Hari Pangan Sedunia, BAZNAS dan LotteMart Salurkan Bantuan Pangan Melalui ATM Beras

Oleh : Nina Kartika | Senin, 16 Oktober 2017 - 18:52 WIB

BAZNAS dan LotteMart Salurkan Bantuan Pangan Lewat ATM Beras
BAZNAS dan LotteMart Salurkan Bantuan Pangan Lewat ATM Beras

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-72, Lotte Mart mengadakan kegiatan penyaluran bantuan beras hasil donasi pelanggannya. Donasi itu didistribusikan kepada para penerima manfaat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

"Ini patut kita apresiasi dan syukuri. Karena Lotte Mart sebagai salah satu perusahaan multinasional memercayakan penyalurannya bantuan melalui BAZNAS," ujar Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Zakat Nasional BAZNAS Mohd. Nasir Tajang, di Kantor BAZNAS, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

Nasir menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memberikan perhatian yang besar terhadap kondisi rawan pangan yang masih terjadi di negeri ini. "Sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan melalui pemberian bantuan beras bagi penerima manfaat," ucapnya.

Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober, lanjut dia, diperingati oleh setiap negara yang pada tahun ini mengangkat tema 'Diversifikasi Pangan Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan'.

"Penetapan tema ini didasarkan pada tujuan Hari Pangan Sedunia yakni menggugah kesadaran, meningkatkan motivasi dan pemahaman masyarakat akan pentingnya pangan sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia," katanya.

Selain itu,  tambah Nasir, menggalang kerja sama dan keterlibatan seluruh pihak terkait atau stakeholders untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan ketahanan pangan. "Tujuan lainnya adalah mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)," ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Pemasaran PT. Lotte Mart Indonesia Evi Lionawan menambahkan, Lotte Mart menggandeng BAZNAS bekerja sama menggalang donasi pelanggan sejak 8 September 2017 lalu di 17 titik Lotte Mart se-Indonesia.

Penghimpunan donasi dilakukan dengan mengerahkan para kasir berkampanye kepada pelanggan Lotte Mart agar menyumbang untuk program bantuan beras bagi masyarakat tak mampu. "Kemudian pelanggan akan memberikan sejumlah dana kepada kasir untuk dimasukkan sebagai donasi," ujarnya.

Evi memaparkan, BAZNAS dan Lotte Mart secara simbolis menyerahkan kartu ATM beras kepada lima orang perwakilan masyarakat penerima manfaat. "Selanjutnya, kita melakukan simulasi dan pelatihan proses pengambilan beras menggunakan ATM beras oleh penerima manfaat. Agar mereka lancar, terbiasa dan tidak canggung melakukannya," kata Evi.

Sebagai informasi, BAZNAS telah berinovasi dalam memudahkan pelayanan kaum dhuafa. Yakni dengan menyediakan pelayanan Anjungan Terima Mandiri (ATM) Beras untuk membantu masyarakat miskin memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Layaknya mengambil uang dari ATM, masyarakat miskin yang telah diverifikasi dapat mengambil beras secara cuma-cuma dengan menggunakan kartu peserta. Program ini merupakan inovasi BAZNAS dalam memberikan kemudahan pelayanan masyarakat miskin.

Mesin yang digunakan merupakan karya anak bangsa, seorang lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).  Dengan mesin ini, masyarakat miskin akan lebih mudah mendapatkan bantuan beras dari titik-titik lokasi ATM Beras.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…