Toba Bara Sejahtera Selesaikan Pembiayaan Proyek PLTGU Senipah di Kalimantan Timur

Oleh : Hariyanto | Senin, 09 Oktober 2017 - 18:24 WIB

PT Toba Bara Sejahtra Tbk (Ist)
PT Toba Bara Sejahtra Tbk (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Toba Bara Sejahtra Tbk (TOBA) telah mencapai financial close alias penyelesaian pembiayaan untuk proyek ekspansi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Senipah dengan kapasitas 117 MW di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Direktur Utama PT Kartanegara Energi Perkasa (KEP), yang merupakan anak usaha TOBA yang menggarap proyek ini, Hamid Awaludin mengatakan proyek IPP PLTGU Senipah merupakan bagian dari Program Listrik Nasional 35 ribu Megawatt (MW)."Kami berharap rasio elektrivikasi bisa meningkat," kata Hamid di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Pada saat yang sama, Direktur Keuangan KEP, Juli Oktarina mengatakan, financial close proyek ini merupakan langkah awal dimulainya proses konstruksi ekspansi PLTGU Senipah menjadi 117 MW.

Menurut Juli, proyek ini membutuhkan dana sekitar US$150 juta hingga US$165 juta. Hingga saat ini, KEP telah memperoleh pembiayaan sebesar US$66 juta dari Bank BNI Tbk yang berkode saham BBNI untuk pendanaan proyek ini. Rencananya, BNI sebagai mandated lead arranger akan bersindikasi dengan Bank BRI yang berkode saham BBRI.

Saat ini PLTG Senipah menyalurkan listrik ke PT PLN (Persero) di wilayah Kalimantan Timur dan Utara melalui sistem jaringan transmisi Mahakam yang didistribusikan ke Kalimantan timur, termasuk Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong.

Dengan demikian, alasan dilakukan ekspansi PLTGU Senipah adalah untuk memenuhi proyeksi pertumbuhan kebutuhan listrik sebesar 10% per tahun di wilayah tersebut. Adapun PLTGU Senipah akan beroperasi selama 25 tahun sejak COD Simple Cycle 82 MW atau sampai Maret 2040.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar Sulsel

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…

 Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:24 WIB

Platform Sourcing Terbesar Industri TPT di Indonesia Hadapi Era Industri 4.0

Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:12 WIB

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Rl berkomitmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…