Diikuti Pelari dari 50 Negara, Mandiri Jakarta Marathon Siap Digelar 29 Oktober 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 18 Oktober 2017 - 18:25 WIB

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto (ketiga dari kiri) sedang berlari di ajang Mandiri Bogor Sundown Marathon, Minggu (9/7/2017). (Irvan AF/INDUSTRY)
Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto (ketiga dari kiri) sedang berlari di ajang Mandiri Bogor Sundown Marathon, Minggu (9/7/2017). (Irvan AF/INDUSTRY)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ajang lomba lari Marathon, Mandiri Jakarta Marathon yang akan digelar kembali pada 29 Oktober 2017 mendatang akan diikuti sebanyak16 ribu pelari, bahkan hingga 1.585 pelari yang berasal dari 50 negara. Memasuki penyelenggaraan tahun ke-5, ajang sport tourism ini merupakan salah satu cara untuk mendongkrak kunjungan wisatawan Indonesia.

Masih mengambil lokasi start dan finish di Monas, Mandiri Jakarta Marathon 2017 akan melombakan lima nomor lari, yaitu, Marathon dengan jarak tempuh 42,195 KM, flag off start pada pukul 05:00 WIB, Half Marathon dengan jarak tempuh 21 KM, flag off start pada pukul 05:10 WIB, 10K dengan jarak tempuh 10 KM, flag off start pada pkl. 05:25 WIB, 5K dengan jarak tempuh 5 KM, flag off start pada pukul 05:40 WIB dan Maratoonz (Children’s Sprint), flag off start pada pukul 08:00 WIB.

Dengan mengusung tema 'Never Give Up', para pelari disuguhkan dengan bangunan ikonik kota Jakarta seperti  Kawasan Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Monas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Menurut Sapta Nirwandar, selaku Chairman Jakarta Marathon, Mengatakan, "Mandiri Jakarta Marathon 2017 dapat semakin menyulut semangat para runners Indonesia dan dunia untuk berlomba dengan semangat pantang menyerah, dan ajang lomba dengan total hadiah Rp 774 juta," katanya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Rabu (18/10/2017).

Mandiri Jakarta Marathon telah mampu memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Jakarta, sambungnya. "Setidaknya, dalam setiap perhelatan Mandiri Jakarta Marathon selalu terjadi peningkatan hunian kamar hotel. Selain itu, Mandiri Jakarta Marathon juga memiliki dampak signifikan pada laju perekonomian masyarakat Jakarta, terutama pada sektor transportasi dan kuliner," tambah Dia.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata, mengakui, Mandiri Jakarta Marathon yang terbukti mampu menghadirkan ribuan pelari mancanegara merupakan salah satu agenda utama kegiatan wisata olah raga di Indonesia. Sport tourism merupakan salah satu sektor pariwisata teratas yang mampu mendatangkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Mandiri Jakarta Marathon telah membawa dampak positif bagi pembangunan pariwisata Ibukota, sekaligus menjadi peluang strategis dalam mendukung target Kementerian Pariwisata menjaring 15 juta wisatawan mancanegara dan 265 juta pergerakan wisatawan domestik masuk ke Indonesia di tahun 2017 ini," ujar Menpar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 22:14 WIB

Bank Mandiri Syariah Berharap Dapat Ruang Besar Untuk Biayai Infrastruktur

Jakarta-Bank Mandiri Syariah mengharapkan diberikan ruang yang cukup lebar untuk terlibat pada pendanaan proyek-proyek infrastruktur yang digagas pemerintah.

Menperin Airlangga Hartarto beserta Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono saat mengunjungi pabrik mainan PT Mattel Indonesia (Foto: Humas)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:55 WIB

Menperin: SNI Wajib Mainan Hanya Untuk Korporasi, Bukan Personal

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan, SNI wajib mainan berlaku untuk korporasi yang akan melakukan penjualan atau distribusi di Indonesia.

Komunitas Lari BAZNAZ. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:47 WIB

Kampanye BAZNAS Merambah ke Komunitas Lari

Dalam rangka perayaan milad Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ke-17, BAZNAS meluncurkan program Baznas Runner pada Minggu (21/1). BAZNAS Runner adalah komunitas lari yang memiliki visi yaitu…

Asisten Deputi Bidang Asuransi, Penjaminan dan Pasar Modal pada Deputi Bidang Pembiayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Willem Halomoan Pasaribu dalam acara Sosialisasi Program KUR perdana tahun 2018 di Pekanbaru, Riau, Selasa (23/1/2018).

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:43 WIB

Pemerintah Tetapkan Pagu Anggaran Subsidi KUR 2018 senilai Rp 13.66 T

Pada tahun 2018 ini, pemerintah terus menunjukkan keberpihakan kepada usaha mikro, kecil dan menegah untuk meningkatkan akses pada sumber pembiayaan. Target alokasi penyaluran KUR bertambah…

baznaz pecahkan rekor muri

Selasa, 23 Januari 2018 - 20:38 WIB

Disaksikan BAZNAS, Infak PNS "5 Menit Rp 622 Juta" Pecahkan Rekor Muri

Disaksikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menorehkan "tinta emas" di Museum Rekor Indonesia (Muri). Pemecahan rekor yang telah ditandatangani…