KAI Gandeng Wika Kembangkan Kawasan TOD di Stasiun Pasar Senen

Oleh : Hariyanto | Selasa, 10 Oktober 2017 - 13:19 WIB

WIKA
WIKA

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) gandeng PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) mengembangkan kawasan berkonsep Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta dengan investasi mencapai Rp500 miliar.

Sinergi kedua perusahaan BUMN ini ditandai dengan groundbreaking TOD Stasiun Pasar Senen yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dan Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo.

Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo mengatakan pengembangan kawasan tersebut akan berlangsung selama empat tahun dengan jangka waktu kerjasama usaha selama lima puluh tahun.

"Pembangunan kawasan berkonsep TOD di Pasar Senen merupakan upaya mendukung program pemerintah untuk membangun satu juta rumah," kata Bintang kepada pers di Jakarta, Selasa (10/10/2017) .

Menurutnya, langkah ini juga merupakan salah satu wujud komitmen perseroan dalam mendukung program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perumahan.

"WIKA siap mendukung dengan bersinergi dengan berbagai BUMN pemilik lahan dalam hal ini KAI, untuk mewujudkan pembangunan TOD di area sekitar Stasiun Pasar Senen," ujarnya.

Ke depan, WIKA bersama KAI berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dalam mewujudkan program satu juta rumah dengan membangun kawasan TOD di aset-aset tanah milik KAI yang terintegrasi dengan stasiun untuk memudahkan mobilitas warga.

Sementara, Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro berharap pengembangan TOD Pasar Senen akan menghadirkan manfaat bagi masyarakat dan memperkuat lini bisnis kedua BUMN.

"Pengembangan kawasan TOD Pasar Senen yang diresmikan hari ini akan mendukung perbaikan tata kota khususnya di wilayah padat penduduk seperti Pasar Senen. Mobilisasi masyarakat juga akan terbantu karena kawasan ini langsung terintegrasi dengan stasiun kereta api Pasar Senen," terangnya.

Adapun sinergi WIKA dan KAI merupakan dukungan BUMN terhadap program Presiden RI dan Kementerian PUPR untuk menyediakan satu juta rumah bagi masyarakat.

WIKA dipercaya sebagai pengembang untuk membangun 480 unit rusun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), 882 unit apartemen untuk masyarakat menengah ke bawah dan kawasan komersil yang berada di atas lahan seluas 8.560 m2 milik KAI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…