Wisman Rusia Berperan Tingkatkan Sektor Pariwisata Bali

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 18 Oktober 2017 - 13:07 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)
Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bali optimistis pangsa pasar wisatawan dari Rusia dapat mendongkrak pariwisata di Pulau Dewata karena mereka termasuk turis yang berkualitas.

"Mereka memiliki kemampuan daya beli yang besar dan mereka termasuk kelas elit," kata Ketua Kadin Bali Anak Agung Alit Wiraputra di Denpasar, Selasa (17/10/2017)

Menurut dia, turis dari negeri dengan ikon beruang merah itu bisa membeli sesuatu yang mahal asalkan memiliki kualitas yang bagus.

Untuk itu pelayanan pariwisata harus lebih baik agar seluruh wisatawan merasa lebih nyaman selama mereka berlibur di Pulau Dewata.

Meski demikian, sejumlah pihak termasuk pelaku jasa penerbangan diharapkan menangkap peluang tingginya minat turis Rusia berkunjung ke Bali karena hingga saat ini belum ada akses penerbangan langsung.

Selama ini wisatawan dari Rusia harus rela terbang ke Bali melalui Timur Tengah sehingga jarak tempuh menjadi lebih panjang yakni sekitar 18 jam atau lebih lama tujuh jam dibandingkan penerbangan langsung yang memakan waktu 11 jam.

Selain menggunakan jalur konvensional, turis dari Rusia juga memanfaatkan pesawat carter apabila ingin ke Bali.

Data Badan Pusat Statistik Provinsi Bali  seperti dilansir Antara menyebutkan selama periode Januari hingga Agustus 2017 dari total hampir empat juga wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata, 1,6 persen di antaranya merupakan turis Rusia.

Angka tersebut meningkat dari periode sama tahun lalu yang mencapai porsi 1,4 persen dari total kunjungan wisman saat itu yang mencapai 3,2 juta.

Meskipun porsi total wisatawan dari Rusia di Bali tidak terlalu besar, namun pengeluaran mereka selama di Bali tercatat menduduki peringkat keempat yakni sekitar Rp15,4 juta.

Wisatawan Rusia menginap selama 12,6 hari di Bali terlama kedua setelah wisatawan dari Jerman dengan rata-rata pengeluaran sekitar Rp1,2 juta per hari.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapal pengangkut batu bara (ist)

Jumat, 23 Februari 2018 - 13:16 WIB

Pemprov Kaltim Targetkan Investasi Rp37,06 Triliun 2018

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tahun ini menargetkan mampu menarik investasi lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yakni mencapai Rp37,06 triliun atau mengalami kenaikan Rp8,86 triliun dibandingkan…

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

Jumat, 23 Februari 2018 - 13:10 WIB

Investor Korea Tertarik Bangun PLTU Bangka Tengah

Investor dari Korea tertarik untuk menanamkan modalnya membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pembangunan jalan tol (Ist)

Jumat, 23 Februari 2018 - 13:04 WIB

Pengerjaan Tol Palindra Seksi Pemulutan-Rambutan Dikebut

Kontruksi Jalan Tol Palembang Indralaya (Palindra) untuk seksi II Pemulutan-KTM Rambutan terus dikebut karena hingga kini baru tercapai 50 persen.

Swiss-Belhotel International Kampanyekan Bali Aman

Jumat, 23 Februari 2018 - 12:55 WIB

Bantu Pemberitaan Bali Aman, Swiss-Belhotel Kampanyekan #IAMINBALI

Swiss-Belhotel International di Bali serentak menggelar kampanye foto di media sosial dengan menggunakan tagar #IAMINBALINOW yang dilaksanakan oleh Sembilan hotel dan resor yang dikelola oleh…

Gubernur Anies dan Wagub Sandiaga (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 23 Februari 2018 - 12:54 WIB

Gubernur Anies akan Tutup 36 Diskotek yang Melanggar Perda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan diskotek yang melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Daerah (Perda) akan diberi sanksi, bila sanksinya penutupan akan dilaksanakan.