Wamen ESDM: Saya Berharap Dua Jempol Anak Muda Indonesia Dapat Hasilkan Inovasi di Sektor Listrik

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Oktober 2017 - 07:00 WIB

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Setiap tahun pertumbuhan penduduk Indonesia mencapai empat juta orang, sampai saat ini di tahun 2017, angka penduduk Indonesia sudah mencapai 262 juta orang. Perkembangan penduduk yang terus bertambah dalam jumlah yang tidak sedikit tidak sebanding dengan ketersediaan pasokan listrik yang ada saat ini.

"Kebutuhan akan listrik dari tahun ke tahun meningkat, kita butuh ide kreatif anak muda untuk menghasilkan listrik dari energi baru terbarukan (EBT)," ujar Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar saat menjadi pembicara dalam acara Micro Hydro for Indonesia di Jakarta (5/10/2017).

Ia menambahkan, saya berharap kelincahan dua jempol anak muda Indonesia dapat membuat inovasi kreatif khususnya di bsektor ketenagalistrikan agar dapat membuat bangsa ini lebih baik lagi. "saya menyayangkan, kenapa kebanyakan inovasi datang dari Amerika, karena inovasi di Amerika didasarkan oleh prinsip semua bisa dikerjakan," tambahnya.

Lebih lanjut, Wamen ESDM mengungkapkan, prinsip di Amerika, selama itu tidak dilarang semua boleh dikerjakan, sehingga menghasilkan inovasi dan ide-ide yang kreatif. "Peraturan-peraturan kita sangat rumit, ini yang menyebabkan inovasi kita tidak berkembang," tegasnya.

Saat ditanya apakah inovasi itu akan selalu berhasil, Arcandra menjelaskan, salah satu teori saya adalah kalau kita masih punya rambut disaat itulah kreatifitas kita akan muncul. Namun terkadang di Indonesia kegagalan melakukan inovasi itu menjadi kedaan yang membahayakan. "keadaannya berbanding terbalik dengan di Amerika, kalau disana begitu mereka gagal dalam inovasi justru mereka akan bangkit dan terus mencoba hingga menghasilkan suatu inovasi yang berguna bagi masyarakat banyak," kata Arcandra.

"kalau saya bilang Amerika, jangan mentang-mentang saya tinggal lama disana. Ini memang kesungguhan," ucapnya.

Saya berharap kepada generasi muda yang kita sekarang sebut dengan kaum milenials agar dapat menciptakan ide-ide dan inovasi yang kreatif khususnya di sektor kelistrikan agar dapat membawa negara Indonesia menjadi lebih baik lagi. "Di era digital saat ini, saya berharap dua jempol anak muda Indonesia bisa membawa bangsa ini jauh lebih baik," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar Sulsel

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…

 Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:24 WIB

Platform Sourcing Terbesar Industri TPT di Indonesia Hadapi Era Industri 4.0

Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:12 WIB

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Rl berkomitmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…