Industri Mamin Berperan Penting Terhadap Produk Domestik Bruto

Oleh : Ridwan | Selasa, 10 Oktober 2017 - 12:33 WIB

Menperin Airlangga Hartarto Resmi Buka Pameran Produk Industri Mamin (Foto Ridwan)
Menperin Airlangga Hartarto Resmi Buka Pameran Produk Industri Mamin (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian terus tingkatkan pertumbuhan industri makanan dan minuman (mamin) nasional. Selain menciptakan iklim investasi yang kondusif, Kemenperin juga terus memfasilitasi promosi produk industri mamin baik dalam maupun luar negeri.

Industri mamin mempunyai peranan penting dalam pembangunan sektor industri terutama kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) industri non migas sebesar 34,42 persen pada triwulan kedua tahun 2017.

"Indonesia dengan jumlah penduduk hampir mencapai 2,6 juta orang merupakan pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Apabila para pelaku industri mamin dapat memanfaatkan potensi tersebut, industri ini akan tumbuh dengan baik," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat membuka Pameran Produk Industri Makanan dan Minuman di Plasa Industri Kementerian Perindustrian, Selasa (10/10/2017).

Ia menambahkan, walaupun mengalami perlambatan, pertumbuhan industri mamin pada kuartal kedua tahun 2017 mencapai 7,19 persen. "Hal ini menunjukkan bahwa sektor industri mamin mempunyai peran yang cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional," tambahnya.

Peranan tersebut juga dapat dilihat dari sumbangan nilai ekspor produk mamin termasuk minyak kelapa sawit pada periode Januari-Juni 2017 sebesar US$ 15,4 miliar. Sementara itu realisasi investasi sektor makanan sampai dengan triwulan kedua tahun 2016 sebesar Rp21,6 triliun untuk PMDN dan US$ 1,2 miliar untuk PMA.

Industri mamin menduduki posisi strategis dalam penyediaan produk siap saji yang aman, bergizi dan bermutu. "Oleh karena itu, agar memenuhi ketiga aspek tersebut langkah yang dilakukan antara lain mendorong penerapan SNI, Good Manufacturing Practices (GMP), dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), Food Hygiene, Food Safety, Food Sanitation, serta penerapan standar pangan internasional," ucap Airlangga.

Menurut Airlangga, dalam persaingan global saat ini, Indonesia berpartisipasi aktif di dalam forum Codex Allimentarius Commission (CAC) yang bertujuan untuk membahas standar mutu dan keamanan pangan dunia yang terkait dengan kepentingan industri.

"Dalam proses integrasi Asean Economic Community (AEC) pada tahun ini, sektor pangan merupakan salah satu sektor yang akan dipercepat pelaksanaannya," katanya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik farmasi PT Ethica

Kamis, 23 November 2017 - 18:12 WIB

Kemenperin Perdalam Struktur Industri Farmasi Nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya strategis ini untuk mengurangi…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia

Kamis, 23 November 2017 - 18:00 WIB

Selain Jawa Tengah, NTT Rawan Perdagangan Manusia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yembise mengatakan Nusa Tenggara Timur masuk dalam zona merah "human trafficking" atau perdagangan manusia.

Menperin Airlangga resmikan Pabrik Farmasi di Cikarang Bekasi

Kamis, 23 November 2017 - 17:01 WIB

Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Farmasi Senilai Rp1 Triliun

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini, Kamis (23/11/2017) meresmikan pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Kamis, 23 November 2017 - 16:54 WIB

Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru Guna Tingkatkan Nilai Tambah CPO

Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik, dengan didorong oleh aktivitas industri pengolahan kelapa sawit.

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

Kamis, 23 November 2017 - 16:30 WIB

Menhub Budi Karya Tnjau Pengoperasian Kereta Bandara Soetta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Stasiun Sudirman Baru Jakarta, menggunakan kereta inspeksi, Kamis (23/11/2017)