Holding Perkebunan Nusantara Raih Laba Bersih Rp478 Miliar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Oktober 2017 - 12:59 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Medan- Holding perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) per Agustus 2017 meraih laba bersih sebesar Rp478 miliar.

"Laba bersih itu naik tajam 130 persen dibandingkan periode sama pada 2016 yang masih mengalami kerugian senilai Rp1,57 triliun," ujar Direktur Utama Perkebunan Holding Nusantara Dasuki Amsir dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (12/10/2017) .

Menurut dia, keuntungan bersumber dari peningkatan penjualan, kenaikan produktivitas komoditas tanaman serta keberhasilan program efisiensi di segala lini usaha.

Dasuki Amsir menjelaskan, penjualan Holding Perkebunan Nusantara selama Januari-Agustus 2017 meningkat sebesar 9 persen menjadi Rp21,16 triliun dibanding periode yang sama tahun 2016 yang masih Rp19,5 triliun.

Adapun produktivitas komoditas kelapa sawit mengalami peningkatan sebesar 18 persen dibandingkan periode sama 2016.

"Sepanjang 2016, program transformasi yang dieksekusi Holding Perkebunan Nusantara sudah berjalan sesuai jalur. Manajemen yakin peningkatan kinerja akan berlanjut hingga akhir 2017," katanya.

Keyakinan semakin kuat karena tren perbaikan laba dari awal tahun terus berlanjut.

Dasuki menambahkan, peningkatan kinerja di anak usaha Holding Perkebunan Nusantara juga mengalami perbaikan dari bulan ke bulan dan itu membuktikan program transformasi membawa pengaruh positif dan sudah berjalan merata di seluruh PTPN.

Dengan meilihat pencapaian kinerja yang positif selama periode Januari-Agustus 2017, Dasuki optimistis manajemen Holding Perkebunan Nusantara mampu memenuhi target yang telah dituangkan dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2017.

"Dengan tetap menerapkan strategi 'coorporate turnaround' dan menjaga kinerja di sisa tahun 2017, maka target RKAP 2017 optimistis dapat direalisasikan," katanya.

Dia mengakui, manajemen masih terus fokus pada peningkatan produktivitas dan melakukan efisiensi di semua lini agar tercapai harga produksi yang efisien dan konsisten.

Dengan langkah itu, maka apabila terjadi penurunan harga komoditas, kondisi itu tidak akan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Dasuki mengatakan, Holding Perkebunan menerapkan efisiensi di berbagai lini dengan memperhatikan struktur biaya perusahaan.

Salah satu bentuk efisiensi antara lain adalah pengadaan pupuk oleh Holding yang diyakini bisa menekan harga menjadi lebih murah dan mencegah pemborosan.
Sementara untuk meningkatkan produktivitas dalam menjalankan operasional, manajemen memastikan pengelolaan dan prosesnya berjalan baik sesuai SOP mulai dari teknis penanaman, perawatan, pemupukan, panen, hingga pengangkutan ke pabrik pengolahan.

"Diakui untuk mencapai target tersebut diperlukan dukungan pengembangan TI dalam menyediakan data yang lebih akurat guna mengontrol produktivitas, efisiensi, serta membuat keputusan yang lebih baik," ujar Dasuki.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Ciputra Residence melakukan ground breaking proyek EcoHome Apartement di kawasan Citra Raya Tangerang Banten, Sabtu (16/12/2017).

Minggu, 17 Desember 2017 - 07:30 WIB

Ciputra Residence Bangun 4 Tower Apartemen Terjangkau

Kebutuhan akan hunian kian terus meningkat, melihat antuasiasme tersebut PT Ciputra Residence melakukan ground breaking proyek EcoHome Apartement di kawasan Citra Raya Tangerang Banten, Sabtu…

Ketua MUI Kiai Ma'ruf Amin bersama Ulama menggelar konfrensi Pers aksi bela palestina 1712 (foto hidayatulah)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:58 WIB

Ma'ruf Amin Pastikan Aksi Bela Palestina Tidak Ada Unsur Politis

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menegaskan tidak ada unsur politik praktis dalam aksi bela Palestina yang akan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Minggu (17/12).…

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:37 WIB

Enam Usulan Indonesia Terkait Penyelesaian Masalah Palestina

Presiden juga sudah menyampaikan enam usulan Indonesia dalam KTT luar biasa OKI.

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:30 WIB

Presiden Jokowi Yakin Aksi Bela Palestina Berlangsung Tertib

Presiden Joko Widodo meyakini Aksi Bela Palestina yang akan berlangsung pada 17 Desember 2017 atau disebut aksi 1712 berlangsung dengan tertib.

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:15 WIB

Menpora Harapkan Pemuda Harus Siap Tanggulangi Bencana

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi meminta pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) dan Barisan Serbaguna NU (Banser) siap dalam penanggulangan bencana alam.