Hari Asuransi 2017: Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 18 Oktober 2017 - 09:10 WIB

Peringatan Hari Asuransi (Ist)
Peringatan Hari Asuransi (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Dewan Asuransi Indonesia (DAI) memperingati Hari Asuransi pada hari ini, Rabu 18 Oktober 2017. Tema peringatan Hari Asuransi 2017 ini adalah Indonesia Berasuransi. Tema ini mengusung arti, Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia.

“Dengan tema itu, kami ingin mengajak masyarakat Indonesia agar senantiasa mengingat asuransi sebagai salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan,” ujar Hendrisman Rahim, Ketua Umum DAI, dalam konferensi pers di Gedung Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2017) petang.

Melalui tema Peringatan Hari Asuransi tersebut, demikian Hendrisman, DAI juga berupaya keras untuk terus mendorong pertumbuhan tingkat penetrasi asuransi di Indonesia. Menurut data 2016, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia baru sebesar 1,7%.

Hendrisman menuturkan, asuransi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum dianggap sebagai suatu kebutuhan penting. Pasalnya, sebagian besar dari mereka masih belum mengerti tentang manfaat asuransi untuk kehidupan di masa depan.

“Disamping itu, karena letak geografis Indonesia yang berada di kepulauan, maka masih banyak perusahaan asuransi yang belum dapat menjangkau masyarakat Indonesia,” tukas Hendrisman.

Sub tema Hari Asuransi 2017 ini adalah Cerdas, Sejahtera, Mandiri (CSM). Sub tema itu menggambarkan adanya tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi di kalangan masyarakat Indonesia.

Untuk itu, DAI secara khusus akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Langkah itu dilakukan, mengingat bahwa indeks literasi keuangan pada 2016 baru mencapai 29,66% dan indeks inklusi keuangan baru sekitar 67,82%. Karena itu, DAI berkepentingan untuk terus mengedukasi masyarakat untuk memahami pentingnya inklusi keuangan.

Selain itu, tema besar Hari Asuransi 2017 ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pemegang polis asuransi di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki perlindungan asuransi jiwa di semua segmen pasar.

Sementara itu, Wahyu Wibowo, Ketua Panitia Hari Asuransi 2017, mengungkapkan, tema Indonesia Berasuransi itu pada prinsipnya menggambarkan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat terlindungi oleh asuransi.

“Dengan begitu, nelayan dapat melaut tanpa rasa takut, petani bisa bertani tanpa rasa cemas dan pengusaha dapat berdagang dengan hati tenang, jika ada risiko yang menimpa diri, keluarga atau harga benda mereka karena sudah ada asuransi yang memberikan santunan atau ganti rugi,” pungkas Wahyu. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Air Minum Dalam Kemasan (Ist)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:34 WIB

Pelindo III Kembangkan Bisnis Air Dalam Kemasan Incar Pemasok Kawasan Industri dan Terminal Pelabuhan

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara(BUMN) PT Pelindo III (Persero) mulai mengembangkan bisnisnya dengan mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih di kawasan industri dan terminal pelabuhan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Menteri Airlangga Pastikan Impor Bahan Baku Tidak Akan Dipersulit

Pemerintah tengah memfinalisasi peraturan pembatasan impor, hingga saat ini pengetatan lebih akan dilakukan terhadap barang konsumsi, tidak termasuk bahan baku dan barang modal.

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kebijakan Penguatan Devisa

- Pariwisata menjadi sektor andalan dalam mendukung strategi kebijakan penguatan cadangan devisa karena memiliki "balance of payments" atau neraca pembayaran yang selalu surplus.

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:01 WIB

Sawit Sumbermas Sarana Kembangkan Bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) terus melebarkan sayap usaha dengan mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM).

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13 September 2018.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:58 WIB

Alpha Momentum Indonesia akan Gelar Event Pertamanya Starthub Connect

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13…