API: Kinerja Ekspor Tahun Depan di Proyeksikan Turun 5%

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Desember 2016 - 10:37 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memperkirakan, ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia pada tahun depan diperkirakan turun 5% dari realisasi tahun ini.

Hal tersebut di sampaikan Ketua API Ade Sudrajat. Menurut Ade, Kinerja ekspor tahun depan diproyeksikan turun 5%, tahun ini penyusutan ekspor sebesar 8% dari realisasi tahun lalu.

"Kami sebenarnya menargetkan nilai ekspor tahun ini dapat mencapai US$12,7 miliar atau sedikit lebih tinggi dari kinerja tahun sebelumnya sebesar US$12,33 miliar, namun, lesunya perekonomian dunia membuat angka tersebut urung tercapai," kata Ketua API, Ade Sudrajat di Jakarta, Jumat (23/12).

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, nilai ekspor tekstil dan produk tekstil selama periode Januari hingga September tahun ini sebesar US$8,94 miliar atau menyusut 3,99% secara year on year dari periode yang sama tahun sebelumnya yang menyentuh US$9,31 miliar.

Penurunan terbesar terjadi dikategori serat dan benang, yang terpangkas 7,63% secara tahunan dari US$3,28 miliar menjadi US$3.03 miliar. Adapun, ekspor pakaian jadi berkurang tipis 1,75% secara year on year dan kain menyusut 6,63%.

Berkurangnya permintaan global bakal berdampak terhadap terpangkasnya kapasitas produksi pabrik. Ditambah lagi, penyerapan dari pasar dalam negeri yang mengalami penurunan karena masyarakat mengurangi konsumsi.

"Saat ini saja kapasitas produksi nasional sudah berada di kisaran 60%. Jika proyeksi perlambatan benar terjadi, kapasitas akan semakin rendah hingga mencapai level 55%," ujar Ade. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Moriano Utomo saat membawa api obor Asian Games 2018 (Foto: Dok. Industry)

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:08 WIB

Cucu Pendiri Aqua Dukung Pawai Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta

Moriano Utomo, cucu dari pendiri AQUA Tirto Utomo, mewakili Danone-AQUA yang merupakan sponsor resmi hidrasi Asian Games 2018 dalam Pawai Obor (Torch Relay) hari ini, Kamis (19/7/2018) di Yogyakarta,…

Api Obor Asian Games di Yogyakarta (Foto: Kemenpar)

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:00 WIB

Api Obor Asian Games diharapkan Naikkan Branding Destinasi Wisata yang dilewati

Untuk menyemarakkan Asian Games yang digelar pada 18 Agustus 2018, api obor Asian Games akan melewati berbagai daerah wisata di Indonesia yang terdiri dari 53 kota/kabupaten dari 18 provinsi…

Presiden Jokowi-Wapres JK kunjungi SBY di RSPAD (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 15:59 WIB

Sakit Apa SBY? Aburizal Bakrie Mengungkapkannya

Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie mengatakan Presiden RI keenam sekaligus Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menderita sakit infeksi ginjal.

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 15:54 WIB

Menteri Jonan Optimalkan Energi Lokal Sebagaai Pembangkit

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengoptimalkan penggunaan energi lokal (tenaga angin, air, batubara dan surya) sebagai energi primer pembangkit tenaga listrik agar lebih…

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Kamis, 19 Juli 2018 - 15:50 WIB

Menteri Jonan Ingatkan Buat Aturan Permudah Investasi

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali mengingatkan kepada jajarannya untuk terus berupaya membuat peraturan yang mempermudah investasi.