PLN Akan Gratiskan Listrik Untuk Pulau Terpencil Indonesia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 06 Oktober 2017 - 16:27 WIB

Tower Listrik PLN (Ist)
Tower Listrik PLN (Ist)

INDUSTRY.co.id - Banten - Perusahaan Listrik Negara (PLN) memfokuskan program tanggung jawab sosial (CSR) di wilayah Indonesia bagian timur dengan memberikan penerangan listrik secara gratis di salah satu pulau terpencil Indonesia.

"BUMN itu tidak harus untung, ada hal yang memang tanggung jawab untuk kesejahteraan rakyat, nah PLN tergerak di bidang listrik tersebut untuk pemenuhan listrik, gratis kalau perlu," kata Direktur Utama PLN Sofyan Basir usai peresmian PLTU Jawa 7,9 dan 10 di Banten, Kamis (5/10/2017).

Ia mengatakan, PLN baru saja mengalirkan listrik ke salah satu pulau paling ujung di Indonesia, yaitu Pulau Liran, Maluku Barat Daya, yang nyaris berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Di pulau tersebut, Ia menjelaskan, ada sebanyak 380 Kepala Keluarga atau sekitar 1.300 orang mengalami gelap gulita seumur hidup di Indonesia.

Tentu saja, secara hitung-hitungan PLN mengalami kerugian untuk proyek di Pulau Liran. Namun, memang PLN sebagai salah satu BUMN tidak selalu mencari untung ada tiap proyeknya, serta berusaha menutupinya dari proyek yang lain.

Sofyan mengatakan, setiap bulannya masyarakat Pulau Liran banyak yang tidak pernah memegang uang, atau tidak memiliki uang sama sekali. Dan mereka terbiasa bertahan hidup dengan mengandalkan alam seperti berburu ikan serta bercocok tanam.

"Bagaimana bisa bayar kalau mereka tidak pernah memegang uang? makanya kami berikan secara cuma-cuma. Saya tidak peduli pokoknya listrik harus nyala," tegasnya.

Strategi yang dilakukan adalah PLN akan menggunakan program tanggung jawab sosial atau CSR untuk mengalirkan listrik secara gratis di beberapa pulau yang memang kategori terpencil.

Selain itu, PLN akan bekerja sama dengan perusahaan lain bagi yang ingin mendukung program CSR dari PLN, dengan menyalurkan program CSR perusahaan lain fokus pada distribusi listrik.

"Nanti beberapa bulan lagi saya akan ke Pulau itu lagi, akan saya cek, apakah sudah berjalan dengan baik atau tidak," kata Sofyan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…