Sektor Otomotif Membaik Pertanda Membaiknya Daya Beli Masyarakat

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 02 Oktober 2017 - 10:10 WIB

Chevloret Boyong Empat Model Terbaru di GIIAS 2017 (Foto: Fadli Industry.co.id)
Chevloret Boyong Empat Model Terbaru di GIIAS 2017 (Foto: Fadli Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Bahana Sekuritas menilai mulai pulihnya penjualan otomotif menjadi indikator membaiknya daya beli masyarakat, khususnya kelas menengah.

"Sejumlah sentimen positif mulai membayangi perekonomian Indonesia, pulihnya penjualan mobil dan motor secara industri menjadi indikator membaiknya daya beli masyarakat," ujar Plt Kepala Riset dan Strategi Bahana Sekuritas Henry Wibowo, mengutip ANTARA, Senin (2/10).

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan mobil tumbuh 5,6 persen pada Agustus 2017 dibanding periode yang sama tahun lalu atau menjadi 96.461 unit.

Sehingga, total penjualan mobil dalam kurun Januari-Agustus sebanyak 715.291 unit atau naik 3,8 persen secara tahunan.

Sementara itu, Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat, penjualan motor naik 5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 554.923 unit.

Sehingga, total penjualan motor dari Januari-Agustus tercatat sebesar 3,793 juta unit.

Bahana memperkirakan hingga akhir tahun nanti, penjualan mobil dan motor akan berada pada kisaran 3 persen-5 persen. Pertumbuhan penjualan mobil diperkirakan akan lebih baik dibanding penjualan motor akibat reformasi di bidang energi yang dijalankan pemerintah sejak awal tahun.

Di sisi lain, menurut Henry, langkah Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7-Day Repo Rate) menjadi 4,25 persen pada September akan menjadi penopang bagi pemulihan daya beli masyarakat kelas menengah dan bawah.

"Salah satu sektor yang diuntungkan setelah BI memangkas suku bunga acuan pada Agustus dan September adalah sektor otomotif, karena kemampuan beli masyarakat kelas menengah pada umumnya membeli dengan menyicil cukup terbantu," terang dia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktris Lee Se Young dalam drama Hwayugi. (Dok Allkpop)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:15 WIB

Ingin Tampil Sempurna di "Hwayugi", Lee Se Young Sering Ikut Diskusi Bareng Sutradara

Aktris cantik asal Korea Selatan, Lee Se Young memang tengah disibukkan membintangi drama Korea "Hwayugi". Didalam drama ini, Lee Se Young dari awal sudah diminta untuk memerankan dua karakter…

Press Confrence Malam Juara GO-FOOD pada Jumat (23/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:50 WIB

Apresiasi UMKM Kuliner, GO-JEK Adakan Malam Juara GO-FOOD Untuk Seluruh Merchant

GO-JEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi kembali menegaskan komitmennya dalam membantu pengusaha mikro, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam layanan GO-FOOD. GO-JEK…

Oprah Winfrey berpidato saat di acara Golden Globe 2018. (Dok FOX)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:30 WIB

Kunjungan Oprah Winfrey Buat Marah Donald Trump

Beberapa waktu lalu pada acara penghargaan Golden Globe 2018, pidato Oprah Winrey menarik banyak perhatian publik di Amerika Serikat, termasuk Presiden Amerika Serikat yang saat ini menjabat,…

Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, melakukan tendangan pertama (kick off) menandai dimulainya pertandingan turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional, di Grand Futsal Kuningan, Jakarta, Sabtu (24/2/2018). (Foto:Ist)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:53 WIB

BAZNAS dan BNIS Gelar Turnamen Futsal Bersama LAZ

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan BNI Syariah (BNIS) menggelar turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional.

Boyband Korea Selatan, Infinite. (Dok Soompi)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:15 WIB

Boyband VIXX dan Infinite Susul BTS Masuk Nominasi Spanyol Music Awards 2018

Boyband Bangtan Boys atau BTS belum lama ini dikabarkan menjadi artis K-Pop pertama yang masuk nominasi di Spanyol Music Awards 2018. Ternyata, tak hanya boyband BTS saja yang masuk nominasi…