Indonesia-Qatar Bentuk Tim Kerja Tindak Lanjuti Kerja Sama

Oleh : Herry Barus | Kamis, 19 Oktober 2017 - 02:58 WIB

Presiden Jokowi bersama Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/10). (Foto: Humas/Oji)
Presiden Jokowi bersama Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/10). (Foto: Humas/Oji)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengatakan negaranya bersama Pemerintah Indonesia akan membentuk tim kerja untuk menindaklanjuti kerja sama yang dibicarakan dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor.

"Kami juga berharap ada hasil yang positif yang dapat dicapai setelah kunjungan ini," kata Sheikh Tamim dalam jumpa pers bersama Presiden Joko Widodo dalam kunjungan resminya ke Istana Bogor pada Rabu (18/10/2017)

Menurut Emir Qatar, dirinya bersama Presiden Jokowi membahas sejumlah kerja sama, yaitu di bidang infrastruktur dan pariwisata.

Selain kerja sama investasi dan ekonomi, kedua pemimpin negara membahas eratnya hubungan kedua negara.

"Indonesia merupakan negara yang sangat penting di dunia Islam. Kami juga berbicara tentang isu Rohingya terkait tentang perlunya solusi di mana Qatar akan berperan memberikan bantuan-bantuan kemanusiaan dan untuk meminta pemerintah Myanmar menyelesaikan persoalan ini dengan baik," ujar Sheikh Tamim.

Sheikh Tamim menambahkan Qatar dan Indonesia juga membahas tentang blokade sejumlah negara Teluk kepada Qatar.

"Kami juga menyampaikan kabar sangat siap dan bersedia untuk melakukan pembahasan, mencari solusi damai atas hal ini. Untuk itu, Qatar terbuka untuk ruang negosiasi, ruang diskusi bersama dengan seluruh pihak dan khususnya untuk memberikan penghormatan untuk kedaulatan semua negara," kata Emir Qatar.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan, kunjungan Sheikh Tamim merupakan yang pertama ke Indonesia sekaligus bertepatan dengan 41 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Qatar.

"Kami telah bersepakat untuk segera menindaklanjuti apa yang kita bicarakan tadi di dalam pertemuan bilateral. Indonesia akan terus mengajak Qatar untuk berinvestasi, mengundang Qatar untuk meningkatkan investasinya di Indonesia," kata Presiden.

Presiden Jokowi dan Sheikh Tamim juga menyaksikan penandatanganan sejumlah Nota Kesepahaman (MoU), yaitu MoU tentang pendirian Komisi Bersama, MoU tentang kerja sama bidang pemuda dan olahraga dan kesepakatan kerja sama bilateral pelayanan transportasi udara.

Selain itu juga ditandatangani kesepakatan kerja sama di bidang kesehatan dan MoU Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi Qatar di bidang pendidikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…