Pemerintah Perlu Tingkatkan Sinergi Pemanfaatan Gas Domestik

Oleh : Hariyanto | Selasa, 17 Oktober 2017 - 12:29 WIB

Sektor Migas (Foto Ist)
Sektor Migas (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah perlu meningkatkan sinergi antara berbagai pemangku kepentingan dalam rangka menyinergikan pemanfaatan gas alam untuk kepentingan domestik sehingga bisa diberdayakan optimal untuk kepentingan dalam negeri.

"Sumber daya gas sangat melimpah, sehingga PR sekarang adalah bagaimana mendistribusikannya ke berbagai wilayah dan sektor yang membutuhkan," kata Anggota Dewan Energi Nasional, Tumiran, dalam seminar terkait gas bumi di Jakarta, Senin (16/10/2017)

Menurut Tumiran, indikasi dari masih belum sinerginya adalah masih lemahnya koordinasi yang dijalin antarkementerian sehingga masing-masing lembaga dinilai masih berjalan sesuai dengan kepentingannya sendiri-sendiri.

Anggota Dewan Energi Nasional itu mengemukakan, pemanfaatan gas untuk kepentingan dalam negeri antara lain adalah untuk sektor transportasi sehingga pemerintah juga perlu sigap agar tidak didominasi pemain asing.

Ia mengingatkan bahwa banyak negara yang dinilai sudah mengincar Indonesia sebagai pasar potensial sebagai konsumen gas, antara lain karena jumlah penduduk nasional yang sangat besar di tingkat global.

Untuk itu, lanjutnya, berbagai pihak terkait juga harus dapat betul-betul memastikan ketersediaan pasokan gas karena tingkat permintaan bagi kebutuhan gas nasional diperkirakan bakal terus meningkat.

Tumiran menyatakan keheranannya karena sejumlah pihak telah menjadi pelaku usaha yang cukup lama dalam bidang LNG, namun hingga kini dinilai masih belum mampu memenuhi kebutuhan domestik.

Selain itu, ujar dia, LNG yang ada saat ini seharusnya lebih diarahkan kepada industri hilir yang bisa mengembangkannya guna membuat produk turunan baru, bukan untuk kepentingan lain seperti listrik.

Hal tersebut, lanjutnya, karen PLN saat ini masih berupaya untuk melakukan efisiensi sehingga lebih menggunakan sumber batu bara yang dinilai termurah sekarang.

Sementara itu, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Sommeng berpendapat, ketidakmampuan PLN dalam menyerap LNG lebih kepada persoalan harga yang tinggi.

Sebelumnya, Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB) mendesak pemerintah segera menurunkan harga gas untuk sektor industri guna mendongkrak daya saing industri.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.