Gapmmi Berharap Era Digitalisasi Industri Jangan Sampai Ada PHK

Oleh : Ridwan | Kamis, 19 Oktober 2017 - 08:00 WIB

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman. (Heriyanto/INDUSTRY.co.id)
Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman. (Heriyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengembangan sektor manufaktur dengan platform digital menjadi penting seiring kemajuan teknologi terkini dan berjalannnya era Industri 4.0.

Pemerintah telah menargetkan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada tahun 2020.

"Digitalisasi itu tantangan, mau tidak mau kita harus ikut. Karena kalau negara-negara lain sudah melakukan itu, otomatis kita akan ketinggalan kalau tidak melakukan itu," ujar Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi Lukman kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (18/10/2017).

Namun, lanjut Adhi, disisi lain dengan adanya era digitalisasi kita harus mengorbankan pengurangan karyawan di sejumlah perusahaan.

"Saat ini banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya, karena mereka semua pekerjaan yang dihandle oleh mereka sudah bisa dikerjakan oleh mesin," terangnya.

Disisi lain, harapan saya tentunya digitalisasi ini menjadi satu yang harus mau tidak mau harus dilakukan, tetapi bagaimana kita memperbesar kapasitas industri agar orang-orang ini bisa dialihkanke tempat yang lain.

"Disatu sisi kita mengurangi orang, di satu sisi kita bisa pindahkan mereka u tuk dipakai ke tempat yang lain," kata Adhi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ridwan Kamil

Senin, 24 September 2018 - 21:30 WIB

Kang Emil akan Berikan Santunan kepada Korban Pengeroyokan Oknum Bobotoh

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) , akan memberikan santunan kepada keluarga korban pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum Bobotoh, jelang pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta,…

Tersangka Tindak Pidana (Foto Ist)

Senin, 24 September 2018 - 21:00 WIB

Polisi Bandung Tangkap Tujuh Pelaku Pengeroyokan Anggota Jakmania

Polisi telah menangkap tujuh tersangka pelaku dugaan pengeroyokan terhadap seorang pendukung Persija bernama Haringga Sirla (23) yang berujung tewasnya pemuda tersebut.

Teluk Bintuni

Senin, 24 September 2018 - 20:38 WIB

Butuh Dana Rp 1,7 Triliun Kembangkan Industri Teluk Bintuni

Kementerian Perindustrian mendorong percepatan pembangunan kawasan industri Teluk Bintuni, Papua Barat. Langkah yang akan dilakukan melalui skema kerja sama Permerintah dan Badan Usaha (KPBU)…

Pertamina (Foto: Ist)

Senin, 24 September 2018 - 20:00 WIB

Kejagung: Investasi di Australia Rugikan Pertamina Rp568 Miliar

Kejaksaan Agung menegaskan kerugian keuangan negara akibat dugaan korupsi investasi PT Pertamina di Blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia pada tahun 2009 mencapai Rp568 miliar.

BRI Sediakan Pembiayaan Tagihan Faskes Mitra BPJS Kesehatan (Foto Meirino)

Senin, 24 September 2018 - 19:45 WIB

BRI Sediakan Pembiayaan Tagihan Faskes Mitra BPJS Kesehatan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk menyediakan skema pembayaran tagihan fasilitas kesehatan mitra Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal ini ditandai dengan adanya penandatangan…