Indonesia Ajukan Empat Arsip Sejarah ke UNESCO

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 Oktober 2017 - 17:37 WIB

Lukisan Candi Borobudur (Fot Dije)
Lukisan Candi Borobudur (Fot Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Tidak hanya Candi Borobudur yang diajukan sebagai Memory of the World  atau sebagai ingatan kolektif dunia, ada empat arsip yang sudah diajukan oleh Balai Konservasi Borobudur.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Najamudin Ramly, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Tahun 2016 lalu, kami usulkan empat arsip selain Borobudur, yang terdiri dari Arsip Gerakan Non Blok, Arsip Cerita Panji dan Museum Tsunami, Aceh. Karena modal semangat maka inilah yang kami ajukan keempat nominasi tersebut ke UNESCO," kata Ramly, Selasa (10/10/2017)

Tujuannya, tambah dia untuk menjadikan dokumen atau arsip tersebut dapat lebih dikenal dan meningkatkan kesadaran untuk pelestariannya.

"Manfaat lainnya yakni bagi publik, karena dengan melihat dan mengetahui arsip tersebut dapat menambahkan nilai sejarah dan  pengakuan dari unesco nantinya akan kita lestarikan dan kita pertanggung jawabkan,"

Selain itu, menurut Marsis Sutopo selaku Kepala Balai Konsrervasi Borobudur, mengatakan, "Nanti akan diadakan sidang oleh Unesco, yang nantinya akan diumumkan pada sekitar tanggal 27 Oktober 2017 atau 3 November 2017 mendatang," imbuhnya, Marsi

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat Pameran Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Foto: Kemenperin)

Rabu, 27 Maret 2019 - 10:10 WIB

Menperin Dorong Warga Binaan Lapas Pasarkan Produk Lewat e-Smart IKM

Ditengah bergulirnya era industri 4.0 dan ekonomi digital, pasar online kini menjadi suatu basis penting dalam memajukan industri dalam negeri sekaligus sebagai unjuk taji produk dalam negeri…

Kementerian PUPR Lakukan Penghijauan di Ruas Tol Bocimi

Rabu, 27 Maret 2019 - 10:00 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Penghijauan di Ruas Tol Bocimi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan berbagai upaya penghijauan di sekitar lokasi infrastruktur yang telah dibangun seperti pada bendungan, sungai, embung,…

President Special Needs Center kunjungi Senior Living D'Khayangan

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:45 WIB

Peringati Hari Down Sydrome Sedunia, Puluhan Anak Hebat Bersuka Ria Bersama di Senior Living D'Khayangan

Bertepatan dengan Hari Down Sydrome Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret setiap tahunnya, President Special Needs Center mengunjungi Senior Living D'Khayangan untuk bersuka ria bersama para…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.