Hingga Agustus 2017, Bank BTN Syariah Salurkan Pembiayaan Rp16 Triliun

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 13 Oktober 2017 - 13:43 WIB

Direktur Consumer Banking BTN Handayani, Direktur BPJS Ketenagakerjaan Amran Nasution, Dirut Lion Group Edward Sirait, Dirut Sarana Global Utama Yuyu Yuhanah melakukan pelatakan batu pertama pembangunan perumahan di Batam, Foto Meirino)
Direktur Consumer Banking BTN Handayani, Direktur BPJS Ketenagakerjaan Amran Nasution, Dirut Lion Group Edward Sirait, Dirut Sarana Global Utama Yuyu Yuhanah melakukan pelatakan batu pertama pembangunan perumahan di Batam, Foto Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Bank BTN Syariah, unit usaha syariah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), hingga Agustus 2017 menyalurkan pembiayaan bernilai Rp16,16 triliun, lebih tinggi 27% dibandingkan periode yang sama 2016 sebesar Rp12,69 triliun.

Bank BTN senantiasa berupaya untuk mendorong peningkatan penyaluran pembiayaan kedepan. Salah satu yang baru dilakukan adalah Bank BTN berkerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk membiayai kepemilikan rumah bagi karyawan Lion Group di Batam.

Dalam kerjasama tersebut, Bank BTN memberikan bantuan uang muka bagi anggota BPJS Ketenagakerjaan untuk memperoleh KPR bersubsidi serta pemberian tingkat bunga yang ringan bagi KPR non-subsidi.

Handayani, Managing Director Consumer Banking Bank BTN, menjelasan, Bank BTN memberikan pembiayaan syariah untuk kepemilikan rumah bersubsidi dengan uang muka 1% dan bunga mulai dari 5% berjangka hingga 20 tahun serta besar angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan.

“Kami berharap dapat terus menyalurkan KPR syariah dan konvensional, baik berskema subsidi maupun non-subsidi bagi karyawan Lion Group bernilai total hingga Rp56 miliar,” ungkap Handayani, pada Groundbreaking Lion Air Residence, di Batam, Kamis (12/10/2017).

Bahkan untuk kedepan, demikian Handayani, Bank BTN juga akan mengeksplorasi potensi pembiayaan konstruksi kepada para pengembang dan pembiayaan konsumer lainnya bagi karyawan Lion Group.

Bank BTN Syariah yang beraset hampir Rp20 triliun tersebut juga berhasil menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp16,16 triliun per Agustus 2017. Itu terlihat lebih tinggi 26% dibandingkan per Agustus 2016 sebesar Rp15,68 triliun.

“Disamping pembiayaan tersebut, Bank BTN juga mengincar penghimpunan dana pihak ketiga baik ritel, korporasi, maupun payroll karyawan Lion Group. Peningkatan layanan tersebut diharapkan bermanfaat bagi Lion Group,” tukas Handayani.

Per Agustus 2017, Bank BTN Syariah membukukan laba senilai Rp268 miliar, meningkat 36% dibandingkan periode yang sama pada 2016 sebesar Rp197 miliar. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…