Tingkatkan Promosi Pariwisata, Forwapar-Kemenpar Gelar Workshop Fotografi

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 05 Oktober 2017 - 16:39 WIB

Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata (Foto Dije)
Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakata- Untuk meningkatkan kualitas fotografi saat mengambil foto di suatu destinasi daerah wisata, Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwapar) bekerjasama dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata menggelar Workshop Fotografi pada hari Kamis, (5/10/201). 

Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata mengatakan, "Dengan adanya kegiatan workshop fotografi ini salah satunya mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas dalam menghasilkan foto yang bagus selain itu untuk memahami teknik pengambilan foto ditiap objek wisata," katanya di Historia Lounge & Bar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (5/10/2017). 

Menurutnya, dizaman yang serba teknologi ini, sangat mempermudah dalam hal untuk memfoto atau mengcapture suatu periwisata. Ia menegaskan, dalam hal fotografi, harus mempunyai minat khusus.

"Fotografi itu harus mempunyai minat khusus dan passion, bukan hanya sekedar mengcapture suatu periwsitiwa. Tapi, menjadi suatau alat yang dapat menghasilkan atau mengundang wisatawan,"lanjutnya. 

Maka dari itu, Ia menghimbau untuk meningkatkan kualitas fotografi dalam pengambilan gambar. "Selain menulis, wartawan juga dituntut untuk meningkat kekampuannya dalam teknik memotret." 

Dadang juga berharap dengan adanya karya foto jurnalistik ini, mampu menceritakan suatu destinasi tersebut. 

"Harapannya foto menjadi alat promosi  suatu destinasi wisata yang nantinya juga akan bermafaat bagi diri sendiri dalam hal memperkaya teknik, serta memiliki rasa komersil yang tinggi," pungkas Dadang.

Sementara, Ketua Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) Fatkhurrohim, mengungkapkan "Ini merupakan upaya dalam hal mendorong terciptanya kulitas fotografi, khususnya untuk jurnalis travel," katanya. 

Ia juga menenkankan, perlu  memperhatikan angle, komposisi dan warna. "Dalam workshop ini tidak menekankan pada "taste" sang fotografer. Karena taste kembali lagi pada setiap individu. Untuk menghasilkan taste yang mendapat pengakuan orang banyak bahwa itu bagus itu berpengaruh pada jam terbang sang fotografer," tutupnya Fatkhurrohim.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…