API: Kinerja Ekspor Tahun Depan di Proyeksikan Turun 5%

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Desember 2016 - 10:37 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memperkirakan, ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia pada tahun depan diperkirakan turun 5% dari realisasi tahun ini.

Hal tersebut di sampaikan Ketua API Ade Sudrajat. Menurut Ade, Kinerja ekspor tahun depan diproyeksikan turun 5%, tahun ini penyusutan ekspor sebesar 8% dari realisasi tahun lalu.

"Kami sebenarnya menargetkan nilai ekspor tahun ini dapat mencapai US$12,7 miliar atau sedikit lebih tinggi dari kinerja tahun sebelumnya sebesar US$12,33 miliar, namun, lesunya perekonomian dunia membuat angka tersebut urung tercapai," kata Ketua API, Ade Sudrajat di Jakarta, Jumat (23/12).

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, nilai ekspor tekstil dan produk tekstil selama periode Januari hingga September tahun ini sebesar US$8,94 miliar atau menyusut 3,99% secara year on year dari periode yang sama tahun sebelumnya yang menyentuh US$9,31 miliar.

Penurunan terbesar terjadi dikategori serat dan benang, yang terpangkas 7,63% secara tahunan dari US$3,28 miliar menjadi US$3.03 miliar. Adapun, ekspor pakaian jadi berkurang tipis 1,75% secara year on year dan kain menyusut 6,63%.

Berkurangnya permintaan global bakal berdampak terhadap terpangkasnya kapasitas produksi paik. Ditambah lagi, penyerapan dari pasar dalam negeri yang mengalami penurunan karena masyarakat mengurangi konsumsi.

"Saat ini saja kapasitas produksi nasional sudah berada di kisaran 60%. Jika proyeksi perlambatan benar terjadi, kapasitas akan semakin rendah hingga mencapai level 55%," ujar Ade. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai

Minggu, 23 September 2018 - 11:25 WIB

Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai Diresmikan, Urai Simpul Kemacetan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meresmikan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, pada Sabtu (21/9/2018).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto

Minggu, 23 September 2018 - 10:56 WIB

Pendanaan SBSN Prioritas Untuk Peningkatan Layanan Jalan Nasional di Koridor Utama

Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara menjadi inovasi pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur.

Presiden Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 10:45 WIB

Capres/ Cawapres Lepas Burung Merpati Simbol Kampanye Damai

Para pasangan calon presiden dan calon wakil presiden serta para pimpinan partai politik melepaskan burung merpati sebagai simbol penyelenggaraan pemilu yang damai.

Business Indonesia Roundtable Meeting

Minggu, 23 September 2018 - 10:11 WIB

Indonesia-Spanyol Tingkatkan Kerjasama Teknologi Keselamatan Jalan dan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berada di Madrid, Spanyol dalam rangka Business Indonesia Roundtable Meeting yang berlangsung Jumat, 21 September 2018.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe saat menerima piagam penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Aawrds

Minggu, 23 September 2018 - 10:04 WIB

Sinar Mas Land Raih Tiga Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Pengembang kenamaan tanah air, Sinar Mas Land meraih penghargaan di ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards 2018 yang diselengarakan oleh PropertyGuru bekerjasama dengan KOHLER.