Gapmmi: Pertumbuhan Industri Mamin Masih Bergerak Lesu

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 Oktober 2017 - 16:30 WIB

Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia
Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pertumbuhan industri makanan dan minuman (Mamin) nasional sampai September 2017 masih belum bergerak baik.

"Laporan dari anggota, kalau sampai September kemarin masih belum bergerak baik masih tetap lesu. Tapi Oktober ini kelihatannya mulai ada pergerakan dan mudah-mudahan ini bisa terus berlanjut," ujar Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi), Adhi Lukman kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (18/10/2017).

Ia menambahkan, kita harapkan program pemerintah bisa menggerakkan sisi konsumsi. "Bukan hanya infrastrukturnya saja, sisi konsumsi juga perlu didorong. Meskipun APBN ini kecil, tapi bisa jadi pemicu, kepastian dan kepercayaan konsumen untuk bergerak dalam sisi konsumsi," terangnya.

Selain itu, lanjut Adhi, saat ini kita terus berupaya tingkatkan ekspor. Namun, menurut Adhi, tantangan untuk ekspor saat ini masih cukup banyak dan berat.

"Disisi lain aturan di luar negeri yang masih terus berubah menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Tetapi kita tetap akan terus berupaya untuk tingkatkan ekspor," tambahnya.

Terkait nilai ekspor, Adhi mengungkapkan, dari tahun ke tahun nilai ekspor kita sebesar USD 6,1 miliar. Perkiraan saya mungkin tahin ini bisa USD 6,5 miliar sampai akhir tahun.

"Awalnya kita harapkan bisa 10 persen, tetapi berat. Tahun lalu pertumbuhan ekspor hanya 2,8 persen, mudah-mudahan akhir tahun ini bisa USD 6,5 miliar," ucap Adhi.

Lebih lanjut, Adhi mengatakan, pertumbuhan di kuartal ketiga total enam persen lebih. Sedangkan untuk kuartal kedua kemarin pertumbuhannya mencapai 7,19 persen.

"Perkiraan saya di kuartal ketiga ini aga sepi, mudah-mudah kita bisa kejar di kuartal keempat," imbuh Adhi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Syariah

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:37 WIB

Produk Halal BRIsyariah Sukses Gaet Milenial Jogja

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Jogja Halal Fest 2018 yang digelar di Yogyakarta pada tanggal 11 sd 14 Oktober lalu, menjadi bukti besarnya animo masyarakat terhadap produk…

Japan Airlines (JAL) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:00 WIB

Japan Airlines Beroperasi di Terminal 3 Bandara Soetta

Japan Airlines (JAL) beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 26 Oktober 2018 mendatang.

Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia (Foto Humas BUMN)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Indonesia Pavilion Pukau Ribuan Peserta Annual Meeting IMF-WB 2018

Kehadiran Indonesia Pavilion sebagai wajah pembangunan dan budaya Indonesia yang digagas oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak 8 Oktober - 14 Oktober 2018, mendapat banyak perhatian…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:15 WIB

Pemerintah Usulkan Asumsi Rupiah 2019 Rp15.000

Pemerintah mengusulkan perubahan asumsi nilai tukar rupiah dalam RAPBN 2019 menjadi Rp15.000 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.500 per dolar AS.

Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Eka Tjipta Foundation Galang Restorasi Bagi Korban Bencana Alam

Di usianya yang menginjak tahun ke-80, Sinar Mas berupaya untuk tak hanya tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan bersama masyarakat, tapi juga peduli serta berbagi dengan sekitar.