Hari Asuransi 2017: Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 18 Oktober 2017 - 09:10 WIB

Peringatan Hari Asuransi (Ist)
Peringatan Hari Asuransi (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Dewan Asuransi Indonesia (DAI) memperingati Hari Asuransi pada hari ini, Rabu 18 Oktober 2017. Tema peringatan Hari Asuransi 2017 ini adalah Indonesia Berasuransi. Tema ini mengusung arti, Saatnya Membumikan Asuransi di Indonesia.

“Dengan tema itu, kami ingin mengajak masyarakat Indonesia agar senantiasa mengingat asuransi sebagai salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan,” ujar Hendrisman Rahim, Ketua Umum DAI, dalam konferensi pers di Gedung Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2017) petang.

Melalui tema Peringatan Hari Asuransi tersebut, demikian Hendrisman, DAI juga berupaya keras untuk terus mendorong pertumbuhan tingkat penetrasi asuransi di Indonesia. Menurut data 2016, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia baru sebesar 1,7%.

Hendrisman menuturkan, asuransi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum dianggap sebagai suatu kebutuhan penting. Pasalnya, sebagian besar dari mereka masih belum mengerti tentang manfaat asuransi untuk kehidupan di masa depan.

“Disamping itu, karena letak geografis Indonesia yang berada di kepulauan, maka masih banyak perusahaan asuransi yang belum dapat menjangkau masyarakat Indonesia,” tukas Hendrisman.

Sub tema Hari Asuransi 2017 ini adalah Cerdas, Sejahtera, Mandiri (CSM). Sub tema itu menggambarkan adanya tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi di kalangan masyarakat Indonesia.

Untuk itu, DAI secara khusus akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Langkah itu dilakukan, mengingat bahwa indeks literasi keuangan pada 2016 baru mencapai 29,66% dan indeks inklusi keuangan baru sekitar 67,82%. Karena itu, DAI berkepentingan untuk terus mengedukasi masyarakat untuk memahami pentingnya inklusi keuangan.

Selain itu, tema besar Hari Asuransi 2017 ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pemegang polis asuransi di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki perlindungan asuransi jiwa di semua segmen pasar.

Sementara itu, Wahyu Wibowo, Ketua Panitia Hari Asuransi 2017, mengungkapkan, tema Indonesia Berasuransi itu pada prinsipnya menggambarkan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat terlindungi oleh asuransi.

“Dengan begitu, nelayan dapat melaut tanpa rasa takut, petani bisa bertani tanpa rasa cemas dan pengusaha dapat berdagang dengan hati tenang, jika ada risiko yang menimpa diri, keluarga atau harga benda mereka karena sudah ada asuransi yang memberikan santunan atau ganti rugi,” pungkas Wahyu. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 12:42 WIB

Dukung Industri 4.0, Re.juve Datangkan Teknologi High-Pressure Pertama di Indonesia

PT Sewu Segar Primatama (anak perusahaan PT Sewu Sentral Primatama), perusahaan nasional pemroduksi coId-pressed juice dengan merek dagang Re.juve, meresmikan Real CoId-Pressed Facility (CPF)…

Para Pemain, Sutradara, dan Produser film Down Swan

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:54 WIB

Film Down Swan Angkat Tema Tentang Anak Down Syndrom

Di tengah booming-nya film horor, production house (PH) baru bernama Adiksi Film siap memproduksi film drama keluarga yang bercerita seputar dunia anak anak berkebutuhan khusus, berjudul Down…

Natasha Demetra, Cheryl Halpern, Imam Prihadiyoko, Sri Anglung Prabu Punta dan Damien Dematra dalam sesi diskusi "vision of peace"i

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:41 WIB

Visions of Peace Jadi Tema Lomba Karya Seni Film, Lukisan dan Puisi

Dalam rangkaian peringatan Hari Toleransi Sedunia yang jatuh tanggal 10 Desember setiap tahunnya, Majelis Adat Budaya Keraton Nusantara (Madukara), Menara62 Muhammadiyah dan International Festivals…

Dirjen Horti, Suwandi memegang hasil panen cabai

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:19 WIB

Jaga Pasokan dan Harga, Kementan Terus Dorong Pengembangan Olahan Aneka Cabai

Pati,- Salah satu program fokus Kementerian Pertanian (Kementan) yakni membangun kawasan cabai di daerah sentra guna meningkatkan produksi dan stabilisasi harga. Hal ini penting karena cabai…

Ilustrasi Petani Kakao

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:05 WIB

Indonesia sebagai Produsen Kakao Dunia Bukan Mimpi

Bogor, Jawa Barat Hasil riset Peneliti Kementerian Pertanian menawarkan solusi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas biji kakao Indonesia. Tanaman kakao (Theobroma cacao L.) merupakan…