Tim Papua Raih Prestasi Tertinggi Pada Ajang Hackathon Pertama di Industri Asuransi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 26 September 2017 - 12:54 WIB

Tim Papua Raih Prestasi Tertinggi Pada Ajang Hackathon Pertama di Industri Asuransi
Tim Papua Raih Prestasi Tertinggi Pada Ajang Hackathon Pertama di Industri Asuransi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan asuransi jiwa berbasis digital, PT FWD Life Indonesia (FWD Life), mengumumkan pemenang kompetisi FWD HACKATHON 2017 yang berhasil menciptakan sistem teknologi navigasi untuk menemukan rumah sakit dan agen asuransi terdekat menggunakan augmented reality.

Tim PAPUA yang terdiri dari lima peserta terpilih menjadi tim terbaik diantara 11 tim lainnya yang masuk tahap akhir pada 22 – 24 September 2017.

Ajang FWD HACKATHON 2017 yang dibuka sejak bulan Agustus hingga September 2017 merupakan kompetisi inovasi teknologi pertama yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi dan berhasil merangkul 286 pendaftar dari generasi muda di berbagai daerah di Indonesia yang menghadirkan puluhan ide inovasi teknologi digital.

Setelah melalui proses seleksi, FWD Life dan Founder Institute Jakarta akhirnya memilih sekitar 12 ide inovasi teknologi digital untuk dikembangkan lebih dalam selama 3 hari di FWD Hackathon 2017 dengan total peserta 108 orang.

Wakil Presiden Direktur FWD Life, Rudi Kamdani menjelaskan FWD HACKATHON 2017 merupakan salah satu strategi FWD Life untuk merangkul semakin banyak generasi muda untuk ikut mengeksplorasi kreatifitas dalam menghasilkan inovasi dalam dunia asuransi berbasis teknologi digital.

“Saya mewakili FWD Life memberikan apresiasi setinggi – tingginya kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kompetisi FWD HACKATON 2017. Ajang ini merupakan bukti kekuatan kreatifitas para generasi muda untuk melahirkan karya – karya teknologi yang inovatif dan memiliki dampak ekonomi, khususnya untuk membantu peningkatan penetrasi asuransi di Indonesia,” Ujar Rudi di Jakarta (24/9/2017).

Selain tim PAPUA, FWD Life dan Founder Institute Jakarta menetapkan dua juara harapan yakni LIFE dan EVA.  Tim LIFE mengembangkan aplikasi edukasi untuk anak dengan menggunakan permainan.  Adapun EVA mengembangkan Chatbot untuk mempermudah proses berasuransi mulai dari informasi produk sampai klaim.

Rudi menambahkan, ide yang lahir dari kreatifitas keseluruhan peserta FWD HACKATHON 2017 sangatlah beragam, mulai dari ide inovasi transformasi bisnis asuransi pada aspek underwriting, manajemen risiko sampai klaim sehingga memungkinkan untuk menciptakan pengalaman berasuransi yang lebih mudah, cepat dan nyaman.

Tim PAPUA mendapatkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp 100 juta sebagai modal dalam  mewujudkan idenya menjadi sebuah bisnis berkelanjutan. Selain uang tunai, mereka juga berkesempatan untuk bergabung dalam program akselerator Founder Institute serta kesempatan belajar mengembangkan bisnis hingga ke Silicon Valley. Sementara juara harapan mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing Rp 10 juta.

Director of Founder Institute Jakarta Andy Zain mengatakan, karya teknologi yang dilahirkan membuktikan FWD Hackathon 2017 merupakan ajang yang tepat dalam mengembangkan inovasi dan terobosan baru di bidang teknologi khususnya di industri asuransi.
"Melalui program akselerator Founder Institute, inovasi Tim PAPUA  akan kembali dikembangkan menjadi suatu sistem navigasi  yang memiliki manfaat real bagi proses berasuransi yang inovatif bagi FWD Life,” terangnya.

Andy juga menambahkan untuk memberikan nilai tambah yang lebih bagi pemenang, FWD Life akan memberikan kesempatan untuk satu perwakilan tim terbang ke Silicon Valley guna mendapatkan pelatihan pengembangan bisnis.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…