Menteri Rini Persiapkan Budi Sadikin Pimpin Holding BUMN Pertambangan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Oktober 2017 - 06:30 WIB

Budi Gunadi Sadikin menjadi Dirut PT Inalum (Persero) (Foto Humas)
Budi Gunadi Sadikin menjadi Dirut PT Inalum (Persero) (Foto Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri BUMN Rini Soemarno  mengaku telah mempersiapkan Budi Sadikin sebagai Direktur Utama PT Inalum yang akan memimpin holding pertambangan. Inalum akan menjadi induk dari holding BUMN tambang, mengingat 100 persen sahamnya masih dimiliki negara.

Rini menilai pembentukan holding ini akan memperkuat perusahaan-perusahaan BUMN tanpa membebani negara.

Holding BUMN tambang terdiri dari PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) sebagai induk, dan beranggotakan perusahaan lainnya, yakni PT Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Timah (Persero) Tbk, dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk.

Rini menambahkan sinergi yang kuat dari pembentukan holding juga akan menciptakan efisiensi dalam kegiatan operasional dan biaya produksi dapat ditekan.

"Kalau sekarang ini, batu bara melakukan penambangan sendiri, investasi sendiri, Antam melakukan hal yang sama. Diharapkan dengan sinergi ini, kita dapat satukan alat-alat berat sehingga 'cost production' kita menurun," katanya pula.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bandara

Rabu, 26 September 2018 - 10:20 WIB

BKPM Tawarkan Investasi Bandara Komodo Rp3 Triliun

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan menawarkan investasi pengembangan Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, NTT, senilai Rp3 triliun dengan skema…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 10:13 WIB

IHSG Dibayangi Sentimen The Fed

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI)dibuka melemah sebesar 2,74 poin pada Rabu (26/9/2018), dibayangi sentimen pertemuan The Fed.

Pameran otomotif akhir tahun, IIMS Makassar akan hadir pada tanggal 10 14 Oktober 2018 mendatang di Celebes Convention Center

Rabu, 26 September 2018 - 10:09 WIB

Pameran Otomotif IIMS 2018 Siap Menyapa Kota Makassar

Pameran otomotif akhir tahun, IIMS Makassar akan hadir pada tanggal 10 14 Oktober 2018 mendatang di Celebes Convention Center. Selama 5 hari penyelenggaraan, IIMS Makassar akan menggunakan lahan…

Barang Impor (Ist)

Rabu, 26 September 2018 - 10:07 WIB

Pemerintah Terapkan TKDN, Cukupkah Suplay ?

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyatakan investor asing sangat berminat masuk ke Indonesia, meskipun memasuki tahun politik.

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 09:53 WIB

Fundamental Stabil Hari Ini Cermati Sepuluh Saham

INDUSTRY.co.id

Jakarta - IHSG saat ini jelang pergantian bulan sekaligus pergantian kuartal dimana rilis data perekonomian awal bulan suku bunga dan inflasi yang…