Menko Maritim Tegaskan Sikap Soal PT Freeport Kepada Mendag AS

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 Oktober 2017 - 05:30 WIB

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (fokusbisnis.com)
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (fokusbisnis.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan sikap pemerintah Indonesia terkait divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI) dalam pertemuannya dengan Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross.

Luhut dalam "Coffee Morning" dengan awak media di Jakarta, Selasa (17/10/2017) , mengatakan pertemuan itu dilakukan atas permintaan Mendag Ross dan dilakukan dengan suasana hangat dan akrab.

Ia berkisah, tadinya berpikir pembicaraan dengan Mendag Ross akan berkisar seputar perdagangan Indonesia yang surplus dengan AS.

"Tapi ternyata (pembicaraan) bertumpu pada beberapa hal yaitu masalah Freeport, yang saya jelaskan bahwa saya berkoordinasi dengan Menteri ESDM dan Menteri Keuangan, bahwa 51 persen itu tidak ada tawar menawar, itu adalah hak pemerintah Indonesia," kisahnya.

Mantan Menko Polhukam itu menuturkan, tinggal proses pengambilalihannya saja yang masih perlu waktu apakah bisa selesai 2019 atau 2021.

"Kedua, mengenai smelter. Dan ketiga, saya katakan mengenai pengelolaan. Begitu kami (kuasai) 51 persen, pengelolaan sepenuhnya di tangan Indonesia. Dia tidak bermasalah," katanya.

Menurut Luhut, dirinya tidak melakukan pembicaraan dengan Presiden dan CEO dari perusahaan induk Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc Richard C. Adkerson.

Meski, diakui Luhut mereka sempat datang ke acara yang sama di sela kunjungannya ke Washington DC dalam rangka Pertemuan IMF-Bank Dunia 2017.

"Saya tidak ketemu dengan Freeport, ada US-Indo, memang ada Adkerson di sana tapi saya tidak bicara spesifik sama dia. Jadi yang menanyakan ke saya mengenai ini adalah Menteri Perdagangan, saya jelaskan. Dan dari beliau tidak ada pertanyaan. Beliau 'happy' dengan jawaban saya," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Kepala BNPT Tegaskan Aksi Teror Bukan Rekayasa

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius menegaskan bahwa aksi teror yang beberapa kali terjadi bukanlah hasil rekayasa sebagaimana dipropagandakan di media…

Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018. Perumnas sebagai peserta dipameran IPEX 2018 distand No.24 Hall A JCC

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Hadir di IPEX 2018, Perumnas Andalkan Hunian Terintegrasi Transportasi

Pengembang plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018.

Apartemen di Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:33 WIB

Lima Pilihan Hunian di Bawah Rp 250 Juta

Jangan pernah berhenti untuk berjuang untuk memiliki rumah, kendati harga rumah setiap tahunnya selalu naik, bagi mereka pembeli rumah pertama sebaiknya jangan pernah menunda untuk membeli rumah…

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:30 WIB

Capres Prabowo Tegaskan, Jangan Jadi Antek Asing

Calon Presiden RI nomor urut 2, Prabowo Subianto mengingatkan bahwa bangsa Indonesia harus berdaulat di negaranya sendiri dan jangan menjadi antek asing.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 06:00 WIB

Ingin Indonesia Sejahtera, 300 Purnawirawan Jenderal Dukung Prabowo-Sandiaga

Sebanyak 300 purnawirawan jenderal memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Pemilihan Presiden 2019.