Borobudurpedia, Permudah Wisatawan Mencari Informasi Lewat Aplikasi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 Oktober 2017 - 17:42 WIB

Ilustrasi borobudur-IST
Ilustrasi borobudur-IST

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Selain mengajukan sebagai Memory of the World, Balai Konservasi Borobudur juga membuat suatu aplikasi yang berguna untuk memberikan informasi mengenai Candi Borobudur kepada wisatawan.

Nantinya, informasi ini dikemas dalam bentuk buku, versi web bahkan dalam versi aplikasi di Android yang nantinya bisa diunduh melalui PlayStore.

"Apapun tentang Candi Borobudur kami tampilkan dan kalau sekarang, banyak yang menulis persepsi sendiri tentang Candi Borobudur, misalnya di Facebook atau medsos lainnya, sebenarnya itu tidak sesuai dengan Candi Borobudur itu sendiri," kata Marsis Sutopo, Kepala Balai Konservasi Borobudur kepada Industry.co.id, di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Oleh karenanya, tambah dia,  kami sebagai Pengelola Candi membuat aplikasi lain yakni Borobudurpedia. "Sehingga Borobudur bisa dilihat dari berbagai sisi tapi ini informasi kami dari yang berwenang jadi informasi yang benar," katanya.

Dari Borobudurpedia karena dikelola oleh yang ahli dibidangnya, seperti pembaca bisa turut aktif seperti di Wikipedia. "Jadi, pembaca bisa kasih info atau masukan kalau tentang kami Candi Borobudur dan infromasinya disusun secara alpabet A sampai Z," sambungnya.

"Jadi yang tiap masuk ke dalam web ataupun versi android dapat juga ikut menjadi kontributor dengan ikut mengirimkan masukkan berbagai informasi tentang Candi Borobudur," ungkap Marsis.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…