Lima Sektor Industri Ini Jadi Prioritas Kemenperin Dapat Penurunan Harga Gas

Oleh : Ridwan | Selasa, 17 Oktober 2017 - 17:00 WIB

Direktur Industri Kimia Hulu, Muhammad Khayam (Foto Humas)
Direktur Industri Kimia Hulu, Muhammad Khayam (Foto Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mendorong para pelaku usaha untuk mendapatkan penurunan harga gas industri dengan segera.

Dalam hal ini, Kemenperin telah mengajukan rekomendasi kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menurunkan tarif gas terhadap lima sektor industri yang dinilai sangat mendesak.

Kemenperin mencatat, lima sektor industri tersebut, yakni petrokimia, pupuk, baja, kaca, dan keramik. Kelima manufaktur ini dinilai dalam keadaan krusial sehingga perlu mendapatkan penurunan harga gas untuk menunjang keberlangsungan berproduksi.

"Lima sektor terlebih dahulu yang lebih mendesak, kemudian dua sektor lainnya (oleokimia dan sarung tangan karet) menyusul," ujar Direktur Industri Kimia Hulu, Muhammad Khayam di Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Menurutnya, penurunan pada lima sektor tersebut harus segera terealisasi karena kontribusi gas dalam ongkos produksi masing-masing industri ini lebih dari 25 persen, bahkan ada yang mencapai 70 persen.

"Oleh karena itu, pemerintah terutama ESDM harus segera mengeluarkan kebijakan mengenai penurunan harga gas," terangnya.

Khayam berharap tarif gas yang sesuai untuk lima sektor prioritas tersebut tidak lebih dari US$6 per MMMBtu, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

Akan tetapi, dia menilai jika penurunan gas ini tidak bisa dilakukan secara langsung dalam waktu yang dekat maka bisa diturunkan secara bertahap.

"Setidaknya ada penurunan lebih dahulu walaupun hanya US$1 per MMBtu, nanti bisa menggunakan skema bertahap dan dapat dievalusi kembali," imbuhnya.

Sebelumnya, dalam Perpres Nomor 40 Tahun 2016 salah satunya menyebutkan, pemerintah akan memberi penurunan tarif gas untuk ketujuh sektor industri, yakni petrokimia, pupuk, baja, kaca, keramik, oleokimia, dan sarung tangan karet. Namun, penurunan tarif gas tersebut belum terealisasi sampai sekarang, bahkan tarif gas masih mencapai rerata di atas US$9 per MMBtu.

"Saat ini kita masih menunggu hitung-hitungan dari ESDM, jika sudah selaras antara gas hulu dan hilir maka bisa diputuskan," ungkapnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…