Ketum SMSI Sebut Babel dan Pangkalpinang Berperan Besar dalam Perjalanan Sejarah Bangsa

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 Oktober 2017 - 08:47 WIB

Ketum SMSI Teguh Santosa dan Sekretaris Daerah Pangkalpinang Radmida Dawam (Foto Ist)
Ketum SMSI Teguh Santosa dan Sekretaris Daerah Pangkalpinang Radmida Dawam (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang - Provinsi Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang memiliki peranan besar terhadap Republik Indonesia di masa-masa awal kemerdekaan. Bung Karno dan Bung Hatta pernah menjalankan pemerintahan dan memimpin perlawanan dari Bangka saat diasingkan Belanda pada periode 1948-1949.

Keduanya ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bangka antara Desember 1948 hingga Juli 1949. Presiden dan Wakil Presiden pertama itu dikembalikan ke Jogjakarta setelah perjanjian Roem-Royen yang mengakui Jogjakarta sebagai bagian dari Republik Indonesia ditandatangani di bulan Mei 1949.

Sumbangan besar Bangka Belitung dan Pangkalpinang pada perjalanan sejarah bangsa diingatkan Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Teguh Santosa saat memberikan sambutan pada jamuan makan malam di rumah dinas Walikota Pangkalpinang, Rabu (11/10/2017) yang dihadiri unsur pimpinan SMSI dari seluruh Indonesia.

“Strategi menghadapi Belanda dalam perjanjian Roem-Royen disusun Bung Karno dan Bung Hatta dari pengasingan di Bangka. Sungguh tepat bila kini Kota Pangkalpinang menggunakan tagline Pangkalpinang Pangkal Kemenangan,” ujar Teguh yang juga Wakil Rektor Universitas Bung Karno (UBK) itu.

Teguh mendorong perusahaan media siber yang tergabung dalam SMSI untuk memberikan perhatian terhadap informasi-informasi bernilai historis seperti itu demi ikut memupuk kecintaan pada bangsa dan negara Republik Indonesia.

Pernyataan Teguh Santosa itu disambut tepuk tangan meriah peserta jamuan makan malam, tidak terkecuali Sekretaris Daerah Pangkalpinang Ratmida Dawam yang dalam kesempatan itu mewakili Walikota Muhammad Irwansyah.

Usai jamuan makan malam, Teguh Santosa dan rombongan berkesempatan mengunjungi Taman Sari atau Wilhemina Park yang berada di sebelah rumah dinas Walikota.

Di tengah taman itu terdapat sebuah tugu yang dinamai Tugu Pergerakan Kemerdekaan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia, khususnya Bangka, dalam mempertahankan kemerdekaan yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Utang Luar Negeri

Selasa, 17 Juli 2018 - 16:11 WIB

BI Rilis Utang Luar Negeri Indonesia Per Mei Sebesar Rp 5.155,6 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tumbuh melambat pada akhir Mei 2018.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 17 Juli 2018 - 16:04 WIB

Industri Manufaktur Dongkrak Ekspor RI ke Australia

Industri manufaktur berperan besar dalam mendongkrak peningkatan nilai ekspor Indonesia, salah satunya ke negara tujuan seperti Australia.

WK Migas

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:58 WIB

Kementerian ESDM Tandatangani 3 Kontrak Gross Split Hasil Penawaran Wilayah Kerja Migas 2018

Kementerian Energi dan Sumber dan Sumber Daya Mineral kembali melakukan penandatanganan kontrak bagi hasil Gross Split hasil penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas tahun 2018 yang dilaksanakan di…

Menhub Budi Karya Sumadi

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:40 WIB

Menhub: Biaya Perbaikan Jalan Capai Rp 43 Triliun Pertahun

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini masih banyak truk kelebihan muatan dan ukuran beroperasi di jalanan sehingga menyebabkan jalan rusak.

Memasuki era revolusi industry 4.0 hampir segala sektor terdigitalisasi. Hal itu pula yang melatarbelakangi platform GazEgaz.com

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:20 WIB

GazEgaz Hadir Sebagai Platform Industri Energi dan Pertambangan

Memasuki era revolusi industry 4.0 hampir segala sektor terdigitalisasi. Hal itu pula yang melatarbelakangi platform GazEgaz.com