Konsumsi Semen Tumbuh Didongkrak Pembangunan Infrastruktur

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 Oktober 2017 - 09:15 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Palembang- Konsumsi semen dalam negeri pada Agustus 2017 tercatat sebesar 6,47 juta ton atau tumbuh sebesar 9 persen secara tahunan (year on year) karena didongrak maraknya pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah.

Ketua Asosiasi Semen Indonesia Widodo Santoso di Palembang, Senin (2/10/2017) mengatakan secara kumulatif, penjualan semen domestik sepanjang Januari 2017 hingga Agustus 2017 tercatat sebesar 41,1 juta ton atau meningkat 5,6 persen year on year.

"Konsumsi semen nasional mulai menggeliat di semua daerah, kecuali Kalimantan dan Nusa Tenggara yang mengalami penurunan. Pembangunan infrastruktur di Jawa, Sumatra, Sulawesi dan Indonesia Timur kelihatan mulai lancar," ujar Widodo yang dijumpai di seminar di Palembang.

Dalam seminar bertemakan "Tinjauan Kebijakan, Pelaksanaan dan Permasalahan Bangunan Berbasis Beton di Sumsel ", ia mengatakan bahwa apabila dirinci, Jawa mencatatkan pertumbuhan konsumsi semen paling besar pada Agustus 2017, yakni sebesar 14 persen year on year.

Kemudian disusul kawasan Indonesia Timur sebesar 12,6 persen, konsumsi di Sulawesi dan Sumatra tercatat masing-masing sebesar 11 persen dan 5 persen secara tahunan. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:30 WIB

Rp6,5 Trliun Disiapkan PUPR untuk Prasarana Pendidikan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran tambahan sebesar Rp6,5 triliun untuk memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan serta pasar induk dalam Anggaran…

Ilustrasi KRL Commuter Line

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:15 WIB

KCI Luncurkan Kartu Commuter Edisi Asian Games 2018

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meluncurkan kartu multi trip (KMT) edisi khusus Asian Games dengan mengambil inspirasi dari maskot Asian Games 2018.