Ritual Pengabenan Nyoman Gunarsa Dilaksanakan Dekat Museum

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 30 September 2017 - 14:33 WIB

Maestro Lukis Bali Nyoman Gunarsa Meninggal Dunia (Foto Ist)
Maestro Lukis Bali Nyoman Gunarsa Meninggal Dunia (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Ritual pengabenan jenazah maestro seni Lukis Bali I Nyoman Gunarsa (73) dilaksanakan di kuburan (setra) di Banjar Banda, Desa Takmung, Banjarkan, Kabupaten Klungkung, Bali, tak jauh dari museum yang didirikannya, Sabtu (30/9/2017)

Dalam prosesi pengabenan tersebut jenazah dari rumah duka dinaikkan ke atas bade (wadah), tempat khusus pengusungan jenazah khas Bali warna ungu digotong warga setempat secara beramai-ramai oleh sekitar 200 orang.

Selain wadah juga lembu warna ungu sebagai tempat pembakaran jenazah di kuburan yang lokasinya tidak jauh dari rumah duka sekaligus Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia Nyoman Gunarsa.

Alunan instrumen musik tradisional Bali (gong) yang ditabuh bertalu-talu mengiring kepergian maestro I Nyoman Gunarsa untuk selama-lamanya. Ribuan warga setempat, kerabat dekat dan seniman ikut mengantar ke kuburan.

Ratusan karangan bunga dari berbagai pihak sebagai ungkapan bela sungkawa itu dibawa masyarakat setempat ke kuburan.

Mantan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu dan membangun dua museum di atas lahan seluas lima hektare itu meninggal dunia dalam perawatan intensif di RSUP Sanglah Denpasar, Minggu tanggal 10 September 2017.

Almarhum meninggalkan seorang istri Indrawati Gunarsa, seorang putra dan dua putri serta tujuh cucu dari dua putra-putrinya yang telah membentuk rumah tangga.

Seniman yang sukses menggelar pameran di tingkat nasional dan internasional menurut istrinya Indrawati Gunarsa sebelumnya menghembuskan nafas terakhir sempat menulis surat wasiat.

Surat tersebut berisikan agar menjaga dan melestarikan koleksi museum antara lain 200 lukisan klasik Bali, ratusan patung, topeng, wayang dan keris.

Selain itu almarhum juga minta istrinya berbuat adil terhadap putra-putrinya dan memperhatikan seluruh cucunya. (Ant)
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…