API: Kinerja Ekspor Tahun Depan di Proyeksikan Turun 5%

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Desember 2016 - 10:37 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memperkirakan, ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia pada tahun depan diperkirakan turun 5% dari realisasi tahun ini.

Hal tersebut di sampaikan Ketua API Ade Sudrajat. Menurut Ade, Kinerja ekspor tahun depan diproyeksikan turun 5%, tahun ini penyusutan ekspor sebesar 8% dari realisasi tahun lalu.

"Kami sebenarnya menargetkan nilai ekspor tahun ini dapat mencapai US$12,7 miliar atau sedikit lebih tinggi dari kinerja tahun sebelumnya sebesar US$12,33 miliar, namun, lesunya perekonomian dunia membuat angka tersebut urung tercapai," kata Ketua API, Ade Sudrajat di Jakarta, Jumat (23/12).

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, nilai ekspor tekstil dan produk tekstil selama periode Januari hingga September tahun ini sebesar US$8,94 miliar atau menyusut 3,99% secara year on year dari periode yang sama tahun sebelumnya yang menyentuh US$9,31 miliar.

Penurunan terbesar terjadi dikategori serat dan benang, yang terpangkas 7,63% secara tahunan dari US$3,28 miliar menjadi US$3.03 miliar. Adapun, ekspor pakaian jadi berkurang tipis 1,75% secara year on year dan kain menyusut 6,63%.

Berkurangnya permintaan global bakal berdampak terhadap terpangkasnya kapasitas produksi pabrik. Ditambah lagi, penyerapan dari pasar dalam negeri yang mengalami penurunan karena masyarakat mengurangi konsumsi.

"Saat ini saja kapasitas produksi nasional sudah berada di kisaran 60%. Jika proyeksi perlambatan benar terjadi, kapasitas akan semakin rendah hingga mencapai level 55%," ujar Ade. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kayu di Hutan

Rabu, 22 November 2017 - 19:28 WIB

Pemerintah Wacanakan Buka Keran Ekspor Kayu Bulat

Setelah dilarang selama 16 tahun. pemerintah mempertimbangkan untuk membuka kran ekspor kayu bulat atau log. Alasannya, untuk mengangkat harga komoditas itu yang jatuh di pasar lokal.

Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 18:27 WIB

Aptrindo: Sudah Saatnya Angkutan Barang Masuk Sistem Digital

Era industrialisasi digital mengharuskan semua sektor industri mengimplementasikan sistem digitalisasi guna meningkatkan daya saing industri, tak terkecuali industri angkutan barang.

PT Totalindo Eka Persada Tbk

Rabu, 22 November 2017 - 17:50 WIB

Totalindo Eka Persada Akan Garap Proyek TOD Senilai Rp3 Triliun

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) menandatangani perjanjian pembangunan proyek kawasan terpadu (TOD) dengan BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya senilai Rp3 triliun.

Budayawan; Emha Ainun Nadjib (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:37 WIB

Ango An Poteh Tolang, Setnov

Andaikan Markesot dikenal oleh Setya Novanto dan ditanya tentang keadaannya hari-hari ini, mestinya Markesot menjawab begini: "Etembang poth mata, ango`an poth tolang, ta`iye!". Daripada mata…

Golden Tulip Holland Resort Batu, Jawa Timur

Rabu, 22 November 2017 - 17:30 WIB

Rayakan Tahun Baru dan Natal, Golden Tulip Holland Resort Batu Tawarkan Paket Spesial

Pergantian tahun dan perayaan hari Natal merupakan satu momen dimana tiap keluarga saling berkumpul atau mengisinya dengan berlibur ke suatu tempat ataupun ke destinasi wisata untuk merayakannya.