Hari Asuransi 2017: Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 18 Oktober 2017 - 09:10 WIB

Peringatan Hari Asuransi (Ist)
Peringatan Hari Asuransi (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Dewan Asuransi Indonesia (DAI) memperingati Hari Asuransi pada hari ini, Rabu 18 Oktober 2017. Tema peringatan Hari Asuransi 2017 ini adalah Indonesia Berasuransi. Tema ini mengusung arti, Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia.

“Dengan tema itu, kami ingin mengajak masyarakat Indonesia agar senantiasa mengingat asuransi sebagai salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan,” ujar Hendrisman Rahim, Ketua Umum DAI, dalam konferensi pers di Gedung Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2017) petang.

Melalui tema Peringatan Hari Asuransi tersebut, demikian Hendrisman, DAI juga berupaya keras untuk terus mendorong pertumbuhan tingkat penetrasi asuransi di Indonesia. Menurut data 2016, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia baru sebesar 1,7%.

Hendrisman menuturkan, asuransi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum dianggap sebagai suatu kebutuhan penting. Pasalnya, sebagian besar dari mereka masih belum mengerti tentang manfaat asuransi untuk kehidupan di masa depan.

“Disamping itu, karena letak geografis Indonesia yang berada di kepulauan, maka masih banyak perusahaan asuransi yang belum dapat menjangkau masyarakat Indonesia,” tukas Hendrisman.

Sub tema Hari Asuransi 2017 ini adalah Cerdas, Sejahtera, Mandiri (CSM). Sub tema itu menggambarkan adanya tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi di kalangan masyarakat Indonesia.

Untuk itu, DAI secara khusus akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Langkah itu dilakukan, mengingat bahwa indeks literasi keuangan pada 2016 baru mencapai 29,66% dan indeks inklusi keuangan baru sekitar 67,82%. Karena itu, DAI berkepentingan untuk terus mengedukasi masyarakat untuk memahami pentingnya inklusi keuangan.

Selain itu, tema besar Hari Asuransi 2017 ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pemegang polis asuransi di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki perlindungan asuransi jiwa di semua segmen pasar.

Sementara itu, Wahyu Wibowo, Ketua Panitia Hari Asuransi 2017, mengungkapkan, tema Indonesia Berasuransi itu pada prinsipnya menggambarkan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat terlindungi oleh asuransi.

“Dengan begitu, nelayan dapat melaut tanpa rasa takut, petani bisa bertani tanpa rasa cemas dan pengusaha dapat berdagang dengan hati tenang, jika ada risiko yang menimpa diri, keluarga atau harga benda mereka karena sudah ada asuransi yang memberikan santunan atau ganti rugi,” pungkas Wahyu. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.