Hari Asuransi 2017: Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 18 Oktober 2017 - 09:10 WIB

Peringatan Hari Asuransi (Ist)
Peringatan Hari Asuransi (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Dewan Asuransi Indonesia (DAI) memperingati Hari Asuransi pada hari ini, Rabu 18 Oktober 2017. Tema peringatan Hari Asuransi 2017 ini adalah Indonesia Berasuransi. Tema ini mengusung arti, Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia.

“Dengan tema itu, kami ingin mengajak masyarakat Indonesia agar senantiasa mengingat asuransi sebagai salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan,” ujar Hendrisman Rahim, Ketua Umum DAI, dalam konferensi pers di Gedung Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2017) petang.

Melalui tema Peringatan Hari Asuransi tersebut, demikian Hendrisman, DAI juga berupaya keras untuk terus mendorong pertumbuhan tingkat penetrasi asuransi di Indonesia. Menurut data 2016, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia baru sebesar 1,7%.

Hendrisman menuturkan, asuransi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum dianggap sebagai suatu kebutuhan penting. Pasalnya, sebagian besar dari mereka masih belum mengerti tentang manfaat asuransi untuk kehidupan di masa depan.

“Disamping itu, karena letak geografis Indonesia yang berada di kepulauan, maka masih banyak perusahaan asuransi yang belum dapat menjangkau masyarakat Indonesia,” tukas Hendrisman.

Sub tema Hari Asuransi 2017 ini adalah Cerdas, Sejahtera, Mandiri (CSM). Sub tema itu menggambarkan adanya tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi di kalangan masyarakat Indonesia.

Untuk itu, DAI secara khusus akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Langkah itu dilakukan, mengingat bahwa indeks literasi keuangan pada 2016 baru mencapai 29,66% dan indeks inklusi keuangan baru sekitar 67,82%. Karena itu, DAI berkepentingan untuk terus mengedukasi masyarakat untuk memahami pentingnya inklusi keuangan.

Selain itu, tema besar Hari Asuransi 2017 ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pemegang polis asuransi di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki perlindungan asuransi jiwa di semua segmen pasar.

Sementara itu, Wahyu Wibowo, Ketua Panitia Hari Asuransi 2017, mengungkapkan, tema Indonesia Berasuransi itu pada prinsipnya menggambarkan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat terlindungi oleh asuransi.

“Dengan begitu, nelayan dapat melaut tanpa rasa takut, petani bisa bertani tanpa rasa cemas dan pengusaha dapat berdagang dengan hati tenang, jika ada risiko yang menimpa diri, keluarga atau harga benda mereka karena sudah ada asuransi yang memberikan santunan atau ganti rugi,” pungkas Wahyu. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.