Malaysia dan Filipina Akan Segera Gunakan Kereta Buatan PT Inka

Oleh : Ridwan | Jumat, 29 September 2017 - 05:00 WIB

PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)
PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah terus mengupayakan kereta buatan PT Industri Kereta Api (Inka) bisa diekspor ke Filipina dan Malaysia. Pasalnya, kedua negara tersebut mempunyai potensi besar dalam menyerap produk perkeretaapian nasional.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melalui keterangan tertulisnya setelah mengadakan pertemuan terpisah dengan Menteri Transportasi Malaysia, Liow Tiong Lai serta Menteri Transportasi Filipina, Arthur Tugade dalam Asia Europe Meeting Transport Ministers Meeting (ASEM TMM) ke-4 di Bali (28/9/2017)),

"Dari hasil pertemuan dengan kedua negara tersebut masing-masing dihasilkan tiga poin penting kerja sama antara Indonesia-Malaysia dan Indonesia-Filipina," jelas Menhub.

Bersama dengan delegasi Malaysia Menhub menjelaskan, pertama akan ada Kapal Ro-Ro dengan tujuan dari Dumai ke Malaka. Kemudian yang kedua, Indonesia akan ekspor kereta api ke Malaysia. "Mereka menyambut baik karena kebutuhan kereta di sana (Malaysia) banyak," tambahnya.

Sementara poin ketiga dari pertemuan dengan Mr. Liow Tiong Lai terkait konektivitas udara penerbangan internasional di Bandara Silangit yang akan dibuka 28 oktober. "Jadi setelah rute Silangit ke Singapura, nantinya kita harapkan ada rute Silangit ke Penang atau ke Kuala Lumpur," lanjutnya.

Sementara itu, dalam pertemuannya dengan delegasi Filipina, Menhub menjelaskan hal yang dibicarakan terkait rencana Garuda Indonesia terbang ke Filipina, ekspor kereta api INKA ke Filipina dan pendidikan vokasi untuk nakhoda. "Terkait kereta, mereka setuju untuk impor kereta dari kita, karena Filipina akan membangun kereta api di Mindanao sepanjang 800 km," ucap Menhub.

Lebih lanjut, Menhub mengatakan, Malaysia dan Filipina menyambut baik penawaran Indonesia dan siap membahas lebih lanjut. "Saya optimistis, kereta buatan BUMN bisa diterima di Malaysia dan Filipina lantaran sudah terbukti kualitasnya. Apalagi kereta Inka sudah diekspor ke Bangladesh," kata Menhub.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…