Pertamina dan BUMN Kluster Industri Berat dan Perkapalan Jalin Kerjasama Sediakan Kapal Serta Perbaikan Kapal

Oleh : Hariyanto | Jumat, 29 September 2017 - 11:37 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri BUMN Rini Soemarno (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina (Persero) dan BUMN Industri Berat dan Perkapalan, menjalin kerjasama dibidang penyediaan kapal baru serta perbaikan kapal dan nonkapal.

Pada kesempatan tersebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengatakan, pihaknya akan terus mendorong sinergi yang dilakukan oleh Pertamina dan BUMN Industri Berat dan Perkapalan.

"saya tau Pertamina banyak order kapal tapi kok tidak pernah ke blok kita, saya juga menyadari pengalamanya kurag baik tentunya itu juga yang mebuat pertamina yang direksinya juga bertanggung jawab bagaimana menjaga kesehatan dan kelangsungan usaha secara baik," ujar Rini pada acara penandatanganan nota kesepahaman di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Rini meminta, Pertamina supaya melihat kinerja perusahaan BUMN yang kini telah banyak berubah sehingga sinergi tersebut dapat dilakukan. Selain itu, ia berpesan supaya BUMN industri kapal dan alat berat berkonsentrasi untuk memperbaiki diri.

"Saya pesen kepada teman teman terutama yg diperkapalan, tolonglah betul betul mengkonsentrasikan diri untuk memperbaiki diri. Saya selalu menekankan bahwa kalau tidak bisa ya bekerjasama yang memang sudah pinter," ujarnya.

Sementara, Direktur Perencanaan Investasi Pertamina Gigih Prakoso menuturkan, Pertamina menganggarkan investasi untuk pengadaan kapal dan galangan kapal pada tahun depan sebesar US$200 juta.

"Dalam sinergi ini, Pertamina bisa memberikan kepastian, melakukan checking assessment terhadap fasilitas mereka, sebelum melakukan order. Bahkan Pertamina bisa memberikan coaching atau arahan bagaimana standarisasi yang dibutuhkan oleh Pertamina," ujar Gigih.

Gigih memperkirakan, kebutuhan pengadaan kapal baru perseroan sekitar 6-7 unit. Harga per unit diperkirakan berkisar US$20-30 juta.

Selain pengadaan kapal baru, Pertamina juga akan memperbaiki kapal-kapal yang sudah ada. Untuk mewujudkannya, Pertamina akan berkoordinasi dengan BUMN galangan kapal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 22:56 WIB

BNI-PNM Salurkan KUR Melalui Program Mekaar Naik Kelas

Menginjak usia ke-12 tahun kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, kedua BUMN tersebut mengembangkan kerjasamanya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Jumat, 18 Januari 2019 - 20:03 WIB

Menperin Airlangga Dorong Perluasan Kawasan Industri Makassar Hingga 1000 Hektare

Kementerian Perindustrian mendorong perluasan Kawasan Industri Makassar (KIMA) di Sulawesi Selatan hingga 1.000 hektare (Ha).

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:52 WIB

Ini Kata BPJS Kesehatan Soal Biaya Urunan Peserta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peraturan baru, (Permenkes) Nomor 51 Tahun 2018 terkait Pengenaan Urun Biaya BPJS Kesehatan dan Selisih Biaya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu…

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019. Bertempat di diler Indomobil Multi Trada Pondok Indah mulai pukul 08.0016.00 WIB

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:42 WIB

Suzuki Gelar Program 'Suzuki Day' Gratis Servis dan Oli

Untuk memanjakan pelanggan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019.

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand Indomie

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:34 WIB

Indomie Dukung Persija Makin Berprestasi

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand…