Miliki Potensi Yang Bagus, Inalum akan Bangun Smelter Baru di Kaltara

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 Oktober 2017 - 10:41 WIB

Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  PT Inalum (Persero) akan membangun smelter baru yang berlokasi di Kalimantan Utara. Direktur Utama Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Kaltara mempunyai potensi yang bagus, sehingga industri alumunium harus terus digiatkan karena dunia bakal mengarah ke mesin elektrikal.

Sementara, Direktur Operasi dan Plt Direktur Pengembangan & Bisnis Sahala Hasoloan Sijabat mengatakan, Kaltara memiliki sumber air yang banyak untuk mendukung bisnis Inalum serta lahannya cocok. Saat ini, pemerintah provinsi Kaltara sudah menyiapkan sekitar 26.000 hektar untuk kawasan industri.

"Kesepakatan kita dengan Pemprov sudah tercapai dan kita dapat alokasi lahan sekitar 800 hektar," kata Sahala dalam jumpa pers di kantor Inalum, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Ia mengatakan, pada tahap pertama, aktivitas produksi smelter akan menghasilkan sekitar 500.000 ton aluminium ingot. Pada tahap ini dibutuhkan dana sebesar US$2 miliar atau setara dengan Rp27 triliun. Investasi tersebut sudah termasuk pelabuhan. 

Pembangunan proyek ini diharapkan dapat dilakukan pemancangan tiang perdana (ground breaking) sekitar 2022 dan diharapkan rampung pada 2025. Tahap kedua, produksi meningkat atau menjadi 1 juta ton dan tahapan selanjutnya diharapkan mencapai 1,5 juta ton. 

Saat ini, kapasitas produksi Inalum di pabrik Kuala Tanjung, Sumatera Utara, mencapai 250.000 ton aluminium ingot dan diharapkan menjadi 500.000 ton pada 2025.

Pada kesempatan serupa Direktur Keuangan Oggy Achmad Kosasih menambahkan, nilai investasi tersebut akan dipenuhi dari kas internal sekitar 30% dan pinjaman perbankan 70%. 

"Namun, investasi tahapan selanjutnya bergantung dengan teknologi yang kita gunakan. Oleh sebab itu, kita harus inline dengan teknologi saat itu, sehingga kita bisa efisiensi agar kita dengan listrik yang sama bisa mengh

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara ( Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:39 WIB

Pelabuhan Kuala Tanjung Sumut Segera Dioperasikan

PT Pelabuhan Indonesia 1 segera mengoperasikan Pelabuhan Kuala Tanjung yang hampir selesai dibangun di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

Ilustrasi Susu Kental Manis : Foto Istimewa

Senin, 16 Juli 2018 - 09:30 WIB

SKM Miliki Kadar Protein Relatif Lebih Tinggi Dibanding Jenis Lainnya

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Ahmad Syafiq memberikan pandangannya mengenai susu kental manis. Syafiq menyebutkan susu kental manis…

Pelari Kenya David Kibet Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018 (Foto: dok Industry.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:20 WIB

Pelari Asal Kenya Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018

Pelari asal Kenya meraih gelar juara kategori putra dan putri lari maraton MILO Jakarta International 10K 2018 yang berlangsung di Jakarta, Minggu, 15 Juli 2018. David Kibet berhasil menjuarai…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:14 WIB

BPOM: Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan Susu Kental Manis (SKM) merupakan susu dan aman untuk dikonsumsi, meskipun berbeda dengan krimer kental manis. Hal ini menyusul informasi yang…

Wapres Jusuf Kalla Hadiri Gelaran Bank BRI Indonesia Open 2018 (Foto Rizki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 08:53 WIB

Wapres Jusuf Kalla Hadiri Gelaran Bank BRI Indonesia Open 2018

Event olahraga bertaraf internasional ini resmi ditutup dengan seremoni pemberian hadiah yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Ketua…