Impor Pupuk Urea Diperkirakan Meningkat 566% Pada Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Rabu, 28 Desember 2016 - 12:16 WIB

Pupuk Ilustrasi
Pupuk Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Impor pupuk urea diperkirakan meningkat 566% menjadi 600.000 ton pada tahun ini, dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 90.000 ton. Hal ini disebabkan karena harganya yang lebih murah dari pupuk urea lokal dan rendahnya daya saing industri pupuk nasional.

"Lonjakan impor pupuk diperkirakan berlanjut pada tahun depan karena biaya produksi pupuk di dalam negeri masih tinggi, kendati pemerintah telah memangkas harga gas industri," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia (APPI), Dadang Heru Kodri di Jakarta, Rabu (28/12).

Menurut Dadang, pada tahun depan industri pupuk lokal tetap berperang dengan produk impor. Penurunan harga gas untuk industri pupuk tidak mampu memangkas biaya produksi secara signifikan.

Penurunan harga gas us$6 permmbtu, menurut Dadang, dirasa masih terlalu jauh di atas negara pesaing, sehingga masih berat untuk bersaing dengan produk luar.

Dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No.40/2016 tentang Harga Gas Untuk Industri Tertentu, harga gas untuk tiga cabang industri, yakni pupuk, petrokimia, dan baja turun hingga US$1,5 per million british thermal unit (mmbtu) mulai 1 Januari 2017. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

J&T Express Gelar Roadshow “J&T Young Preneur” di 5 Kota

Jumat, 22 Maret 2019 - 11:37 WIB

J&T Express Gelar Roadshow “J&T Young Preneur” di 5 Kota

Melanjutkan kesuksesan J&T Campus to Campus di tahun sebelumya, J&T Express selaku perusahaan jasa pengiriman Indonesia yang fokus pada pengiriman bisnis e-commerce, kembali mengadakan program…

Erha Clinic & Store

Jumat, 22 Maret 2019 - 11:35 WIB

Erha Luncurkan Erhastore.co.id untuk Produk OTC Kesehatan Kulit dan Kecantikan

Erha, klinik kecantikan dan kesehatan kulit, meluncurkan Erhastore.co.id yang merupakan e-Commerce di sektor produk perawatan tubuh, kecantikan maupun kesehatan kulit.

Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

Jumat, 22 Maret 2019 - 11:31 WIB

Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Terus Bergulir, 3.000 Tenaga Kerja Miliki Sertifikasi Keahlian

Penyelenggaraan sertifikasi terus bergulir dimana pada acara Pekan SDM Ahli Konstruksi Indonesia, Indobuildtech Expo 2019, dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Intakindo 2019 pada Kamis (21/3/2019)…

Kebun Raya Bogor. (Foto: IST)

Jumat, 22 Maret 2019 - 11:30 WIB

Komitmen LIPI Tingkatkan Kepuasan Pengguna Layanan Kebun Raya Bogor

Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI terus berkomitmen menjalankan fungsi konservasi ex-situ, penelitian, pendidikan lingkungan, wisata, dan jasa lingkungan. “

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Jumat, 22 Maret 2019 - 11:00 WIB

Menpar AY: Konektivitas Kunci Sukses Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menegaskan, konektivitas udara menjadi kunci sukses pariwisata Indonesia untuk menjaring kunjungan wisman sekaligus mewujudkan target kedatangan 20 juta wisman…