Grand Mercure Jakarta Kemayoran Gelar Semarak Batik Nasional

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 03 Oktober 2017 - 05:35 WIB

Grand Mercure Jakarta Kemayoran Semarakkan Hari Batik Nasional dengan mencanting batik bagi tamu hotel (Foto; INDUSTRY.co.id)
Grand Mercure Jakarta Kemayoran Semarakkan Hari Batik Nasional dengan mencanting batik bagi tamu hotel (Foto; INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Manajemen Grand Mercure Jakarta Kemayoran turut berpartisipasi dalam rangka Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2017 dengan menyelenggarakan ‘Ragam Cerita Batik Nasional’. Event ini menghadirkan pengrajin batik, seperti Batik Betawi, Batik Ayudia Gaya dan Batik Pal Batu.

Marketing & Communication Manager Grand Mercure Jakarta Kemayoran, Aloysia Sekar menjelaskan event ini menjadi event rutin tahunan. Mengusung Ragam Cerita Batik Nasional pihaknya tidak sekedar pameran, ada juga workshop, talkshow perjalanan batik di Indonesia serta pengunjung tamu bisa mencating batik kreasi sendiri dan membawa pulangnya.

“Seluruh Grand Mercure turut melakukan hal sama dalam menyambut Hari Batik Nasional ini. Kami menyajikan ini agar pengunjung hotel tidak hanya menginap lalu pulang tetapi bringing story to life,” ujarnya di Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Senin (2/10/2017) malam.

Aloysia juga menjelaskan, dalam mempromosikan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi ini, seluruh dari manajemen hotel telah mengenakan seragam batik dari sejak pembukaan hotel ini, dan ini menjadi ikonik hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran.

Sementara itu pengrajin batik Betawi, Anna Setianingsih mengapresiasi terselenggaranya pameran ragam cerita batik nasional. Menurutnya, Jakarta tidak hanya identik dengan Monumen Nasional,  ondel-ondel, dan Kota Tua saja melainkan telah ada batik Betawi.

“Kami berharap busana batik menjadi suatu kebutuhan sehingga mempopulerkan batik Betawi,” harapannya

Ia menjelaskan ,satu-satunya motif kuno khas batik betawi yang masih mudah ditemukan pada saat ini ialah motif ondel-ondel, yang melambangkan tolak bala. Eksistensi motif ini sejalan dengan ondel-ondel yang tetap populer pada perayaan-perayaan budaya Betawi.

Batik Betawi bisa didapatkan di Galery Dekranasda kota administrasi Jakarta Pusat Jalan Tanah Abang I No 1 serta di Craft Center Dekranasda DKI Jakarta jalan Abdul Muis No 66 Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…