Tingkatkan Promosi Pariwisata, Forwapar-Kemenpar Gelar Workshop Fotografi

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 05 Oktober 2017 - 16:39 WIB

Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata (Foto Dije)
Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakata- Untuk meningkatkan kualitas fotografi saat mengambil foto di suatu destinasi daerah wisata, Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwapar) bekerjasama dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata menggelar Workshop Fotografi pada hari Kamis, (5/10/201). 

Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata mengatakan, "Dengan adanya kegiatan workshop fotografi ini salah satunya mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas dalam menghasilkan foto yang bagus selain itu untuk memahami teknik pengambilan foto ditiap objek wisata," katanya di Historia Lounge & Bar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (5/10/2017). 

Menurutnya, dizaman yang serba teknologi ini, sangat mempermudah dalam hal untuk memfoto atau mengcapture suatu periwisata. Ia menegaskan, dalam hal fotografi, harus mempunyai minat khusus.

"Fotografi itu harus mempunyai minat khusus dan passion, bukan hanya sekedar mengcapture suatu periwsitiwa. Tapi, menjadi suatau alat yang dapat menghasilkan atau mengundang wisatawan,"lanjutnya. 

Maka dari itu, Ia menghimbau untuk meningkatkan kualitas fotografi dalam pengambilan gambar. "Selain menulis, wartawan juga dituntut untuk meningkat kekampuannya dalam teknik memotret." 

Dadang juga berharap dengan adanya karya foto jurnalistik ini, mampu menceritakan suatu destinasi tersebut. 

"Harapannya foto menjadi alat promosi  suatu destinasi wisata yang nantinya juga akan bermafaat bagi diri sendiri dalam hal memperkaya teknik, serta memiliki rasa komersil yang tinggi," pungkas Dadang.

Sementara, Ketua Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) Fatkhurrohim, mengungkapkan "Ini merupakan upaya dalam hal mendorong terciptanya kulitas fotografi, khususnya untuk jurnalis travel," katanya. 

Ia juga menenkankan, perlu  memperhatikan angle, komposisi dan warna. "Dalam workshop ini tidak menekankan pada "taste" sang fotografer. Karena taste kembali lagi pada setiap individu. Untuk menghasilkan taste yang mendapat pengakuan orang banyak bahwa itu bagus itu berpengaruh pada jam terbang sang fotografer," tutupnya Fatkhurrohim.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelindo II dan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia Investama

Senin, 10 Desember 2018 - 16:27 WIB

Peran PII Sebagai Mitra Pengembangan

Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII) anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II mengadakan acara stakeholder gathering pada hari ini untuk merayakan ulang tahun pertamanya pada 17 November…

Ilustrasi Foto Pembangunan Program Sejuta Unit Rumah

Senin, 10 Desember 2018 - 15:35 WIB

PUPR Klaim Program 1 Juta Rumah Sudah Capai 100 Persen

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim hingga 26 November 2018 program sejuta rumah telah teralisasi 100%. Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul…

 Kepala Bekraf, Triawan Munaf (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:26 WIB

Bekraf: 2020 Transaksi E-commerce Capai US$ 130 Milyar

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia tahun 2020 akan capai US$ 130 miliar, atau setara dengan Rp 1.924 Triliun. Hal tersebut diungkapkan…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:05 WIB

2019, JNE Bidik 1 Juta Pengiriman Per Hari

PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menargetkan bisa menangani 1 juta paket kiriman per hari pada 2019 seiring dengan tren perdagangan digital di Indonesia.

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:03 WIB

Kemenhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut

Dtjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi "end to end" yang menghubungkan antarwilayah di Indonesia serta dapat menjangkau…