Jumat Besok, Buruh Awak Mobil Tangki Pertamina Lakukan Long March

Oleh : Hariyanto | Selasa, 10 Oktober 2017 - 13:04 WIB

Pertamina (berdikari)
Pertamina (berdikari)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebanyak 50 buruh Awak Mobil Tangki (AMT) Pertamina akan melakukan long march pada Jumat  (13/10/2017) besok, di  Jakarta. Mereka berasal dari 1.095 buruh dari 9 depot di berbagai provinsi yang berada dalam sengketa PHK melawan Pertamina Patra Niaga dan Elnusa Petrofin.

“Kita memprotes sistem yang menindas melalui mogok kerja pada lebaran lalu,” kata Ketua  AMT, Nuranmo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dalam keterangan tersebut disebutkan, bagi buruh AMT, persoalan penindasan di Pertamina juga terjadi di berbagai BUMN, seperti PLN.

Para buruh yang sebagian berasal dari Bandung Jawa Barat ini, akan menyampaikan tema kampanye dan protes dengan tuntutan, “Gugat Negara, Selamatkan BUMN.” Gugatan tersebut mendesak untuk dilakukan pembenahan sistem pengelolaan BUMN.

Buruh yang tergabung dalam Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), kata Nuranmo, menganggap telah terjadi salah urus BUMN, tidak hanya Pertamina Patra Niaga dan PT. Elnusa Petrofin, yang merugikan keuangan negara, konsumen, dan memiskinkan para buruhnya melalui sistem outsourcing.

“Para buruh akan bergaya seperti zombi untuk memberikan pesan bahwa buruh BUMN berada dalam kondisi ½ mati untuk sekedar bertahan hidup,” tegasnya.

Aksi yang akan menuntut pembenahan BUMN ini juga mendapat dukungan dari sejumlah gerakan buruh dan gerakan masyarakat sipil lainnya, seperti KSPI, KASBI, GSBI, SP Bank Permata, LBH Jakarta, Konsorsium Pembaharuan Agraria, Federasi Mahasiswa Kerakyatan, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi dan Serikat Mahasiswa Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MUI Kiai Ma'ruf Amin bersama Ulama menggelar konfrensi Pers aksi bela palestina 1712 (foto hidayatulah)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:58 WIB

Ma'ruf Amin Pastikan Aksi Bela Palestina Tidak Ada Unsur Politis

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menegaskan tidak ada unsur politik praktis dalam aksi bela Palestina yang akan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Minggu (17/12).…

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:37 WIB

Enam Usulan Indonesia Terkait Penyelesaian Masalah Palestina

Presiden juga sudah menyampaikan enam usulan Indonesia dalam KTT luar biasa OKI.

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:30 WIB

Presiden Jokowi Yakin Aksi Bela Palestina Berlangsung Tertib

Presiden Joko Widodo meyakini Aksi Bela Palestina yang akan berlangsung pada 17 Desember 2017 atau disebut aksi 1712 berlangsung dengan tertib.

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:15 WIB

Menpora Harapkan Pemuda Harus Siap Tanggulangi Bencana

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi meminta pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) dan Barisan Serbaguna NU (Banser) siap dalam penanggulangan bencana alam.

Presiden Jokowi menghadiri Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Sabtu, (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:10 WIB

Presiden Jokowi Tetap Monitor Penanganan Gempa Sejumlah Daerah

Presiden Joko Widodo terus memantau penanganan gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter yang mengguncang wilayah bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta pada Jumat (15/12/2017)…