Konser Jockie Surjoprajogo in Menjilat Matahari Tawarkan Keaslian Musik Rock

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 05 Oktober 2017 - 08:23 WIB

Yockie Suryoprayogo bersama Aryo Wahab dan Andi RIF (Foto: AMZ)
Yockie Suryoprayogo bersama Aryo Wahab dan Andi RIF (Foto: AMZ)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Musisi senior Yockie Suryo Prayogo  rupanya terus gelisah terhadap kondisi musik Indonesia masa kini. Kegelisahan itu tidak saja menyangkut kreativitas tetapi juga dalam hal penghargaan terhadap musisi pelakunya. Itu sebabnya dalam konser  'Menjilat Matahari' yang akan digelar pada 11 Oktober di The Pallas SCBD nanti banyak hal yang ia ingin sampaikan lewat musiknya. Ia berjanji akan kembali membawa jiwa rock yang asli dirinya  melalui lagu-lagu yang pernah ia ciptakan.

Sebelumnya, Yockie dikenal sebagai musisi lintas genre. Ia dikenal sebagai bagian dari God Bless pada dekade '70-an, namun setelahnya ia sempat berkecimpung dalam genre klasik, jazz, pop, hingga etnik. Meski menggunakan nama lagu Menjilat Matahari yang rilis ketika ia masih bersama God Bless pada 1989, Yockie mengaku tidak akan tampil bersama band legendaris tersebut.

"Bagi saya, Menjilat Matahari adalah keinginan dan angan-angan kami (para roker). Kami terobsesi untuk seperti itu. Kami mensyukuri kebersamaan. Kami masih bisa bersama, bergandengan tangan, berjuang untuk musik Indonesia. Dengan semangat yang sama itu, kami syukuri dengan satu lagu yang kami nyanyikan secara riang," kata Yockie.

Dalam konser Menjilat Matahari, Yockie tak akan tampil sendiri. Ia mengajak serangkaian musisi rock muda seperti Andi /rif dan Nicky Astria. Namun, ia juga mengajak musisi lintas genre seperti Aryo Wahab dan Budi Cilok. Tak lupa, Yockie juga mengajak Setiawan Djody dalam konser ini. Yockie dan Setiawan Djody merupakan bagian dari penggagas grup musik legendaris, Kantata Takwa.

Aryo Wahab musisi yang kini tergabung di The Dance Company, mengaku konser ini menjadi tantangan bagi dirinya dalam  membawakan karya Yockie.  Untungya, kata Aryo, Ia diminta Yockie untuk membawakan lagu karya musisi senior itu sesuai dengan karakter Aryo sendiri.

"Kata Mas Yockie bawakan dengan cara saya sendiri, Jangan sampai terbawa dengan warna yang sudah ada, karena mas Yockie bilang sudah pernah mendengar sebelumya. Mas Yovkie ingin sesuatu yang berbeda. Nah itu lah tantangan dan justru kebahagiaan bagi saya," kata Aryo.

Yockie sendiri amat  berharap Konser Menjilat Matahari dapat menjadi wadah para musisi lokal untuk mengenalkan hasil kreativitasnya. "Saya berharap ada kreativitas generasi saat ini yang juga akan diingat generasi berikutnya." kata Yockie serius.

Bagi Yockie sebuah konser yang digelar atas namanya, haruslah menjadi sesuatu bagi generasi berikutnya. “Makanya saya berharap nanti yang datang menontn adalah para orang tua yang dulu menjadi penikmat musk saya, tapi sambil membawa anaknya. Supaya terjadi kesinambungan generasi penikmat musik rock,” harap Yockie.

Konser “Jockie Surjoprajogo in Menjilat Matahari” menjadi bagian dari ruang obsesi dan perjuangan bagi seniman musik yang sudah malang melintang lebih dari 40 tahun di jagad musik Indonesia ini. Konser yang diselenggarakan Transevent bekerjasama dengan Interact ini, akan digelar di The Pallas SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017) mendatang.

Direktur Utama Transevent, Iko Wisprantoko menyampaikan, pihaknya memberi prioritas konser yang mempunyai misi. “Mas Jockie salah satunya yang kami pandang memiliki misi. Identitas musik Indonesia-nya sangat kental. Kami berharap generasi sekarang dapat menempatkan musik atau para musisi yang akan tampil di konser ini menjadi inspirasi. Konser ini lebih terekspos, makin banyak yang mendengarkan makin banyak yang terinspirasi,” harap Iko. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…