September 2017, ANTAM Habiskan Rp1,32 Miliar Untuk Biaya Eksplorasi Preliminary

Oleh : Hariyanto | Rabu, 11 Oktober 2017 - 17:06 WIB

Ilustrasi Pertambangan (dok-Antam)
Ilustrasi Pertambangan (dok-Antam)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk telah menghabiskan biaya eksplorasi preliminary sebesar Rp1,32 miliar pada September 2017. Sekretaris Perusahaan Aprilandi Hidayat Setia menuturkan, biaya ini difokuskan untuk komoditas emas dan nikel.

Pada bulan September tahun ini, kegiatan eksplorasi emas Antam dilaksanakan di Pongkor, Jawa Barat, eksplorasi luar negeri, dan tinjauan ke beberapa daerah.

Di wilayah ini, kegiatan yang dilakukan yakni pemerian inti bor, percontoan inti bor, dan pemboran inti bantuan. Total biaya eksplorasi prelimirary emas Antam pada September mencapai Rp409,74 juta.

Sementara eksplorasi nikel dilakukan di daerah Pomalaan, Sulawesi Tenggara yang terdiri atas pemetaan geologi, percontoan core, loggibg core, pemboran single dan pengukuran grid. Total biaya eksplorasi preliminary nikel sekitar Rp910,73 miliar.

Pada paruh pertama tahun ini, penjualan emas Antam turun sekitar 38% atau menjadi 3.298 kg dari 5.392 kg periode yang sama tahun lalu. Kondisi ini dipicu oleh adanya gangguan fasilitas pemurnian logam mulia yang terjadi di awal 2017.

Selain emas, volume penjualan feroniel Antam juga turun 4% atau menjadi 7.791 onnes of Nickel Contained in Ferronickel (TNi) dari periode serupa tahun lalu sebanyak 8.092 TNi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan tekhnisi AC

Rabu, 19 September 2018 - 21:41 WIB

GMT Institute Dukung Yoofix Sediakan Tenaga Kerja Terampil dan Professional

Kegiatan assessment ini untuk mengetahui kapasitas fixer yang selanjutnya dilakukan pengembangan dan optimalisasi yang akhirnya mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi…

Kementerian Koperasi Gelar Bimtek Pengawsan Koperasi yang dilaksanakan di Gorontalo 19-20 September 2018 ini diikuti Satgas Pengawas Koperasi dan Satgas Pengawas Usaha Simpan Pinjam se Provinsi Gorontalo.

Rabu, 19 September 2018 - 21:34 WIB

Perkuat Pengawasan Koperasi Melalui Peningkatan IT

Kementerian Koperasi dan UKM terus memberikan pembekalan terhadap satuan tugas pengawasan koperasi di daerah terkait pemahaman regulasi. Pembekalan ini sekaligus memberikan dukungan kepada satgas…

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka pameran Ulos Hangoluan (Foto: Dok. Kemenpar)

Rabu, 19 September 2018 - 18:45 WIB

Buka Pameran Ulos Hangoluan dan Tondi, Menpar Dibuat Kagum

Kain khas Suku Batak, Ulos, ternyata memiliki nilai yang sangat tinggi. Ulos pun punya peranan penting dalam kehidupan warga Suku Batak. Makna inilah yang coba disampaikan dalam pameran Ulos,…