Permintaan Tinggi, Konsumsi Plastik di Proyksikan Tumbuh 5,2% Sepanjang Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Desember 2016 - 12:07 WIB

Industri Plastik
Industri Plastik

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas) menyatakan, akibat tingginya permintaan di pasar nasional, konsumsi plastik diproyeksikan tumbuh 5,2% sepanjang tahun ini.

"Pemulihan konsumsi pada kuartal terakhir tahun ini mengkompensasi permintaan yang menurun setelah Hari Raya Idul Fitri. Permintaan atas resin plastik meningkat tajam pada kuartal IV tahun ini," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Inaplas, Fajar Budiyono di Jakarta, Selasa (27/12).

Menurut Fajar, Permintaan plastik pulih pada akhir tahun setelah terpukul pada kuartal III tahun ini akibat kelesuan konsumsi makanan dan minuman olahan setelah Lebaran.

"Kami memperkirakan pendorong pertumbuhan konsumsi plastik adalah gelontoran belanja pemerintah menjelang akhir tahun. Konsumsi plastik juga terbantu oleh memudarnya wacana kebijakan cukai plastik dan penghentian kebijakan kantong plastik berbayar," ujarnya.

Fajar menilai, kenaikan konsumsi pada kuartal terakhir akan mendorong konsumsi plastik sepanjang tahun ini sekitar 4,8 juta ton atau tumbuh 5,2% dibandingkan dengan konsumsi tahun lalu sekitar 4,5 juta ton.

"Apabila kondisinya semakin bagus seperti saat ini, tahun depan konsumsi plastik bisa tumbuh 5,4%. Tergantung pertumbuhan industri makanan dan minuman," kata Fajar.

Industri makanan dan minuman konsumen terbesar plastik lewat permintaan atas kemasan. Penjualan kepada industri makanan dan minuman menyumbangkan sekitar 68% dari total omzet industri kemasan pada tahun lalu.

Mayoritas kemasan yang digunakan oleh industri di Indonesia adalah kemasan plastik. Porsi material plastik fleksibel mencapai 42% dari total bahan baku yang digunakan oleh industri kemasan, diikuti oleh kemasan kardus sebanyak 28%, dan kemasan plastik solid sebanyak 14%. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…