Pemerintah Sesuaikan Kebutuhan Pasokan Listrik

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Oktober 2017 - 08:18 WIB

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)
Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Serang- Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah akan menyesuaikan pasokan listrik sesuai kebutuhan di masyarakat guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Dulu hitungan kita kan sesuai dengan pertumbuhan ekonomi. Ini tentu saja PLN itu kalau nanti terlalu over, bayar cicilannya juga berat. Oleh karena itu disesuaikan kebutuhan dihubungkan dengan pertumbuhan ekonomi yang ada," kata Presiden Jokowi ditemui usai meresmikan PLTU IPP 7 di Serang, Banten, Kamis (5/10/2017)

Menurut Presiden, target megaproyek listrik 35 ribu Megawatt akan menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Namun pemerintah juga terus berupaya memenuhi permintaan kebutuhan listrik utamanya di daerah-daerah.

Dalam sambutannya saat meresmikan pembangunan PLTU di Provinsi Banten, Jokowi juga mengatakan pemerintah memprioritaskan penyediaan listrik di bagian timur Indonesia.

"Itu juga bisa dipakai untuk investasi hotel, investasi pabrik-pabrik yang butuh listrik. Tapi yang paling penting malam hari anak-anak bisa belajar dengan baik karena ada listriknya, karena masih banyak terutama saudara-saudara kita di Indonesia bagian timur yang belum teraliri listrik," kata Jokowi.

Sebanyak tiga PLTU yang diresmikan adalah PLTU IPP Jawa 7 di Cilegon Banten berkapasitas 2x1.000 MW yang dikerjakan oleh konsorsium Shenhua Guohua dan PT Pembangkit Jawa Bali Investasi.

Kemudian yang kedua dan ketiga adalah PLTU IPP Jawa 9-10 di Provinsi Banten berkapasitas 2.000 MW yang merupakan perluasan dari PLTU Suralaya Merak 1-8 yang akan dikerjakan oleh konsorsium PT Indonesia Power dengan Barito Wahana Lestari.

Kemudian Presiden juga meresmikan operasi PLTU Banten dengan kapasitas 660 MW untuk menambah pasokan listrik di Jawa bagian barat dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…