Menteri Airlangga: Hari Kopi Internasional, Jadikan Momentum Promosi Jenis Kopi Nasional

Oleh : Ridwan | Senin, 02 Oktober 2017 - 05:00 WIB

Menperin: Kemitraan Industri Menengah-Besar Jadi Strategi Pengembangan IKM (Foto Ridwan)
Menperin: Kemitraan Industri Menengah-Besar Jadi Strategi Pengembangan IKM (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Hari kopi Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober merupakan hari perayaan global yang dilakukan para pencinta kopi dari berbagai negara di seluruh dunia. Selain itu, hari kopi Internasional juga sebagai momentum mempromosikan jenis-jenis kopi hasil tanam masing-masing negara.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto melalui laman facebooknya @Airlangga Hartarto di Jakarta (1/10/2017).

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar dunia setelah Brazil dan Vietnam, kinerja industri olahan kopi nasional kian meningkat. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan dalam negeri meningkat rata-rata 7 persen per tahun. Ekspor produk kopi olahan pada tahun 2014 mencapai US$ 322,6 juta meningkat 10,6 persen menjadi US$ 356,79 juta pada tahun 2016.

"Ekspor produk kopi olahan didominasi produk kopi instan, ekstrak, esens dan konsentrat, dengan negara tujuan ekspor mulai dari Mesir, Taiwan, Thailand, Malaysia, Filiphina, dan Singapura," ujar Airlangga.

Sementara itu dalam rangka mendorong kinerja industri kopi dalam negeri, pemerintah memberikan fasilitas berupa pajak penghasilan untuk investasi baru industri pengolahan kopi di beberapa daerah luar Jawa. Kemudian, harmonisasi tarif bea masuk produk kopi olahan seperti kopi sangrai, kopi bubuk, kopi instant, kopi mix, dari 5 persen menjadi 20 persen.

Selain itu, Kementerian Perindustrian juga telah menerapkan standar nasional Indonesia (SNI) kopi instant yang berlaku efektif pada 17 Januari 2016.

"Dengan ini, mari kita jadikan hari kopi Internasional sebagai momentum kita untuk mempromosikan kekayaan dan kenikmatan kopi nusantara," kata Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik farmasi PT Ethica

Kamis, 23 November 2017 - 18:12 WIB

Kemenperin Perdalam Struktur Industri Farmasi Nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya strategis ini untuk mengurangi…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia

Kamis, 23 November 2017 - 18:00 WIB

Selain Jawa Tengah, NTT Rawan Perdagangan Manusia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yembise mengatakan Nusa Tenggara Timur masuk dalam zona merah "human trafficking" atau perdagangan manusia.

Menperin Airlangga resmikan Pabrik Farmasi di Cikarang Bekasi

Kamis, 23 November 2017 - 17:01 WIB

Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Farmasi Senilai Rp1 Triliun

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini, Kamis (23/11/2017) meresmikan pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Kamis, 23 November 2017 - 16:54 WIB

Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru Guna Tingkatkan Nilai Tambah CPO

Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik, dengan didorong oleh aktivitas industri pengolahan kelapa sawit.

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

Kamis, 23 November 2017 - 16:30 WIB

Menhub Budi Karya Tnjau Pengoperasian Kereta Bandara Soetta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Stasiun Sudirman Baru Jakarta, menggunakan kereta inspeksi, Kamis (23/11/2017)