Indonesia Ajukan Empat Arsip Sejarah ke UNESCO

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 Oktober 2017 - 17:37 WIB

Lukisan Candi Borobudur (Fot Dije)
Lukisan Candi Borobudur (Fot Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Tidak hanya Candi Borobudur yang diajukan sebagai Memory of the World  atau sebagai ingatan kolektif dunia, ada empat arsip yang sudah diajukan oleh Balai Konservasi Borobudur.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Najamudin Ramly, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Tahun 2016 lalu, kami usulkan empat arsip selain Borobudur, yang terdiri dari Arsip Gerakan Non Blok, Arsip Cerita Panji dan Museum Tsunami, Aceh. Karena modal semangat maka inilah yang kami ajukan keempat nominasi tersebut ke UNESCO," kata Ramly, Selasa (10/10/2017)

Tujuannya, tambah dia untuk menjadikan dokumen atau arsip tersebut dapat lebih dikenal dan meningkatkan kesadaran untuk pelestariannya.

"Manfaat lainnya yakni bagi publik, karena dengan melihat dan mengetahui arsip tersebut dapat menambahkan nilai sejarah dan  pengakuan dari unesco nantinya akan kita lestarikan dan kita pertanggung jawabkan,"

Selain itu, menurut Marsis Sutopo selaku Kepala Balai Konsrervasi Borobudur, mengatakan, "Nanti akan diadakan sidang oleh Unesco, yang nantinya akan diumumkan pada sekitar tanggal 27 Oktober 2017 atau 3 November 2017 mendatang," imbuhnya, Marsi

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…