Hari Asuransi 2017: Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 18 Oktober 2017 - 09:10 WIB

Peringatan Hari Asuransi (Ist)
Peringatan Hari Asuransi (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Dewan Asuransi Indonesia (DAI) memperingati Hari Asuransi pada hari ini, Rabu 18 Oktober 2017. Tema peringatan Hari Asuransi 2017 ini adalah Indonesia Berasuransi. Tema ini mengusung arti, Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia.

“Dengan tema itu, kami ingin mengajak masyarakat Indonesia agar senantiasa mengingat asuransi sebagai salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan,” ujar Hendrisman Rahim, Ketua Umum DAI, dalam konferensi pers di Gedung Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2017) petang.

Melalui tema Peringatan Hari Asuransi tersebut, demikian Hendrisman, DAI juga berupaya keras untuk terus mendorong pertumbuhan tingkat penetrasi asuransi di Indonesia. Menurut data 2016, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia baru sebesar 1,7%.

Hendrisman menuturkan, asuransi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum dianggap sebagai suatu kebutuhan penting. Pasalnya, sebagian besar dari mereka masih belum mengerti tentang manfaat asuransi untuk kehidupan di masa depan.

“Disamping itu, karena letak geografis Indonesia yang berada di kepulauan, maka masih banyak perusahaan asuransi yang belum dapat menjangkau masyarakat Indonesia,” tukas Hendrisman.

Sub tema Hari Asuransi 2017 ini adalah Cerdas, Sejahtera, Mandiri (CSM). Sub tema itu menggambarkan adanya tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi di kalangan masyarakat Indonesia.

Untuk itu, DAI secara khusus akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Langkah itu dilakukan, mengingat bahwa indeks literasi keuangan pada 2016 baru mencapai 29,66% dan indeks inklusi keuangan baru sekitar 67,82%. Karena itu, DAI berkepentingan untuk terus mengedukasi masyarakat untuk memahami pentingnya inklusi keuangan.

Selain itu, tema besar Hari Asuransi 2017 ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pemegang polis asuransi di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki perlindungan asuransi jiwa di semua segmen pasar.

Sementara itu, Wahyu Wibowo, Ketua Panitia Hari Asuransi 2017, mengungkapkan, tema Indonesia Berasuransi itu pada prinsipnya menggambarkan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat terlindungi oleh asuransi.

“Dengan begitu, nelayan dapat melaut tanpa rasa takut, petani bisa bertani tanpa rasa cemas dan pengusaha dapat berdagang dengan hati tenang, jika ada risiko yang menimpa diri, keluarga atau harga benda mereka karena sudah ada asuransi yang memberikan santunan atau ganti rugi,” pungkas Wahyu. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Standard Chartered Bank memprediksikan tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tembus 5,2 persen.

Senin, 22 Januari 2018 - 20:37 WIB

Standard Chartered Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2 Persen

Standard Chartered Bank memprediksikan tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tembus 5,2 persen. Pertumbuhan tersebut didorong oleh berlanjutnya proyek infrastruktur pemerintah, pemulihan…

Bank BRI. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Senin, 22 Januari 2018 - 20:35 WIB

Bambang Tribaroto, Juru Bicara Bank BRI yang Baru

Jakarta-PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. melakukan pergantian Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan. Sebelumnya, posisi ini dijabat oleh Hari Siaga Amijarso sejak Oktober 2015. Bambang…

Proyek KA Bandara Soekarno Hatta (Ist)

Senin, 22 Januari 2018 - 20:15 WIB

Kemenhub Pastikan 13 Proyek KA Siap Beroperasi Tahun Ini

Sebanyak 13 proyek kereta api siap beroperasi sepanjang 2018 sebagai upaya percepatan kinerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Menteri PANRB, Asman Abnur.

Senin, 22 Januari 2018 - 20:12 WIB

Ini Fokus Kinerja Kemenpan RB di 2018

Jakarta Sejumlah program kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2018 fokus pada 6 hal yang menjadi resolusi yang tidak lepas dari nilai-nilai organisasi…

Ilustrasi Pendaftar CPNS

Senin, 22 Januari 2018 - 20:05 WIB

Menkeu Setuju Penerimaan PNS 37 Ribu

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) 37 ribu sudah cukup baik.