Tingkatkan Promosi Pariwisata, Forwapar-Kemenpar Gelar Workshop Fotografi

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 05 Oktober 2017 - 16:39 WIB

Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata (Foto Dije)
Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakata- Untuk meningkatkan kualitas fotografi saat mengambil foto di suatu destinasi daerah wisata, Forum Wartawan Pariwisata Indonesia (Forwapar) bekerjasama dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata menggelar Workshop Fotografi pada hari Kamis, (5/10/201). 

Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisafa, Kementerian Pariwisata mengatakan, "Dengan adanya kegiatan workshop fotografi ini salah satunya mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas dalam menghasilkan foto yang bagus selain itu untuk memahami teknik pengambilan foto ditiap objek wisata," katanya di Historia Lounge & Bar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (5/10/2017). 

Menurutnya, dizaman yang serba teknologi ini, sangat mempermudah dalam hal untuk memfoto atau mengcapture suatu periwisata. Ia menegaskan, dalam hal fotografi, harus mempunyai minat khusus.

"Fotografi itu harus mempunyai minat khusus dan passion, bukan hanya sekedar mengcapture suatu periwsitiwa. Tapi, menjadi suatau alat yang dapat menghasilkan atau mengundang wisatawan,"lanjutnya. 

Maka dari itu, Ia menghimbau untuk meningkatkan kualitas fotografi dalam pengambilan gambar. "Selain menulis, wartawan juga dituntut untuk meningkat kekampuannya dalam teknik memotret." 

Dadang juga berharap dengan adanya karya foto jurnalistik ini, mampu menceritakan suatu destinasi tersebut. 

"Harapannya foto menjadi alat promosi  suatu destinasi wisata yang nantinya juga akan bermafaat bagi diri sendiri dalam hal memperkaya teknik, serta memiliki rasa komersil yang tinggi," pungkas Dadang.

Sementara, Ketua Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) Fatkhurrohim, mengungkapkan "Ini merupakan upaya dalam hal mendorong terciptanya kulitas fotografi, khususnya untuk jurnalis travel," katanya. 

Ia juga menenkankan, perlu  memperhatikan angle, komposisi dan warna. "Dalam workshop ini tidak menekankan pada "taste" sang fotografer. Karena taste kembali lagi pada setiap individu. Untuk menghasilkan taste yang mendapat pengakuan orang banyak bahwa itu bagus itu berpengaruh pada jam terbang sang fotografer," tutupnya Fatkhurrohim.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan tekhnisi AC

Rabu, 19 September 2018 - 21:41 WIB

GMT Institute Dukung Yoofix Sediakan Tenaga Kerja Terampil dan Professional

Kegiatan assessment ini untuk mengetahui kapasitas fixer yang selanjutnya dilakukan pengembangan dan optimalisasi yang akhirnya mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi…

Kementerian Koperasi Gelar Bimtek Pengawsan Koperasi yang dilaksanakan di Gorontalo 19-20 September 2018 ini diikuti Satgas Pengawas Koperasi dan Satgas Pengawas Usaha Simpan Pinjam se Provinsi Gorontalo.

Rabu, 19 September 2018 - 21:34 WIB

Perkuat Pengawasan Koperasi Melalui Peningkatan IT

Kementerian Koperasi dan UKM terus memberikan pembekalan terhadap satuan tugas pengawasan koperasi di daerah terkait pemahaman regulasi. Pembekalan ini sekaligus memberikan dukungan kepada satgas…

Ruben Onsu Selaku Pemilik Geprek Bensu saat menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh dan Holy Trip kepada pemenang (Foto: Dok. Geprek Bensu)

Rabu, 19 September 2018 - 21:05 WIB

Geprek Bensu Umumkan Undian Hadiah Umroh dan Holy Trip Kepada Empat Pemenang Beruntung

Outlet Geprek Bensu yang memiliki khas ayam geprek sangat di minati oleh masyarakat luas, BrandGeprek bensu yang berdiri sejak 17 April 2017 ini menargetkan mampu membuka 100outlet di seluruh…

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…