Kawasan Industri JIIPE Tawarkan Klaster Clean Block

Oleh : Hariyanto | Rabu, 11 Oktober 2017 - 07:33 WIB

Kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) (Foto Ist)
Kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kawasan industri terintegrasi Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) menawarkan klaster "clean block" yang diperuntukkan bagi industri makanan, minuman, farmasi, dan kosmetik seluas 50 hektare kepada calon investor yang berminat.

CEO PT AKR Corporindo Tbk Haryanto Adikoesoemo dalam acara "Investment Outlook" terkait perkembangan kawasan industri terintegasi di Jakarta, Selasa, mengatakan saat ini baru satu perusahaan makanan yang sudah membangun pabrik di blok tersebut.

"Sekarang sudah ada Nippon Indosari Corpindo atau Sari Roti yang sudah masuk," ujarnya.

Kendati demikian, Haryanto menambahkan ada beberapa industri dalam negeri yang sudah menyampaikan minat untuk masuk ke kawasan tersebut.

Klaster "clean block" adalah area industri yang dikhususkan untuk industri yang bersih dan biasanya digunakan oleh industri makanan minuman, farmasi, kosmetik dan produk konsumsi.

Haryanto menilai dibuatnya klaster itu akan membuat sinergi dan efisiensi bagi para investor. Pasalnya, JIIPE mengusung kawasan industri terintegrasi pelabuhan yang diklaim memudahkan sistem logistik dan dapat menekan biaya produksi.

"Saya rasa kami yang pertama kali membuat 'clean block' seperti ini. Kami belum lihat kawasan lain yang mengkhususkan untuk industri bersih," katanya.

Haryanto menilai dibangunnya area khusus "clean block" berdasarkan pengamatan bahwa industri makanan dan minuman serta farmasi memiliki potensi untuk bisa berkembang pesat.

"Ke depan, dengan BPJS Kesehatan yang target pesertanya bisa mencapai 250 juta pada 2019, permintaan pengobatan akan lebih besar lagi sehingga Indonesia perlu lebih banyak bangun pabrik farmasi," katanya.

Total area industri JIIPE yang dibangun di Gresik, Jawa Timur, mencapai hampir 300 hektare dari 1.800 hektare rencana utama. Ada lima klaster industri yang dibangun yakni smelter, "clean block" (area bersih), "liquid block" (area cair), "multipurpose" (area serbaguna) dan area logistik (warehousing).

Beroperasi sejak dua tahun lalu, JIIPE mempunyai dua "tenant" yang telah beroperasi, dua "tenant" (penyewa/investor) yang masih dalam proses konstruksi dan tiga "tenant" yang akan segera membangun. Ada pun jenis industrinya antara lain industri garam, pupuk, beton precast, kemasan air mineral, minyak kastrol dan roti.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…