2018, Pemerintah Siap Bagikan 40 Ribu Konverter Kit Gratis

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 12 Oktober 2017 - 06:58 WIB

Nelayan sedang mencoba konverter kit pada tabung gas LPG 3 Kg (Foto Ist)
Nelayan sedang mencoba konverter kit pada tabung gas LPG 3 Kg (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan tahun depan akan membagikan 40 ribu konverter kit gratis kepada nelayan. Program pembagian konverter kit gratis ini adalah bagian dari upaya konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi Bahan Bakar Gas (BBG).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, Ego Syahrial mengatakan, jumlah konverter kit yang akan diberikan di tahun depan memang lebih besar dibandingkan tahun ini. Hal itu karena tahun pembagian konverter kit tidak sesuai target.

"Akhirnya kita alihkan ke 2018 menjadi sekitar 40.000," kata Ego kepada awak media, Rabu (11/10/2017)

Ia menyebutkan, tahun ini seharusnya 24.000 konverter kit dibagikan kepada nelayan. Namun yang bisa tereksekusi hingga akhir tahun sekitar 16.000 unit. Ada masalah pendataan sehingga pembagian konverter kit tidak bisa terlaksana semuanya.

"Seharusnya tahun ini 24.000 hanya bisa dieksekusi kan 16.000 terkait masalah pendataan segala macam," ucap dia.

Untuk itu, ia berharap, tahun depan pendataan yang dilakukan lebih matang sehingga target pembagian konverter kit seluruhnya tercapai.

"Kalau sekarang kan persiapan lebih matang lagi," imbuh dia.

Seperti diketahui, program Konversi BBM ke BBG untuk nelayan pertama kali dilaksanakan pada 2016. Telah dibagikan 5.473 unit paket Konkit di 10 Kabupaten/Kota di 5 Provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Pada 2017 Pemerintah telah menetapkan 16.981 unit paket Konkit untuk dibagikan di 26 Kabupaten/Kota dengan total anggaran Rp120,92 miliar.

  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Transportasi di Jakarta (Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:22 WIB

Dongkrak Daya Saing, Perusahaan Transportasi Minta Insentif Pajak dari Pemerintah

Perusahaan transportasi berharap adanya insentif pajak dari pemerintah berupa pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN).

Presiden Jokowi dan TGB (Foto Setkab)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:19 WIB

Presien Jokowi Terus Godok Siapa Cawapresnya, Temasuk Diantaranya TGB

Presiden RI Joko Widodo masih mematangkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya maju dalam Pemilihan Umum Presiden 2019.

 Komunitas Ekonomi Jogja Istimewa untuk NYIA saat menyampaikan deklarasi dukungan percepatan bandara.(Foto: IST)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:16 WIB

Untuk Perkembangan Pariwisata, Masyarakat Ekonomi Jogja Penuh NYIA

Untuk perkembangan industri pariwisata di Yogyakarta, Masyarakat Ekonomi Jogja Istimewa menyatakan petisi dukungan terhadap Bandara Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:15 WIB

Masuk Daftar Negara Tidak Aman, India Luncurkan Kampanye Keselamatan

India, sebagai negara yang terkenal akan keindahan alam dan memiliki budaya yang unik ini dinilai berbahaya bagi perempuan. Pada baru-baru ini, Kementerian Pariwisata India meluncurkan sebuah…

Rahmad Baagil. adalah Pengajar pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, (Foto Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:10 WIB

Try Out Menjelang Pemilu 2019

Pilkada serentak telah dilakasanakan dengan baik. Para kandidiat sudah mengetahui hasil akhir versi real count, walau ada beberapa perbedaan hasil di beberapa daerah, ada bebagai indikasi kecurangan…