Sektor Otomotif Membaik Pertanda Membaiknya Daya Beli Masyarakat

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 02 Oktober 2017 - 10:10 WIB

Chevloret Boyong Empat Model Terbaru di GIIAS 2017 (Foto: Fadli Industry.co.id)
Chevloret Boyong Empat Model Terbaru di GIIAS 2017 (Foto: Fadli Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Bahana Sekuritas menilai mulai pulihnya penjualan otomotif menjadi indikator membaiknya daya beli masyarakat, khususnya kelas menengah.

"Sejumlah sentimen positif mulai membayangi perekonomian Indonesia, pulihnya penjualan mobil dan motor secara industri menjadi indikator membaiknya daya beli masyarakat," ujar Plt Kepala Riset dan Strategi Bahana Sekuritas Henry Wibowo, mengutip ANTARA, Senin (2/10).

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan mobil tumbuh 5,6 persen pada Agustus 2017 dibanding periode yang sama tahun lalu atau menjadi 96.461 unit.

Sehingga, total penjualan mobil dalam kurun Januari-Agustus sebanyak 715.291 unit atau naik 3,8 persen secara tahunan.

Sementara itu, Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat, penjualan motor naik 5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 554.923 unit.

Sehingga, total penjualan motor dari Januari-Agustus tercatat sebesar 3,793 juta unit.

Bahana memperkirakan hingga akhir tahun nanti, penjualan mobil dan motor akan berada pada kisaran 3 persen-5 persen. Pertumbuhan penjualan mobil diperkirakan akan lebih baik dibanding penjualan motor akibat reformasi di bidang energi yang dijalankan pemerintah sejak awal tahun.

Di sisi lain, menurut Henry, langkah Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7-Day Repo Rate) menjadi 4,25 persen pada September akan menjadi penopang bagi pemulihan daya beli masyarakat kelas menengah dan bawah.

"Salah satu sektor yang diuntungkan setelah BI memangkas suku bunga acuan pada Agustus dan September adalah sektor otomotif, karena kemampuan beli masyarakat kelas menengah pada umumnya membeli dengan menyicil cukup terbantu," terang dia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Huawei

Senin, 18 Desember 2017 - 15:33 WIB

Huawei Diperkirakan Akan Luncurkan P11 Diawal 2018 Mendatang

Huawei lanjutkan kerjasama dengan produsen kamera asal Jerman , Leica yang akan meluncurkan Huawei P11 yang diperkirakan akan diluncurkan pada awal tahun 2018 mendatang.

Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 15:30 WIB

2018, Serangkaian Event Olahraga dan Agenda Pariwisata Bakal Hadir Meriahkan Batam

Selain meningkatkan pariwisata di Kepulauan Riau, Badan Pengusahaan (BP) Batam memiliki beberapa agenda untuk meningkatkan ekonomi terutama dari bidang pariwisata.

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Senin, 18 Desember 2017 - 15:14 WIB

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Lapora terbaru Economic Insight: South-East Asia mengungkapkan, prospek perkembangan Indonesia tertahan oleh belanja konsumen yang lesu. Namun, pertumbuhan masih diperkirakan akan naik hingga…

Gedung Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 15:00 WIB

BI Siap Beri Sangsi Perusahaan Pembayaran Tak Berijin

Bank Indonesia (BI) berkomitmen menjaga perlindungan konsumen dan sekaligus keberlangsungan usaha pada pelaku jasa sistem pembayaran.

Go-Jek (ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 14:30 WIB

Bank Indonesia Proses Ijin Akuisisi Gojek

Bank Indonesia (BI) sedang memproses perijinan akuisisi Gojek terhadap dua perusahaan calon jasa sistem pembayaran. Meskipum Gojek bukan pelaku jasa sistem pembayaran tetap harus ijin ke BI.…