Pemerintah Optimis Terjadi Peningkatan Arus Investasi Industri Khususnya dari Jepang

Oleh : Ridwan | Senin, 16 Oktober 2017 - 12:46 WIB

Presiden dan Menperin tinjau pabrik industri manufaktur
Presiden dan Menperin tinjau pabrik industri manufaktur

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menperin Airlangga Hartarto optimistis terhadap peningkatan arus investasi sektor industri yang akan masuk di Indonesia khususnya dari Jepang.

Menurut data Kemenperin, pada 2016, penanaman modal asing secara keseluruhan tercatat mencapai 16,68 miliar dolar AS.

Sedangkan, nilai investasi Jepang ke Indonesia sebesar 5,4 miliar dolar AS pada tahun 2016 atau naik 86 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 2,9 miliar dollar AS.

Jumlah perusahaan Jepang di Indonesia hingga saat ini lebih dari 1.750 perusahaan, dengan kegiatan usahanya di bidang manufaktur, infrastruktur dan jasa. Beberapa sektor manufaktur Jepang yang cukup aktif berinvestasi di Indonesia, antara lain industri otomotif, logam, mesin dan elektronika.

"Hal ini lantaran pula didukung dengan banyaknya fasilitas penunjang dalam menjalankan bisnis di Tanah Air, meliputi deregulasi atau penyederhanaan kebijakan-kebijakan, pembangunan infrastruktur dan kawasan industri, serta pemberian insentif fiskal berupa tax allowance dan tax holiday," ungkap Airlangga, Senin (16/10/2017)

Guna menggaet investor Jepang, Kemenperin telah menggelar kegiatan Promosi Investasi Kawasan Industri Indonesia di Tokyo, Osaka, dan Yokkaichi City, Jepang, pada 13-15 September 2017.

Menperin Airlangga menegaskan, pihaknya selama ini tidak hanya mendorong penanaman modal dari perusahaan manufaktur Jepang skala besar, tetapi juga berupaya menggandeng kerja sama yang menyasar pada pengembangan teknologi dan inovasi, sumber daya manusia, serta industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia.

"Kami selalu sampaikan, Indonesia memiliki potensi pasar domestik yang sangat besar, terutama di tingkat ASEAN. Untuk meningkatkan iklim investasi di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan beberapa paket kebijakan ekonomi yang tujuannya mempermudah usaha bagi para investor," paparnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali (Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 08:21 WIB

Mvenpick Resort & Spa Jimbaran Bali Mempersembahkan Acara Liburan Akhir Tahun Menyenangkan

Musim liburan ini, Mvenpick Resort & Spa Jimbaran Bali mengundang para tamu untuk berkumpul bersama dengan kerabat dan orang-orang tercinta untuk menikmati serangkaian kegiatan meriah yang menyenangkan,…

Jalan perbatasan lintas papua

Senin, 19 November 2018 - 07:55 WIB

Kementerian PUPR Akan Mulai Pembangunan PLBN Sota Merauke Pada Awal 2019

Selain percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga memiliki tugas utama lainnya dalam melaksanakan pembangunan Pos Lintas Batas…

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meninjau proyek pembangunan jalur ganda Maja- Rangkas Bitung di stasiun Citeras, Lebak, Banten Minggu (18/11/2018).

Senin, 19 November 2018 - 07:54 WIB

Citra Maja Raya Bakal Bangun Shelter Komuter di Dalam Kawasan

PT Ciputra Residence selaku pengembang hunian terpadu Citra Raya Maja dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) kini akan dilalui rel double track Maja- Rangkas Bitung.Dimana, sebelumnya…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 07:50 WIB

Nilai Tukar dan Fundamental Topang Penguatan IHSG Hari Ini

Jakarta - IHSG mengawali pekan yang pendek masih terlihat terus berusaha menggeser rentang konsolidasi ke arah yang lebih baik, IHSG di level 5868 - 6123. Stabilnya nilai tukar ditambah dengan…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 19 November 2018 - 07:44 WIB

IHSG Menguat Terbatas, Cermati Sebelas Saham

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG akan bergerak cenderung mengalami penguatan terbatas diawal pekan dengan support 5957-6066. Saham-saham yang masih dapat…