Pembangunan Jalan Tol Berdampak Tekan Harga Barang Kebutuhan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 Oktober 2017 - 06:45 WIB

Presiden Jokowi bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Senin 12/10/2017) (Foto Biro Setpres)
Presiden Jokowi bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Senin 12/10/2017) (Foto Biro Setpres)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Presiden Joko Widodo menegaskan penyelesaian pembangunan jalan tol dapat meningkatkan kompetensi bisnis Indonesia karena akan mengurangi harga barang.

"Baik tol di Jawa maupun di luar Jawa akan memperkuat fondasi kita dalam rangka kompetisi global, artinya apa? 'Global Competitiveness Index' kita pasti lebih baik karena mobilitas barang dan orang pasti akan lebih cepat, akhirnya biaya transportasi barang lebih rendah dan harga barang akan turun. Tapi ini memerlukan waktu, karena memang (ruas tol) belum selesai semuanya," kata Presiden Jokowi di dekat gerbang tol Palembang-Pemulutan, Palembang,Sumatera Selatan, Kamis. (12/10/2017)

Presiden Jokowi Kamis (12/10/2017) meresmikan jalan tol Palembang-Indralaya seksi I yaitu ruas Palembang-Pemulutan sepanjang 7,75 kilometer yang merupakan jalan tol pertama di Sumatera Selatan.

Tol Pelembang-Pemulutan terdiri atas tiga seksi yaitu seksi I ruas Palembang-Pemulutan sepanjang 7,75 kilometer; seksi II Pemulutan-Kota Terpadu Mandiri (KTM) sepanjang 4,9 kilometer dan seksi III KTM-Simpang Indralaya sepanjang 8,5 kilometer sehingga total selesai lebih dari 21 kilometer.

"Seperti tol di Balikpapan-Samarinda yang tertunda selama delapan tahun sebenarnya hanya ada dua permasalahan yaitu pertama melewati lahan konservasi dan kedua melewati lahannya Kodam," ungkap Presiden.

Presiden pun mengungkapkan cara untuk mengatasi dua masalah itu.

"Kalau saya gampang, tinggal telepon Panglima (TNI) agar ini segera diselesaikan, ya sehari dua hari selesai. Begitu juga lahan konservasi, konservasi penting tapi diambil tidak banyak, saya telepon menteri LHK, dua hari rampung. Persoalan kecil-kecil ini bisa diselesaikan tapi tidak selesai kalau kita tidak berani memerintah terhadap otoritas yang memutuskan," tegas Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra dari pihak kontraktor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe

Kamis, 18 April 2024 - 06:04 WIB

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe Digadang Maju Pilkada Lembata

Tokoh masyarakat Lembata sekaligus politisi senior Herman Yosef Loli Wutun menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam perhelatan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lembata pada Pemilihan…