Jumat Besok, Buruh Awak Mobil Tangki Pertamina Lakukan Long March

Oleh : Hariyanto | Selasa, 10 Oktober 2017 - 13:04 WIB

Pertamina (berdikari)
Pertamina (berdikari)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebanyak 50 buruh Awak Mobil Tangki (AMT) Pertamina akan melakukan long march pada Jumat  (13/10/2017) besok, di  Jakarta. Mereka berasal dari 1.095 buruh dari 9 depot di berbagai provinsi yang berada dalam sengketa PHK melawan Pertamina Patra Niaga dan Elnusa Petrofin.

“Kita memprotes sistem yang menindas melalui mogok kerja pada lebaran lalu,” kata Ketua  AMT, Nuranmo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dalam keterangan tersebut disebutkan, bagi buruh AMT, persoalan penindasan di Pertamina juga terjadi di berbagai BUMN, seperti PLN.

Para buruh yang sebagian berasal dari Bandung Jawa Barat ini, akan menyampaikan tema kampanye dan protes dengan tuntutan, “Gugat Negara, Selamatkan BUMN.” Gugatan tersebut mendesak untuk dilakukan pembenahan sistem pengelolaan BUMN.

Buruh yang tergabung dalam Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), kata Nuranmo, menganggap telah terjadi salah urus BUMN, tidak hanya Pertamina Patra Niaga dan PT. Elnusa Petrofin, yang merugikan keuangan negara, konsumen, dan memiskinkan para buruhnya melalui sistem outsourcing.

“Para buruh akan bergaya seperti zombi untuk memberikan pesan bahwa buruh BUMN berada dalam kondisi ½ mati untuk sekedar bertahan hidup,” tegasnya.

Aksi yang akan menuntut pembenahan BUMN ini juga mendapat dukungan dari sejumlah gerakan buruh dan gerakan masyarakat sipil lainnya, seperti KSPI, KASBI, GSBI, SP Bank Permata, LBH Jakarta, Konsorsium Pembaharuan Agraria, Federasi Mahasiswa Kerakyatan, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi dan Serikat Mahasiswa Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kelapa Sawit (agroindonesia)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:43 WIB

Tandatangani MoU, Industri Kelapa Sawit RI-India Sepakati Perkembangan Berkelanjutan

Pada hari ini, Senin (16/7/2018) telah ditandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI),Solvent Extractors Association (SEA) India,…

Ilustrasi Transportasi di Jakarta (Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:22 WIB

Dongkrak Daya Saing, Perusahaan Transportasi Minta Insentif Pajak dari Pemerintah

Perusahaan transportasi berharap adanya insentif pajak dari pemerintah berupa pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN).

Presiden Jokowi dan TGB (Foto Setkab)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:19 WIB

Presien Jokowi Terus Godok Siapa Cawapresnya, Temasuk Diantaranya TGB

Presiden RI Joko Widodo masih mematangkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya maju dalam Pemilihan Umum Presiden 2019.

 Komunitas Ekonomi Jogja Istimewa untuk NYIA saat menyampaikan deklarasi dukungan percepatan bandara.(Foto: IST)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:16 WIB

Untuk Perkembangan Pariwisata, Masyarakat Ekonomi Jogja Dukung Penuh NYIA

Untuk perkembangan industri pariwisata di Yogyakarta, Masyarakat Ekonomi Jogja Istimewa menyatakan petisi dukungan terhadap Bandara Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:15 WIB

Masuk Daftar Negara Tidak Aman, India Luncurkan Kampanye Keselamatan

India, sebagai negara yang terkenal akan keindahan alam dan memiliki budaya yang unik ini dinilai berbahaya bagi perempuan. Pada baru-baru ini, Kementerian Pariwisata India meluncurkan sebuah…