Menteri Airlangga: Hari Kopi Internasional, Jadikan Momentum Promosi Jenis Kopi Nasional

Oleh : Ridwan | Senin, 02 Oktober 2017 - 05:00 WIB

Menperin: Kemitraan Industri Menengah-Besar Jadi Strategi Pengembangan IKM (Foto Ridwan)
Menperin: Kemitraan Industri Menengah-Besar Jadi Strategi Pengembangan IKM (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Hari kopi Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober merupakan hari perayaan global yang dilakukan para pencinta kopi dari berbagai negara di seluruh dunia. Selain itu, hari kopi Internasional juga sebagai momentum mempromosikan jenis-jenis kopi hasil tanam masing-masing negara.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto melalui laman facebooknya @Airlangga Hartarto di Jakarta (1/10/2017).

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar dunia setelah Brazil dan Vietnam, kinerja industri olahan kopi nasional kian meningkat. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan dalam negeri meningkat rata-rata 7 persen per tahun. Ekspor produk kopi olahan pada tahun 2014 mencapai US$ 322,6 juta meningkat 10,6 persen menjadi US$ 356,79 juta pada tahun 2016.

"Ekspor produk kopi olahan didominasi produk kopi instan, ekstrak, esens dan konsentrat, dengan negara tujuan ekspor mulai dari Mesir, Taiwan, Thailand, Malaysia, Filiphina, dan Singapura," ujar Airlangga.

Sementara itu dalam rangka mendorong kinerja industri kopi dalam negeri, pemerintah memberikan fasilitas berupa pajak penghasilan untuk investasi baru industri pengolahan kopi di beberapa daerah luar Jawa. Kemudian, harmonisasi tarif bea masuk produk kopi olahan seperti kopi sangrai, kopi bubuk, kopi instant, kopi mix, dari 5 persen menjadi 20 persen.

Selain itu, Kementerian Perindustrian juga telah menerapkan standar nasional Indonesia (SNI) kopi instant yang berlaku efektif pada 17 Januari 2016.

"Dengan ini, mari kita jadikan hari kopi Internasional sebagai momentum kita untuk mempromosikan kekayaan dan kenikmatan kopi nusantara," kata Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:00 WIB

Golkar Istighatsah dan Peringatan Hari Santri Nasional

Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya, Kamis (18/10/2018) di Jakarta menggelar acara istighatsah dan peringatan Hari Santri Nasional sebagai rangkaian HUT ke-54 Golkar.

Ilustrasi Banjir (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 06:40 WIB

1.700 Paket Sumbangan Dari Presiden untuk Korban Banjir Mandailing

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan kepada warga korban banjir bandang di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Jemaah haji (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 06:20 WIB

BPKH: Dana Haji Rp37,9 Triliun Diinvestasikan di SBSN

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meyakinkan, bahwa pengelolaan dana haji dilakukan secara optimal, profesional, syariah, transparan, efisien, dan nirlaba.

Ilustrasi Industri Baja

Jumat, 19 Oktober 2018 - 06:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pasar Domestik, Kemenperin Pacu Peningkatan Kapasitas Industri Baja

Kementerian Perindustrian terus memacu pertumbuhan dan peningkatan kapasitas industri baja di dalam negeri agar mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 06:00 WIB

Berada di Posisi Cincin Api, Masyarakat Harus Siap Hadapi Bencana

Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat untuk siaga dan waspada bencana karena posisi Indonesia yang berada di garis cincin api.