Kawasan Industri JIIPE Tawarkan Klaster Clean Block

Oleh : Hariyanto | Rabu, 11 Oktober 2017 - 07:33 WIB

Kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) (Foto Ist)
Kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kawasan industri terintegrasi Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) menawarkan klaster "clean block" yang diperuntukkan bagi industri makanan, minuman, farmasi, dan kosmetik seluas 50 hektare kepada calon investor yang berminat.

CEO PT AKR Corporindo Tbk Haryanto Adikoesoemo dalam acara "Investment Outlook" terkait perkembangan kawasan industri terintegasi di Jakarta, Selasa, mengatakan saat ini baru satu perusahaan makanan yang sudah membangun pabrik di blok tersebut.

"Sekarang sudah ada Nippon Indosari Corpindo atau Sari Roti yang sudah masuk," ujarnya.

Kendati demikian, Haryanto menambahkan ada beberapa industri dalam negeri yang sudah menyampaikan minat untuk masuk ke kawasan tersebut.

Klaster "clean block" adalah area industri yang dikhususkan untuk industri yang bersih dan biasanya digunakan oleh industri makanan minuman, farmasi, kosmetik dan produk konsumsi.

Haryanto menilai dibuatnya klaster itu akan membuat sinergi dan efisiensi bagi para investor. Pasalnya, JIIPE mengusung kawasan industri terintegrasi pelabuhan yang diklaim memudahkan sistem logistik dan dapat menekan biaya produksi.

"Saya rasa kami yang pertama kali membuat 'clean block' seperti ini. Kami belum lihat kawasan lain yang mengkhususkan untuk industri bersih," katanya.

Haryanto menilai dibangunnya area khusus "clean block" berdasarkan pengamatan bahwa industri makanan dan minuman serta farmasi memiliki potensi untuk bisa berkembang pesat.

"Ke depan, dengan BPJS Kesehatan yang target pesertanya bisa mencapai 250 juta pada 2019, permintaan pengobatan akan lebih besar lagi sehingga Indonesia perlu lebih banyak bangun pabrik farmasi," katanya.

Total area industri JIIPE yang dibangun di Gresik, Jawa Timur, mencapai hampir 300 hektare dari 1.800 hektare rencana utama. Ada lima klaster industri yang dibangun yakni smelter, "clean block" (area bersih), "liquid block" (area cair), "multipurpose" (area serbaguna) dan area logistik (warehousing).

Beroperasi sejak dua tahun lalu, JIIPE mempunyai dua "tenant" yang telah beroperasi, dua "tenant" (penyewa/investor) yang masih dalam proses konstruksi dan tiga "tenant" yang akan segera membangun. Ada pun jenis industrinya antara lain industri garam, pupuk, beton precast, kemasan air mineral, minyak kastrol dan roti.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Utang Luar Negeri

Selasa, 17 Juli 2018 - 16:11 WIB

BI Rilis Utang Luar Negeri Indonesia Per Mei Sebesar Rp 5.155,6 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tumbuh melambat pada akhir Mei 2018.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 17 Juli 2018 - 16:04 WIB

Industri Manufaktur Dongkrak Ekspor RI ke Australia

Industri manufaktur berperan besar dalam mendongkrak peningkatan nilai ekspor Indonesia, salah satunya ke negara tujuan seperti Australia.

WK Migas

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:58 WIB

Kementerian ESDM Tandatangani 3 Kontrak Gross Split Hasil Penawaran Wilayah Kerja Migas 2018

Kementerian Energi dan Sumber dan Sumber Daya Mineral kembali melakukan penandatanganan kontrak bagi hasil Gross Split hasil penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas tahun 2018 yang dilaksanakan di…

Menhub Budi Karya Sumadi

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:40 WIB

Menhub: Biaya Perbaikan Jalan Capai Rp 43 Triliun Pertahun

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini masih banyak truk kelebihan muatan dan ukuran beroperasi di jalanan sehingga menyebabkan jalan rusak.

Memasuki era revolusi industry 4.0 hampir segala sektor terdigitalisasi. Hal itu pula yang melatarbelakangi platform GazEgaz.com

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:20 WIB

GazEgaz Hadir Sebagai Platform Industri Energi dan Pertambangan

Memasuki era revolusi industry 4.0 hampir segala sektor terdigitalisasi. Hal itu pula yang melatarbelakangi platform GazEgaz.com