Muscle Car Indonesia Dukung Industri Modifikasi Kendaraan Bermotor

Oleh : Wiyanto | Senin, 02 Oktober 2017 - 16:43 WIB

Mobil tua yang disiapkan untuk dimodifikasi
Mobil tua yang disiapkan untuk dimodifikasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, modifikasi kendaraan bermotor, khususnya roda empat bukan hanya sekadar hobi, namun sudah menjelma menjadi industri yang melibatkan banyak pihak. Hal inilah yang mendorong Muscle Car Indonesia (MCI), wadah bagi para pecinta mobil klasik dan mobil sport pabrikan Amerika, Australia, dan Jepang untuk mendukung aktifitas anak muda yang kreatif dan inovatif di bidang modifikasi mobil.

Dukungan tersebut direaliasikan MCI dengan cara terlibat  dalam ajang Jakarta Custom Culture (JCC), event otomotif yang bertema Old School VS New School, dimana kendaraan modifikasi yang ditampilkan bukan hanya kendaraan klasik, namun juga kendaraan sport masa kini. Even JCC yang akan diselenggarakan pada 21-22 Oktober 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat ini, diharapkan bukan hanya mewadai mewadai para modifikator, namun juga para pengerajin dan pabrikan rumahan.

Saat ini, MCI, yang merupakan anak usaha dari PT Anugerah Kasih Investama (AKI) Group, perusahaan yang bergerak di bidang merger dan akuisisi, memiliki sekitar 2 juta lebih user aktif di media sosial dan satu-satunya digital organisasi terbesar di Indonesia.

 “Keterlibatan kami di sini, tentu saja ingin mendukung para anak-anak muda untuk terus berkarya dan berkreasi di bidang modifikasi, karena modifikasi saat ini tidak lagi hanya sekadar hobi, tetapi sudah menjhgdddadi industri kreatif,” kata Victor Wirawan, CEO PT Anugerah Kasih Investama, sekaligus founder MCI, di Jakarta, Senin (2/10/2017).

Melalui ekspo JCC ini, kata Victor, pihaknya ini mempertemukan para penghobi dengan para pelaku industri kreatif mobil dan motor, terutama yang bergerak di bidang komponen dan industri kreatif seperti aksesoris mobil dan motor modifikasi bisa menampilkan karya-karya unggulan mereka, termasuk para komunitas pencinta otomotif.

Menurut Victor, kegiatan ekspo JCC ini sangat selaras dengan program pemerintah saat ini yang ingin mendorong pertumbuhan industri kecil menengah (IKM) demi mengisi potensi pasar yang terus berkembang. Diharapkan, industri yang mempekerjakan para pengerajin rumahan ini akan terus berkembang dan membuka lapanan pekerjaan baru.

Menurutnya, potensi pelaku industri kreatif di bidang otomotif di Indonesia cukup besar. Ini terlihat dari berbagai kemajuan di bidang modifikasi dan asesoris, di mana sebagian besar pelakunya adalah IKM yang berpeluang untuk menjadi pemasok komponen, maupun kelengkapan mobil/motor lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?