Harga CPO Malaysia Diprediksi Tertekan Outlook Kenaikan Produksi

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 12 Oktober 2017 - 11:54 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia dibuka pada posisi 2.711 ringgit per ton pada Kamis (12/10/2017) dibandingkan pembukaan kemarin di posisi 2.692. Itu karena outlook kenaikan ekspor.

Kendati demikian, harga CPO tersebut berpeluang kembali melemah pada perdagangan hari ini karena para investor mencemaskan potensi kenaikan volume produksi pada Oktober 2017 ini.

“Dengan posisi harga saat ini di 2.711 ringgit per ton, maka harga minyak nabati Malaysia itu sebenarnya berpotensi menembus level harga 2.740 per ton,” ujar Faisyal, analis PT Monex Investindo Future, di Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Akan tetapi, demikian Faisyal, adanya potensi harga yang kembali melemah, maka harga CPO Malaysia tersebut berpotensi turun ke posisi 2.670 ringgit per ton, bahkan mungkin dapat mencapai 2.650 ringgit per ton.

Faisyal menuturkan, kecemasan para investor tersebut cukup beralasan. Pasalnya, kenaikan produksi dapat mengakibatkan kenaikan stok CPO. Menurut data Malaysian Palm Oil Board (MPOB), stok CPO Malaysia hingga akhir September 2017 telah mencapai 2 juta ton.

“Kenaikan stok CPO biasanya bakal menekan harga jualnya, akan tetapi jika dibarengi dengan peningkatan ekspor, maka hal tersebut dapat mendorong kembali kenaikan harga CPO kedepan,” tukas Faisyal.

Memang, ekspor CPO Malaysia ke India untuk jangka pendek masih terlihat kuat karena India akan terus-menerus meningkatkan pembelian untnuk menutupi kekurangan stock CPO mereka. Pasalnya, stok CPO mereka saat ini sudah banyak berkurang. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Transportasi di Jakarta (Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:22 WIB

Dongkrak Daya Saing, Perusahaan Transportasi Minta Insentif Pajak dari Pemerintah

Perusahaan transportasi berharap adanya insentif pajak dari pemerintah berupa pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN).

Presiden Jokowi dan TGB (Foto Setkab)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:19 WIB

Presien Jokowi Terus Godok Siapa Cawapresnya, Temasuk Diantaranya TGB

Presiden RI Joko Widodo masih mematangkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya maju dalam Pemilihan Umum Presiden 2019.

 Komunitas Ekonomi Jogja Istimewa untuk NYIA saat menyampaikan deklarasi dukungan percepatan bandara.(Foto: IST)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:16 WIB

Untuk Perkembangan Pariwisata, Masyarakat Ekonomi Jogja Penuh NYIA

Untuk perkembangan industri pariwisata di Yogyakarta, Masyarakat Ekonomi Jogja Istimewa menyatakan petisi dukungan terhadap Bandara Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:15 WIB

Masuk Daftar Negara Tidak Aman, India Luncurkan Kampanye Keselamatan

India, sebagai negara yang terkenal akan keindahan alam dan memiliki budaya yang unik ini dinilai berbahaya bagi perempuan. Pada baru-baru ini, Kementerian Pariwisata India meluncurkan sebuah…

Rahmad Baagil. adalah Pengajar pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, (Foto Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:10 WIB

Try Out Menjelang Pemilu 2019

Pilkada serentak telah dilakasanakan dengan baik. Para kandidiat sudah mengetahui hasil akhir versi real count, walau ada beberapa perbedaan hasil di beberapa daerah, ada bebagai indikasi kecurangan…