Tingkatkan Promosi Pariwisata, Forwapar-Kemenpar Gelar Workshop Fotografi

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 05 Oktober 2017 - 16:39 WIB

Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata (Foto Dije)
Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakata- Untuk meningkatkan kualitas fotografi saat mengambil foto di suatu destinasi daerah wisata, Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwapar) bekerjasama dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata menggelar Workshop Fotografi pada hari Kamis, (5/10/201). 

Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata mengatakan, "Dengan adanya kegiatan workshop fotografi ini salah satunya mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas dalam menghasilkan foto yang bagus selain itu untuk memahami teknik pengambilan foto ditiap objek wisata," katanya di Historia Lounge & Bar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (5/10/2017). 

Menurutnya, dizaman yang serba teknologi ini, sangat mempermudah dalam hal untuk memfoto atau mengcapture suatu periwisata. Ia menegaskan, dalam hal fotografi, harus mempunyai minat khusus.

"Fotografi itu harus mempunyai minat khusus dan passion, bukan hanya sekedar mengcapture suatu periwsitiwa. Tapi, menjadi suatau alat yang dapat menghasilkan atau mengundang wisatawan,"lanjutnya. 

Maka dari itu, Ia menghimbau untuk meningkatkan kualitas fotografi dalam pengambilan gambar. "Selain menulis, wartawan juga dituntut untuk meningkat kekampuannya dalam teknik memotret." 

Dadang juga berharap dengan adanya karya foto jurnalistik ini, mampu menceritakan suatu destinasi tersebut. 

"Harapannya foto menjadi alat promosi  suatu destinasi wisata yang nantinya juga akan bermafaat bagi diri sendiri dalam hal memperkaya teknik, serta memiliki rasa komersil yang tinggi," pungkas Dadang.

Sementara, Ketua Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) Fatkhurrohim, mengungkapkan "Ini merupakan upaya dalam hal mendorong terciptanya kulitas fotografi, khususnya untuk jurnalis travel," katanya. 

Ia juga menenkankan, perlu  memperhatikan angle, komposisi dan warna. "Dalam workshop ini tidak menekankan pada "taste" sang fotografer. Karena taste kembali lagi pada setiap individu. Untuk menghasilkan taste yang mendapat pengakuan orang banyak bahwa itu bagus itu berpengaruh pada jam terbang sang fotografer," tutupnya Fatkhurrohim.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bekuk Bali United 3-0, Persija Jakarta Jadi Juara Piala Presiden 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 - 22:18 WIB

Bekuk Bali United 3-0, Persija Juara Piala Presiden 2018

Akhirnya, Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018. Persija mengalahkan Bali United FC 3-0 pada puncak partai final yang berlangsung, Sabtu (17/2/2018) di stadion Gelora Bung…

Puluhan Ribu Petani Waduk Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:25 WIB

Petani Kolam Ikan Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat

Puluhan ribu petani kolam jaring apung (KJA) waduk Jatiluhur mendukung calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan. Para petani KJA ini berharap…

Diskusi dan wejangan membina keluarga sakinah

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:20 WIB

Mau Rumah Tangga Harmonis Ini Tipsnya

Rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah adaah dambaan semua keluarga. Namun untuk menuju ke sana diperlukan trik dan pengetahuan untuk membina biduk rumah tangga yang harmonis.

Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:09 WIB

Komut PT PP Kunjungi Proyek Rusunami Jakabaring Palembang

Palembang- Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke Proyek Rusunami Jakabaring Palembang. Proyek yang dibangun pada akhir tahun 2016 ini akan selesai…

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:05 WIB

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar

Purwakarta - Pimpinan Pondok Pesantren Ma'baul Ulum KH. Anhar menyebut Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB. Hasanuddin atau Kang Hasan sebagai pemimpin layaknya matahari yang mampu menjadi…