September 2017, ANTAM Habiskan Rp1,32 Miliar Untuk Biaya Eksplorasi Preliminary

Oleh : Hariyanto | Rabu, 11 Oktober 2017 - 17:06 WIB

Ilustrasi Pertambangan (dok-Antam)
Ilustrasi Pertambangan (dok-Antam)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk telah menghabiskan biaya eksplorasi preliminary sebesar Rp1,32 miliar pada September 2017. Sekretaris Perusahaan Aprilandi Hidayat Setia menuturkan, biaya ini difokuskan untuk komoditas emas dan nikel.

Pada bulan September tahun ini, kegiatan eksplorasi emas Antam dilaksanakan di Pongkor, Jawa Barat, eksplorasi luar negeri, dan tinjauan ke beberapa daerah.

Di wilayah ini, kegiatan yang dilakukan yakni pemerian inti bor, percontoan inti bor, dan pemboran inti bantuan. Total biaya eksplorasi prelimirary emas Antam pada September mencapai Rp409,74 juta.

Sementara eksplorasi nikel dilakukan di daerah Pomalaan, Sulawesi Tenggara yang terdiri atas pemetaan geologi, percontoan core, loggibg core, pemboran single dan pengukuran grid. Total biaya eksplorasi preliminary nikel sekitar Rp910,73 miliar.

Pada paruh pertama tahun ini, penjualan emas Antam turun sekitar 38% atau menjadi 3.298 kg dari 5.392 kg periode yang sama tahun lalu. Kondisi ini dipicu oleh adanya gangguan fasilitas pemurnian logam mulia yang terjadi di awal 2017.

Selain emas, volume penjualan feroniel Antam juga turun 4% atau menjadi 7.791 onnes of Nickel Contained in Ferronickel (TNi) dari periode serupa tahun lalu sebanyak 8.092 TNi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (FotoIst)

Rabu, 26 September 2018 - 06:30 WIB

Pakar Ekonomi Perlu Perdalam Analisis Perilaku Pasar

Pakar ekonomi dan akademisi perlu memperdalam analisis dan survei mengenai perilaku pelaku pasar, kata Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah.

Ilustrasi Surat Utang Negara (SUN) (Antaranews.com)

Rabu, 26 September 2018 - 06:15 WIB

Lelang SUN Serap Rp 20 Triliun

Pemerintah menyerap dana sebesar Rp20 triliun dari lelang enam seri Surat Utang Negara (SUN) untuk memenuhi sebagian pembiayaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dengan total penawaran…

Bank Indonesia

Rabu, 26 September 2018 - 06:00 WIB

BI Optimis Nilai Rupiah Kembali Stabil

Bank Indonesia (BI) optimistis nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat bisa stabil dari saat ini yang masih di kisaran Rp14.810.

KKP Dorong Industri Mutiara Nasional Bersaing di Kancah Dunia

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Investor Tiongkok akan Berinvestasi Budi Daya Mutiara di Flores Timur

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Flores Timur Yohanes Kopong mengatakan sebanyak lima perusahaan berminat menamamkan modalnya atau berinvestasi…

Presiden Jokowi hUT Kadin (Foto Herlambang)

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Bergabungnya Rosan ke TKN Tak Pengaruhi Netralitas Pengusaha

Bergabungnya Ketua Umum Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf tidak memengaruhi netralitas pengusaha, kata Ketua Bidang Organisasi…