Kenaikan Harga Minyak, Katalisator Positif bagi Kurs Rupiah

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 18 Oktober 2017 - 14:09 WIB

Mata uang Rupiah (Foto Ist)
Mata uang Rupiah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Reza Priyambada, analis PT Binaartha Sekuritas, berpendapat, kenaikan harga minyak di pasar global serta sentimen positif mata uang Asia adalah salah satu faktor penopang penguatan rupiah terhadap dolar AS di perdagangan Rabu (18/10/2017) ini.

Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (18/10/2017) pagi ini menguat Rp28 menjadi Rp13.479 per dolar AS dibandingkan posisi pada satu hari sebelumnya di level Rp13.507 per dolar AS.

Reza mengemukakan, kenaikan berbagai harga komoditas, termasuk minyak mentah, di pasar global hari ini menjadi salah satu faktor pendukung pergerakan rupiah terhadap dolar AS.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 0,52% menjadi US$52,15 per barel dan harga minyak mentah Brent Crude meningkat 0,73% menjadi US$58,30 per barel.

Meski demikian, Reza berujar, penguatan rupiah itu bakal terbatas karena muncul kabar bahwa calon pengganti Janet Yellen, Gubernur US Federal Reserve, yaitu John Taylor yang seorang ekonom dari Stanford University, mendukung kenaikan suku bunga acuan The Fed.

Reza menuturkan, spekulasi pasar terhadap langkah Donald Trump yang bakal memilih John Taylor sebagai Gubernur bank sentral AS tersebut turut meningkatkan permintaan terhadap aset-aset berdenominasi dolar AS dan mendongkrak imbal hasil obligasi Amerika.

“Pasar berasumsi bahwa suku bunga The Fed akan mengalami kenaikan agresif jika John Taylor terpilih menggantikan Yellen,” imbuh Reza. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…