Peningkatan Nilai Ekspor Berkat Kolaborasi Pemerintah-Swasta-Pembangunan Infrastruktur

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 Oktober 2017 - 08:30 WIB

 Presiden Jokowi membuka ajang Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD (Foto Setkab)
Presiden Jokowi membuka ajang Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id -Jakarta- Presiden Joko Widodo memuji sektor swasta dan pemerintah Indonesia yang berhasil mencatat peningkatan nilai ekspor sebesar 17,58 persen pada periode Januari-Agustus 2017 menjadi sebesar 108,79 miliar dolar AS.

"Begitu juga ekspor nonmigas, pada Januari-Agustus 2017 mencapai 98,76 miliar Dolar AS atau mengalami kenaikan 17,73 persen. Naiknya lumayan tinggi bila dibanding periode yang sama pada 2016," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat membuka Trade Expo Indonesia ke-32 tahun 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Provinsi Banten, pada Rabu (11/10/2017)

Pencapaian itu, menurut Jokowi, merupakan hasil upaya perpaduan antara pemerintah dengan swasta dan pembangunan infrastruktur serta konektivitas yang terus dikejar pada tiga tahun terakhir.

Dengan kemajuan tersebut, Indonesia juga berhasil naik peringkat dalam Indeks Kompetitif Global yang disusun oleh World Economic Forum (WEF) dari sebelumnya posisi 41 menjadi ke 36.

"Kita harusnya kalau mendengar peringkat kita naik, seharusnya percaya diri, seharusnya optimis. Jangan ada pesimisme di antara kita. Kalau ada masalah mari kita selesaikan. Kalau masih ada yang perlu kita perbaiki, ya harus kita perbaiki," ujar Jokowi yang menambahkan agar momentum peningkatan prestasi itu dapat dimaksimalkan sehingga perdagangan Indonesia dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi bangsa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…