjutnya, Pulau Cubadak 705 hektare, Pulau Taraju tiga hektare, Pulau Setan satu hektare, Pulau Sironjong Kaciak tiga hektare, dan Pulau Sironjong Gadang 25 hektare serta beberapa pulau lainnya.

Di lokasi itu investor bisa mengembangkan berbagai wahana pariwisata, penginapan, dermaga bahkan juga bisa membuat restoran terapung.

Sedangkan Bukit Ameh memiliki luas 1.340 hektare dan sekitar 400 hektare saat ini dalam tahap pembebasan lahan. Pada lokasi itu investor bisa membangun hotel berkelas internasional, lapangan golf, restoran dan lainnya.

Sebelumnya, pada Selasa (17/10) lebih kurang 140 orang investor yang berasal dari berbagai negara peserta Regional Investment Forum (RIF) berkunjung ke kawasan Mandeh.

Setelah itu, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengagendakan pertemuan dengan para investor di rumah dinasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menawarkan empat bonus bagi investor yang serius berinvestasi di kawasan Mandeh, di antaranya memudahkan pengurusan izin, pengurusan izin bisa dilakukan secara online, izin yang diterbitkan gratis kecuali izin mendirikan bangunan dan bebas pajak selama lima tahun. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hotel di Bali (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Maret 2019 - 21:00 WIB

Seiring Membaiknya Industri Perhotelan, Permintaan di Bali Meningkat

Bank Indonesia (BI) memprediksi pasokan dan permintaan hotel di Bali akan mengalami peningkatan pada tahun ini seiring dengan perkiraan membaiknya perekonomian, khususnya pada sektor pariwisata.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meresmikan Future Digital Lab di Institut Teknologi Bandung (ITB)

Senin, 18 Maret 2019 - 20:30 WIB

Masuki Industri 4.0, Kemenperin Dorong Tumbuhnya Pusat Inovasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong inovasi sebagai elemen penting dari Revolusi Industri 4.0. Upaya tersebut merupakan implementasi Peta Jalan Making Indonesia 4.0 sehingga Indonesia…

Nias Selatan Open Surfing Contest di Pantai Sorake, Sumatera Utara (Foto:mediarajawalinewsonline)

Senin, 18 Maret 2019 - 20:00 WIB

Sail Nias Ajang Populerkan Surga Peselancar Dunia

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyatakan Sail Nias 2019 diharapkan dapat menjadi ajang memopulerkan Nias sebagai surga bagi peselancar dunia.

Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Maret 2019 - 19:00 WIB

Dapatkan Poin Miles Melalui Dompet Digital Sia Krispay

Mulai hari ini, anggota KrisFlyer dapat menghasilkan KrisPay miles secara instan ketika mereka berbelanja di berbagai toko di Singapura, berkat peningkatan terbaru pada aplikasi KrisPay.

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Senin, 18 Maret 2019 - 18:21 WIB

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill (Indah Kiat Tangerang), membantu warga Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan…