Broadband dan OTT Menjadi Platform Baru di Industri TIK

Oleh : Ridwan | Senin, 26 Desember 2016 - 20:10 WIB

Ilustrasi Pengguna Smartphone ( ist)
Ilustrasi Pengguna Smartphone ( ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Industri TIK di Indonesia dalam lima tahun terakhir tumbuh di kisaran 8%-9% per tahun. Pertumbuhan tersebut diproyeksikan tumbuh dua digit di atas 11% mulai tahun 2019 karena terhubungnya jaringan internet di seluruh wilayah Nusantara seiring rampungnya proyek pembangunan broadband serat optik di akhir tahun 2018.

Pertumbuhan dua digit tersebut sudah dimulai di tahun 2017, secara umum pengguna fixed broadband sendiri sudah mencapai 7 juta di tahun 2016 dan akan bertumbuh hampir dua kali lipat di tahun depan sekitar 12 juta pengguna.

Dalam 2-3 tahun ini pengguna seluler akan beralih ke smartphone secara besar-besaran dan semakin berkembangnya aplikasi dan konten-konten digital memicu naiknya permintaan data usage (penggunaan data). Soal perkembangan pasar TIK di tahun 2017 semua pelaku industri sepakat menuju dua hal yaitu, layanan broadband dan layanan over the top (OTT). Kedua layanan ini akan menjadi kompasnya industri telekomunikasi Indonesia.

Meski tren layanan broadband dan OTT akan menjadi platform baru di industri TIK saat ini, platform lama seperti layanan voice dan sms masih bisa bertahan. Pasalnya, kedua platform tersebut berada di tempat yang sama tetapi seperti tidak terhubung satu sama lain.

"Dengan kondisi seperti itu, platform TIK yang baru akan berkembang lebih cepat dan menjadi trendsetter sehingga platform lama akan tertinggal. Sampai berapa lama bertahan, tidak ada batasan yang pasti. Prediksinya sampai pengguna smartphone di Indonesia cukup dominan" tutur Jemy.v. Confido selaku VP Consumer Marketing & Sales PT Telekomunikasi Indonesia yang ditemui di jakarta.

Di tahun 2020 pengguna aktif smartphone di Tanah Air diperkirakan mencapai lebih dari 100 juta. Sekarang ini pengguna smartphone masih sekitar 20% dari pengguna ponsel. Jadi, masih ada ruang yang sangat besar. Tetapi pertumbuhan pengguna smartphone bisa lebih cepat karena ada akselerasi, sehingga penggunaan layanan platform lama sudah tidak relevan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…